Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Keputusan Bersama

Pengertian Keputusan Bersama

Ratings: (0)|Views: 304 |Likes:

More info:

Published by: Pheny Widhey Canbestrong on Oct 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2014

pdf

text

original

 
MENTAATI KEPUTUSAN BERSAMAA.
 
Pengertian Keputusan Bersama
Ketika pulang sekolah di jalan raya kamu melihatsebuah dompet, kemudian kamu ambil dompetitu. Apa yang akan kamu lakukan dengan dompetitu? Akan kamu kembalikan pada pemiliknya,atau kamu biarkan saja di jalan, atau mungkinkamu ambil isinya dan dompetnya kamu biarkansaja? Banyak sekali bukan pilihan-pilihan yang bisa kamu ambil. Ketika kamu ambil salah satu pilihan yang ada itu berarti kamu telahmembuat suatu keputusan. Dari uraian di atas, kita dapat menarik dapat menarik kesimpulan bahwa keputusan adalah apa yang diputuskan atau ketetapan yang diambil, jadi keputusanadalahsegala putusan yang sudah ditetapkan berdasarkan pertimbangan dan pemikiran, penelitian yang matang. Kemudian keputusan ini menjadi pedoman dalam langkah-langkah berikutnya.Melalui ilustrasi cerita di atas bisa kita lihat, bahwa keputusan itu ditujukan untuk dirikita sendiri, karena keputusan itu hanya memengaruhi diri kita sendiri. Di sisi lain ada pulakeputusan yang harus melibatkan banyak orang untuk mengambil keputusan, karena dampak keputusan itu sangat besar, apabila kita salah dalam memutuskan sesuatu, bukan kita sajayang dirugikan, tapi juga orang lain. Keputusan yang diambil dengan melibatkan banyak orang dan keputusan itu untuk kepentingan bersama dinamakan keputusan bersama.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia keputusan adalah apa yang diputuskan atauketetapan yang diambil secara bersama-sama. Jadi, keputusan adalah segala putusan yangsudah ditetapkanberdasarkan pertimbangan, pemikiran, dan penelitian yang matang.Keputusan merupakan pedoman dalam menentukan langkah-langkah berikutnya. Keputusandibagi menjadi 2 macam, yaitu:1. Keputusan Pribadi (Individu)Keputusan pribadi (individu) yaitu keputusan yang sifatnya pribadi dan hanya untuk kepentingan diri sendiri. Contohnya ketika kalian diajak bermain oleh temanmu pada saatmengerjakan PR (pekerjaan rumah). Kalian tentu akan berpikir untuk memutuskan pergi bermain atau menyelesaikan PR-mu terlebih dahulu. Keputusan yang kalian tetapkan tersebut
 
akan menjadi tanggung jawabmu sendiri. Oleh karena itu, berani mengambil keputusan maka berarti harus berani menanggung akibatnya.2. Keputusan BersamaKeputusan bersama adalah keputusan yang diambil atas dasar persetujuan ataukesepakatan bersama. Keputusan bersama bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.Hasil keputusan bersama biasanya diambil berdasar hasil musyawarah mufakat yang telahdipertimbangkan dengan baik dan benar.Keputusan bersama merupakan ketentuan, ketetapan,dan penyelesaian yang dilakukan sekelompok orang terhadap suatu hal atau permasalahan.Semua pihak diharapkan dapat menerima keputusan bersama dengan ikhlas, bertanggung jawab, dan lapang dada. Pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama berbeda dengan pengambilan keputusan untuk kepentingan perorangan, karena pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama dilakukan dengan melibatkan banyak orang, baik secara langsung,maupun tidak langsung.
B. Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama
Secara umum, keputusan bersama terbagi dalam dua bentuk yaitu bentuk tertulis dantidak tertulis (lisan). Mari kita bahas bentuk keputusan bersama tersebut secara rinci, yaitu:1. Keputusan Secara TertulisKeputusan secara tertulis adalah keputusan yang diambil secara bersama-samadidasarkan atas kesepakatan bersama. Keputusan tertulis biasanya dituangkan dalam bentuk dokumen tertulis. Contoh keputusan bersama secara tertulis di antaranya:a.
 
Undang-Undang Dasar 1945 b.
 
Undang-undangc.
 
Peraturan pemerintahd.
 
Peraturan daerah, dan sebagainya.Keputusan secara tertulis merupakan kesepakatan dari orang-orang yangmembuatnya. Keputusan secara tertulis mempunyai kekuatan hukum yang kuat. Oleh karenaitu, siapapun yang tidak melaksanakan peraturan tertulis tersebut akan dikenai sanksi atauhukuman. Keputusan tertulis disahkan dengan tanda tangan para pembuat keputusan.Tahukah kamu siapa yang membuat keputusan secara tertulis di negara kita? Keputusansecara tertulis di negara kita dibuat oleh lembaga legislatif yaitu MPR, DPR, dan DPD.
 
 2. Keputusan LisanKeputusan lisan merupakan keputusan yang diucapkan dengan lisan kita. Keputusanlisan berwujud kata-kata dan biasanya tidak dituangkan secara tertulis dalam bentuk dokumen. Keputusan lisan tidak mempunyai kekuatan hukum seperti halnya keputusantertulis. Sanksi yang diberikan dalam pelanggaran keputusan lisan pun hanya bersifat ringansaja. Tahukah kamu contoh keputusan lisan? Contoh keputusan lisan di antaranya:a.
 
Keputusan bapak kepala desa dalam hal pembagian pengairan sawah b.
 
Keputusan bapak RT tentang jadwal ronda malam.c.
 
Keputusan bapak RW tentang jadwal ronda malam.
C. Cara Pengambilan Keputusan Bersama
Dalam pergaulan hidup antarmanusia, sering terjadi perbedaan pendapat. Namun,sesungguhnya perbedaan pendapat di antara kita merupakan suatu hal yang lumrah danwajar.Kita harus sadar bahwa perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan atau diperebutkanmelainkan untuk dicari solusi pemecahannya. Bagaimana cara yang tepat untuk mengambilkeputusan bersama?1. Musyawarah untuk MufakatMusyawarah termasuk salah satu bentuk atau cara untuk mencapai keputusan bersama. Musyawarah adalah membicarakan dan menyelesaikan bersama suatu persoalan danmaksud untuk mencapai kata mufakat atau kesepakatan. Kita mengutamakan musyawarahdalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama bukan untuk kepentingan bersama bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan.Dalam musyawarah pasti akan ada pihak yang setuju maupun yang tidak setuju terhadap rancangan keputusan akan tetapi setelahmelalui pertimbangan, dan tukar pikiran maka dicapailah titik temu atau kesepakatan bersama.Ciri-ciri musyawarah untuk mufakat antara lain:a.
 
Sesuai dengan kepentingan bersama. b.
 
Pembicaraan harus dapat diterima dengan akal sehat sesuai hati nurani.c.
 
Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->