Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UKM03PP_1997_44_KEMITRAAN

UKM03PP_1997_44_KEMITRAAN

Ratings: (0)|Views: 318|Likes:
Published by Pristiyanto
Pristiyanto :Kemitraan adalah kerjasama usaha antara Usaha Kecil dengan Usaha Menengah dan atau dengan Usaha Besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh Usaha Menengah dan atau Usaha Besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan.
Pristiyanto :Kemitraan adalah kerjasama usaha antara Usaha Kecil dengan Usaha Menengah dan atau dengan Usaha Besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh Usaha Menengah dan atau Usaha Besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan.

More info:

Published by: Pristiyanto on Jul 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 44 TAHUN 1997TENTANGKEMITRAANPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang :a. bahwa untuk lebih mempercepat perwujudan perekonomian nasional yangmandiri dan andal sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan,diperlukan upaya-upaya yang lebih nyata untuk menciptakan iklim yangmampu merangsang terselenggaranya kemitraan usaha yang kokohdiantara semua pelaku kehidupan ekonomi berdasarkan prinsip salingmemerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan;b. bahwa terwujudnya kemitraan usaha yang kokoh, terutama antara UsahaBesar dan Usaha Menengah dengan Usaha Kecil, akan lebihmemberdayakan Usaha Kecil agar dapat tumbuh dan berkembangsemakin kuat dan memantapkan struktur perekonomian nasional yangsemakin seimbang berdasarkan demokrasi ekonomi serta meningkatkankemandirian dan daya saing perekonomian nasional;c. bahwa untuk mempercepat terwujudnya kemitraan tersebut terutamaantara Usaha Besar dan Usaha Menengah dengan Usaha Kecil,dipandang perlu menetapkan ketentuan-ketentuan mengenai tata carapenyelenggaraan, pembinaan dan pengembangannya;Mengingat :1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945;2. Undang-undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian (LembaranNegara Tahun 1984 Nomor 22, Tambahan Lembaran Negara Nomor3274);3. Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian (LembaranNegara Tahun 1992 Nomor 116, Tambahan Lembaran Negara Nomor3502);4. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil (LembaranNegara Tahun 1995 Nomor 74, Tambahan Lembaran Negara Nomor3611);
1
 
 MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG KEMITRAANBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini, yang dimaksud dengan :1. Kemitraan adalah kerjasama usaha antara Usaha Kecil dengan UsahaMenengah dan atau dengan Usaha Besar disertai pembinaan danpengembangan oleh Usaha Menengah dan atau Usaha Besar denganmemperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan salingmenguntungkan.2. Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil yangmempunyai kriteria sebagaimana diatur dalam Pasal 5 Undang-undangNomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil.3. Usaha Menengah dan atau Usaha Besar adalah kegiatan ekonomi yangmemiliki kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besardari pada kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan Usaha Kecil.4. Menteri Teknis adalah menteri yang secara teknis bertanggung jawabuntuk membina dan mengembangkan pelaksanaan kemitraan dalamsektor kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.5. Menteri adalah Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil.6. Pola kemitraan adalah bentuk-bentuk kemitraan yang sudah diatur dalamUndang-undang Nomor 9 Tahun 1995.
2
 
BAB IIPOLA KEMITRAANPasal 2Kemitraan dalam rangka keterkaitan usaha diselenggarakan melalui pola-polayang sesuai dengan sifat dan tujuan usaha yang dimitrakan dengan diberikanpeluang kemitraan seluas-luasnya kepada Usaha Kecil, oleh Pemerintah dandunia usaha.Pasal 3Dalam pola inti plasma, Usaha Besar dan atau Usaha Menengah sebagai intimembina dan mengembangkan Usaha Kecil yang menjadi plasmanya dalam :a. penyediaan dan penyiapan lahan;b. penyediaan sarana produksi;c. pemberian bimbingan teknis manajemen usaha dan produksi;d. perolehan, penguasaan dan peningkatan teknologi yang diperlukan;e. pembiayaan; danf. pemberian bantuan lainnya yang diperlukan bagi peningkatan efisiensidan produktivitas usaha.Pasal 4Dalam hal kemitraan Usaha Besar dan atau Usaha Menengah dengan UsahaKecil berlangsung dalam rangka sub kontrak untuk memproduksi barang danatau jasa, Usaha Besar atau Usaha Menengah memberikan bantuan berupa :a. kesempatan untuk mengerjakan sebagian produksi dan atau komponen;b. kesempatan yang seluas-luasnya dalam memperoleh bahan baku yangdiproduksinya secara berkesinambungan dengan jumlah dan harga yangwajar;c. bimbingan dan kemampuan teknis produksi atau manajemen;d. perolehan, penguasaan dan peningkatan teknologi yang diperlukan;e. pembiayaan.
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Iis Sumiati liked this
imamtahyudin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->