Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
Laporan Air

Laporan Air

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by poppyafrina
Analisa Air
Analisa Air

More info:

Published by: poppyafrina on Oct 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2014

pdf

text

original

 
 
laporan Praktik Kerja Lapangan PT. SUCOFINDO
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar (SMAK) adalah salah satusekolah kejuruan yang bernaung dibawah Kementrian Perindustrian PusatPendidikan dan Pelatihan Industri Indonesia dengan masa pendidikan selamaempat tahun. Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar bertugas mendidik danmenyiapkan tenaga analis kimia yang siap pakai dalam bidangnya. Program pendidikan pada Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar lebihmemprioritaskan pada praktik dimana pada semester tujuh khusus untuk  program keahlian analis kimia diwajibkan untuk melaksanakan Praktik KerjaLapangan (PKL) pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Dalam halini kami memilih untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan pada PT.SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Sangatta Kabupaten Kutai Timur ProvensiKalimantan Timur.Alasan kami memilih PT. SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Sangattasebagai tempat untuk melaksanakan PKL karena PT. SUCOFINDO(PERSERO) Cabang Sangatta menggunakan sistem manajemen laboratorium pengujian dan kalibrasi yang sertifikatnya merupakan syarat bagi setiap perusahaan yang akan melaksanakan eksport dan import. Serta laboratorium PT.SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Sangatta ( merupakan laboratorium yangtelah mendapat akreditasi dari NATA Australia.dan KAN Indonesia.Penganalisaan ini dilakukan agar kita dapat mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian yang dihasilkan. Sehingga untuk meminimalkankerugian yang ditimbulkan serta untuk meningkatkan keuntungan.
Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar
1
 
 
laporan Praktik Kerja Lapangan PT. SUCOFINDO
B.Tujuan Pelaksanaan PKL dan Penulisan Laporan
Adapun tujuan pelaksanaan PKL adalah sebagai berikut :1.Untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh di Sekolah.2.Untuk membuka wawasan baru mengenal dunia ilmu pengetahuan bidangAnalis Kimia.3.Agar siswa dapat membedakan situasi di dunia industri / dunia kerja denganlingkungan sekolah.4.Memantapkan untuk berdisiplin dan bertanggung jawab dalam pelaksanaantugas.5.Membuka cakrawala dan rasa ingin tahu terhadap perkembangan yangterjadi di dunia Industri.6.Untuk mengetahui perkembangan analisa kimia terutama dalam segi metodedan peralatan yang sebelumnya tidak pernah didapat di Sekolah.Sedangkan tujuan penulisan laporan antara lain :1.Sebagai bukti tertulis tentang apa yang telah dikerjakan selama PKL.2.Sebagai pertanggungjawaban atas tugas yang telah diberikan selama PKL.3.Agar penulis dapat menarik kesimpulan atas apa yang selama inidipraktikkan.4.Agar penulis dapat menelaah lebih jauh dan mengkaji lebih dalam segalasesuatu yang menjadi objek penelitian atau percobaan yang selanjutnyadiharapkan mendapatkan wawasan.5.Dapat dijadikan bahan pustaka untuk penulisan selanjutnya baik bagialmameter sekolah, penulis sendiri maupun bagi masyarakat umum yangmembutuhkan.6.Menjadi bukti nyata pelaksanaan PKL sebagai laporan akhir dalammemenuhi persyaratan penyelesaian pendidikan pada Sekolah MenengahAnalis Kimia Makassar.
Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar
2
 
 
laporan Praktik Kerja Lapangan PT. SUCOFINDO
C.Latar Belakang Masalah
Air merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting, tanpa adanya air tidak mungkin ada kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari, air digunakanuntuk mandi, mencuci, dan yang paling penting adalah untuk dikonsumsi.Untuk mendapatkan air yang siap dikonsumsi, untuk daerah pegunungan sepertidaerah Jawa, atau pulau lain yang memiliki pegunungan biasanya terdapat mataair yang siap dikonsumsi, seperti daerah pandaan, yang digunakan untuk  pembuatan air kemasan dengan merk “aqua”. Dalam pengolahan air tidak mengalami satu macam proses saja tetapi mengalami beberapa macam prosesguna mendapatkan air yang bersih, yang siap dikonsumsi masyarakat. Air bersihatau air minum juga harus memenuhi syarat fisika, kimia, dan mikrobiologisehingga kadar kandungan zat-zat kimia dalam air tidak melebihi standard dantidak membahayakan kesehatan konsumen atau masyarakat.Persyaratan kualitas air bersih / air minum terdiri dari :a.Syarat fisika :1.Tidak berbau, tidak berasa; bau / rasa yang dapat diterima (Acceptable).2.Tidak berwarna :
±
10 ppm.3.Temperatur : 10-25
0
C.4.Kekeruhan / turbidity : 1 mg/L.5 mg/L dapat diterima dan > 5 mg/L menghendaki pengolahan. b.Syarat kimia :1.Derajat keasaman (pH).2.Karbondioksida (CO
2
) agresif.3.Kesadahan.
Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->