Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tertib Administrasi Dan Administrasi Kantor Notaris

Tertib Administrasi Dan Administrasi Kantor Notaris

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 3,980 |Likes:
“Kantor” dapat dilihat dalam artian statis, yaitu keadaan fisik yang merupakan wadah atau tempat, dapat berupa gedung, rumah atau ruangan, dimana kegiatan-kegiatan tata usaha dilakukan. Dalam arti yang dinamis, kantor merupakan suatu organisasi dimana terdapat struktur, tugas, tanggung jawab, hak dan wewenang dari setiap anggota organisasi yang bersangkutan.

Manajemen perkantoran atau administrasi perkantoran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengkoordinasian manusia, bahan­-bahan, mesin-mesin, metoda, perlengkapan, peralatan, dan uang, serta pengarahan dan pengawasan atas pelaksanaan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
“Kantor” dapat dilihat dalam artian statis, yaitu keadaan fisik yang merupakan wadah atau tempat, dapat berupa gedung, rumah atau ruangan, dimana kegiatan-kegiatan tata usaha dilakukan. Dalam arti yang dinamis, kantor merupakan suatu organisasi dimana terdapat struktur, tugas, tanggung jawab, hak dan wewenang dari setiap anggota organisasi yang bersangkutan.

Manajemen perkantoran atau administrasi perkantoran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengkoordinasian manusia, bahan­-bahan, mesin-mesin, metoda, perlengkapan, peralatan, dan uang, serta pengarahan dan pengawasan atas pelaksanaan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

More info:

Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Jul 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
TERTIB ADMINISTRASI DAN ADMINISTRASI KANTOR NOTARISSEBAGAI PENUNJANG KEBERHASILAN TUGAS NOTARISA. PENDAHULUANPengertian “administrasi” (Bel: administratie) seringkali diartikan dalam arti yang sempit,yaitu sebagai kegiatan ketatausahaan, yaitu pekerjaan yang bersifat tulis
-
menulis belaka.Administrasi dalam arti yang luas, yaitu sebagai suatu proses karja-sama yang telahditentukan sebelumnya, juga seringkali dipertukarkan penggunaan dan pengertiannyadengan “manajemen”, yang merupakan proses pencapaian tujuan melalui dan denganorang lain.“Kantor” dapat dilihat dalam artian statis, yaitu keadaan fisik yang merupakan wadahatau tempat, dapat berupa gedung, rumah atau ruangan, dimana kegiatan-kegiatan tatausaha dilakukan. Dalam arti yang dinamis, kantor merupakan suatu organisasi dimanaterdapat struktur, tugas, tanggung jawab, hak dan wewenang dari setiap anggotaorganisasi yang bersangkutan.Manajemen perkantoran atau administrasi perkantoran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengkoordinasian manusia, bahan-bahan, mesin-mesin, metoda, perlengkapan, peralatan, dan uang, serta pengarahan dan pengawasan atas pelaksanaan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.Pekerjaan kantor merupakan fungsi pendukung atau memberikan bantuan dalammelaksanakan tugas pokoknya.Sebagai contoh, kantor Notaris yang membuat berbagai jenis akta, tidak akan dapatmelaksanakannya dengan baik tanpa adanya catatan-catatan mengenai segala sesuatutentang kliennya, tujuan dari dibuatnya akta, jenis akta yang diinginkan, dan sebagainya.Disamping itu, komunikasi yang efektif dan efisien juga merupakan faktor penting dalam pelaksanaan pekerjaan kantor.Dengan demikian, pekerjaan kantor mencakup beberapa kegiatan pokok yang meliputi:- pencatatan, angka-angka dan- perhitungan-perhitungan.Catatan adalah segala sesuatu yang tertulis mengenai fakta-fakta atau kejadian-kejadianuntuk disimpan. Catatan-catatan tersebut merupakan data, yang perlu diolah lebih lanjutuntuk menjadi informasi.Bagi suatu kantor Notaris, catatan itu antara lain dapat berupa :Catatan mengenai klien (nama, alamat, usia, status, pekerjaan, dsb).
 
