Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEPMEN PEDOMAN SOM

KEPMEN PEDOMAN SOM

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 2,771 |Likes:
Published by Pristiyanto
Pristiyanto : KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR : 96/Kep/M.KUKM/IX/2004
PEDOMAN STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI
Pristiyanto : KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR : 96/Kep/M.KUKM/IX/2004
PEDOMAN STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI

More info:

Published by: Pristiyanto on Jul 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2014

pdf

text

original

 
KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOPERASIDAN USAHA KECIL DAN MENENGAHREPUBLIK INDONESIANOMOR : 96/Kep/M.KUKM/IX/2004TENTANGPEDOMAN STANDAR OPERASIONAL MANAJEMENKOPERASI SIMPAN PINJAM DAN UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASIMENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAHREPUBLIK INDONESIA
Menimbang :Mengingat :
a.b.c.1.bahwa koperasi simpan pinjam dan unit simpanpinjam koperasi adalah merupakan lembagakeuangan kepercayaan masyarakat yang harusdijaga kredibilitasnya baik terhadap anggota, calonanggota maupun Koperasi lain dan anggotanyaserta kreditur.bahwa dalam menjaga kepercayaan anggotamaupun Koperasi lain dan anggotanya makapelaksanaan pelayanannya perlu didukung olehsistem dan prosedure operasional yang baku(standar) dan handal berupa sistem dan prosedureoperasional manajemen, kelembagaan, usaha dankeuangan.bahwa berdasarkan pertimbangan huruf a dan bperlu mengeluarkan Keputusan Menteri NegaraKoperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tentangPedoman Standar Operasional ManajemenKoperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam.Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentangPerkoperasian (Lembaran Negara tahun 1992Nomor 116, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3502).
 
2.3.4.5.6.Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahun 1994tentang Persyaratan dan Tata Cara PengesahanAkta Pendirian dan Perubahan Anggaran DasaKoperasi (Lembaran Negara RI Tahun 1994 Nomor 8 Tambahan Lembaran Negara 3540).Peraturan Pemerintah RI Nomor 9 Tahun 1995tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha SimpanPinjam oleh Koperasi. (Lembaran Negara Tahun1995 Nomor 19, Tambahan Lembaran NegaraNomor 3591).Keputusan Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil danMenengah Nomor : 351/KEP/M/XII/1998 tentangPetunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha SimpanPinjam oleh Koperasi.Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UsahaKecil dan Menengah Nomor : 194/KEP/M/IX/1998tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian KesehatanKoperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam.Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UsahaKecil dan Menengah RI Nomor :70/KEP/MENEG/XII/2001 tentang Organisasi danTata Kerja Kantor Menteri Negara Koperasi danUsaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.
Menetapkan :MEMUTUSKAN :
KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOPERASI DANUSAHA KECIL DAN MENENGAH TENTANG PEDOMANSTANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN KOPERASISIMPAN PINJAM DAN UNIT SIMPAN PINJAMKOPERASI.
 
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam keputusan ini yang dimaksud dengan :1.Kegiatan Usaha Simpan Pinjam adalah kegiatan yang dilakukanuntuk menghimpun dana dan menyalurkannya melalui kegiatanusaha simpan pinjam dari dan untuk anggota, calon anggotaKoperasi yang bersangkutan, Koperasi lain dan atauanggotanya.
2.
Koperasi Simpan Pinjam adalah Koperasi yang kegiatannyahanya usaha simpan pinjam yang selanjutnya dalam Keputusanini disebut KSP.
3.
Unit Usaha Simpan Pinjam adalah unit koperasi yang bergerakdibidang usaha simpan pinjam sebagai bagian dari kegiatanusaha Koperasi yang bersangkutan yang selanjutnya dalamKeputusan ini disebut USP.
4.
Standar Operasional Manajemen bagi KSP/USP Koperasiadalah struktur tugas, prosedur kerja, sistem manajemen danstandar kerja yang dapat dijadikan acuan/panduan bagi pihakmanajemen KSP/USP Koperasi dalam memberikan pelayananbermutu bagi para anggotanya dan pengguna jasa lainnya yangselanjutnya dalam Keputusan ini disebut SOM.
5.
Manajemen KSP/USP Koperasi adalah perangkat organisasisimpan pinjam terdiri dari rapat anggota sebagai pemegangkekuasaan tertinggi dan pengurus yang menjalankan fungsieksekutif dengan mengangkat direksi/direktur dan karyawanatas persetujuan rapat anggota sedangkan pengawasmenjalankan fungsi supervisi atas pengelolaan koperasi.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
MiDa Nya NiDu liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
faisa03 liked this
Aank Chikall liked this
Kumpulan Desain liked this
Zubaydi Ilyas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->