a. Catatan mengenai jenis akta yang akan dibuat. b. Catatan mengenai keuangan.c. Catatan mengenai peraturan-peraturan,d. Catatan mengenai jumlah akta yang dibuat, dan lain-lain.Untuk melaksanakan seluruh kegiatan tersebut diatas, diperlukan tersedianya ruanganyang diatur dengan baik, peralatan dan perlengkapan yang sesuai, tata kearsipan yang baik, pelaksanaan komunikasi kantor yang efektif, serta tersedianya pegawai yangmempunyai kejelasan tugas, wewenang, tanggungjawab dan haknya masing-masing.B. Tata Ruang Kantor Suatu kantor yang ditata dengan baik, akan menimbulkan rasa senang dan nyaman, baik  bagi para pegawai kantor yang bersangkutan, maupun bagi tamu-tamu yang datang kekantor yang bersangkutan. Oleh sebab itu, penataan ruang kantor perlu mendapat perhatian bagi setiap pimpinan kantor. Dalam kaitan dengan tata ruang beberapa kondisifisik yang perlu diperhatikan adalah:1. Penerangan atau cahaya yang cukup dan baik, sehingga pegawai dapat melihat dengancepat, mudah, dan senang, Dengan penerangan yang baik, akan dapat meningkatkan hasil pekerjaan; dan, mengurangi kesalahan-kesalahan dan kelelahan, serta meningkatkan prestise kantor.2. Warna, yang tidak hanya untuk mempercantik ruang kerja, tetapi juga juga perludiperhatikan faktor keindahan dan psikologis dari warna tersebut,3. Pilihan warna untuk kantor, disamping dapat memberikan kindahan, juga dapatmempengaruhi hasil kerja pegawai, karena warna dapat mempengaruhi perasaan, pengertian, dan pikiran seseorang.-Misalnya warna kuning, jingga, dan merah, dipandang sebagai warna yang panas, dan biasanya memberikan pengaruh psikologis yang mendorong kehangatan dan perasaangembira. Sebaliknya, warna hijau tua, biru tua, dan ungu, memberikan pengaruhketenangan, sedangkan warna ungu muda dan biru memberikan perasaan menekan.4. Pengatur suhu udara (air conditioning), yang dapat meningkatkan produktivitas, mutukerja yang lebih tinggi, kesenangan pegawai, semangat kerja yang meningkat, dan kesanyang menyenangkan bagi para tamu.5. Suara yang dapat berpengaruh terhadap konsentrasi pegawai, menyebabkan timbulnyakesalahan dalam pekerjaan, mengganggu komunikasi, dan sebagainya.
 
Untuk penataan ruang kantor itu sendiri, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:1. Kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan, diletakkan berdekatan.2. Bagian yang melayani tamu diletaknya di bagian depan.3. Mesin-mesin kantor yang menimbulkan gangguan suara, harus dijauhkan dari pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan tempat penerimaan tamu.4. Tempat rapat atau pertemuan diletakkan di tempat yang tidak terganggu oleh berbagaisuara, baik berupa percakapan maupun, suara mesin-mesin, pegawai, semangat kerjayang meningkat, dan kesan yang menycnangkan bagi para tamu.5. Suara, yang dapat berpengaruh terhadap konsentrasi pegawai, menyebabkan timbulnyakesalahan dalam pekerjaan, mengganggu komunikasi, dan sebagainya.Untuk penataan ruang kantor itu sendiri, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:a. Kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan, diletakkan berdekatan. b. Bagian yang melayani tamu diletakkan di bagian depan.c. Mesin-mesin kantor yang menimbulkan gangguan suara, harus dijauhkan dari pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan tempat penerimaan tamu.d. Tempat rapat atau pertemuan diletakkan di tempat yang tidak terganggu oleh berbagaisuara, baik berupa percakapan maupun suara mesin-mesin.C. Perlengkapan Dan Mesin-mesin Kantor Penggunaan perlengkapan dan mesin-mesin kantor merupakan faktor penting bagi suatukantor yang baik. Pilihan yang tepat terhadap perlengkapan dan mesin kantor, akanmeningkatkan efisiensi kantor Dalam menentukan pilihan dan pengadaan perlengkapandan mesin-mesin kantor, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian adalah:1. Jenis pekerjaan dan Cara penyelesaiannya.2. kemampuan dan kebutuhan pegawai yang menggunakannya.3. Fleksibilitas penggunaan.4. Kualitas dan kuantitas pekerjaan.5. Harga dan layanan purna jual.6. Nilai keindahan.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Julianto Panga liked this
Muh Hadi liked this
Ria Zulzannah liked this
Feby Polymorpa liked this
Angger S Fayyadh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->