Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
410Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Badan Hukum Dan Kedudukan Badan Hukum

Badan Hukum Dan Kedudukan Badan Hukum

Ratings:

4.0

(4)
|Views: 46,323 |Likes:
“Orang” (person) dalam lalu-lintas hukum adalah subyek hukum atau pendukung hak dan kewajiban. Setiap manusia adalah pembawa hak (subyek hukum) dan mampu melakukan perbuatan hukum atau mengadakan hubungan hukum yang harus diikuti dengan adanya kecakapan hukum (rechsbekwaamheid) dan kewenangan hukum (rechtsbevoedgheid).

Dua macam Subyek Hukum dalam pengertian hukum adalah :
1. Natuurlijke Persoon (natural person) yaitu manusia pribadi (Pasal 1329 KUHPerdata).
2. Rechtspersoon (legal entitle) yaitu badan usaha yang berbadan hukum (Pasal 1654 KUHPerdata).
“Orang” (person) dalam lalu-lintas hukum adalah subyek hukum atau pendukung hak dan kewajiban. Setiap manusia adalah pembawa hak (subyek hukum) dan mampu melakukan perbuatan hukum atau mengadakan hubungan hukum yang harus diikuti dengan adanya kecakapan hukum (rechsbekwaamheid) dan kewenangan hukum (rechtsbevoedgheid).

Dua macam Subyek Hukum dalam pengertian hukum adalah :
1. Natuurlijke Persoon (natural person) yaitu manusia pribadi (Pasal 1329 KUHPerdata).
2. Rechtspersoon (legal entitle) yaitu badan usaha yang berbadan hukum (Pasal 1654 KUHPerdata).

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Jul 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2014

pdf

text

original

 
BADAN HUKUM DAN KEDUDUKAN BADAN HUKUMA. PENGERTIAN BADAN HUKUM“Orang” (person) dalam dunia hukum adalah subyek hukum atau pendukung hakdan kewajiban. Setiap manusia adalah pembawa hak (subyek hukum) danmampu melakukan perbuatan hukum atau mengadakan hubungan hukum yangharus diikuti dengan adanya kecakapan hukum (rechsbekwaamheid) dankewenangan hukum (rechtsbevoedgheid).Dua macam Subyek Hukum dalam pengertian hukum adalah :1. Natuurlijke Persoon (natural person) yaitu manusia pribadi (Pasal 1329KUHPerdata).2. Rechtspersoon (legal entitle) yaitu badan usaha yang berbadan hukum (Pasal1654 KUHPerdata).Berdasarkan materinya Badan Hukum dibagi atas :1. Badan Hukum Publik (publiekrecht) yaitu badan hukum yang mengatuhubungan antara negara dan atau aparatnya dengan warga negara yangmenyangkut kepentingan umum/publik, seperti hukum pidana, hukum tatanegara, hukum tata usaha negara, hukum international dan lain sebagainya.Contoh : Negara, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia.2. Badan Hukum Privat (privaatrecht) yaitu perkumpulan orang yangmengadakan kerja sama (membentuk badan usaha) dan merupakan satukesatuan yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh hukum. BadanHukum Privat yang bertujuan Provit Oriented (contoh : Perseroan Terbatas) atauNon Material (contoh : Yayasan).Di Indonesia bentuk-bentuk badan usaha (Business organization) beranekaragam dan sebagian besar merupakan peninggalan pemerintah Belanda. Adabentuk badan usaha yang telah diganti dengan sebutan dalam bahasa Indonesia(contoh : Perseroan Terbatas/PT berasal dari sebutan NaamlozeVennootschap/NV), tetapi ada juga yang tetap mempergunakan nama aslinya(contoh : Maatschap, Firma/Fa dan Commanditaire Vennootschap/CV).Kata "perseroan" ada yang merupakan terjemahan dari "vennootschap" (misalsebutan untuk Perseroan Firma, Perseroan Komanditer dan Perseroan Terbatas)dan ada kata "perseroan" yang artinya penyebutan perusahaan secara umum.Yang paling sesuai dalam pemakaian kata "perseroan" adalah dalampenyebutan Perseroan Terbatas karena memang mengeluarkan saham/sero.Kata "perseroan" dengan kata dasarnya "sero" artinya saham atau andil(aandeel-Belanda). Perusahaan yang mengeluarkan saham/sero disebutperseroan, sedangkan yang memiliki sero disebut "pesero" atau pemegangsaham.
 
Karena Maatschap tidak menerbitkan saham maka sebaiknya tetapditerjemahkan dengan menggunakan kata "persekutuan" dari pada memakaikata “perseroan” agar sesuai dengan terjemahan yang terdapat dalam KitabUndang-Undang Hukum Perdata.B. BENTUK USAHA BUKAN BADAN HUKUMBerdasarkan status pemiliknya, badan usaha dapat dibedakan menjadi dua yaitu:1) Perusahaan Swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimilik oleh pihakswasta (Nasional dan Asing).2) Perusahaan Negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki olehNegara dan biasa disebut dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).Berdasarkan bentuk hukumnya, badan usaha dapat dibedakan menjadi dua,yaitu :1) Badan Usaha yang Bukan Berbadan Hukum adalah perusahaan yang bukanmerupakan badan hukum. Contoh : Perusahaan Perorangan dan PerusahaanPersekutuan (Maatschap, Firma, CV).2) Badan Usaha yang Berbadan Hukum adalah perusahaan yang berbadanhukum. Misalnya Perseroan Terbatas, Koperasi, BUMN (Perum dan Persero)dan badan-badan usaha lain yang dinyatakan sebagai badan hukum sertamemenuhi kriteria badan hukum.Berdasarkan jumlah kepemilikannya, badan usaha dapat dibedakan menjadi duayaitu :1. Perusahaan Perorangan atau Usaha Kepemilikan TunggalAdalah badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pengusaha perseorangandan bukan termasuk badan hukum. Badan usaha ini paling mudah diorganisir dan dijalankan karena wewenang pengelolaannya (manajemen) dipegang olehsatu orang (pemilik tunggal) sehingga keputusan dapat dibuat dengan cepat.Pendirian badan usaha ini tidak memerlukan izin dan tata cara tententu sertabebas membuat bisnis personal/pribadi tanpa adanya batasan untukmendirikannya.Tanggung jawab perusahaan terhadap hutang (liabilitas) meliputi seluruh hartakekayaan pribadi pemiliknya. Penutupan perusahaan terjadi bila pemilikmemutuskan menutup usaha tersebut, bangkrut atau karena kematianpemiliknya.Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil, jenis serta jumlahproduksinya terbatas, memiliki tenaga kerja/buruh yang sedikit dan masihmenggunakan alat produksi teknologi yang sederhana. Contoh : toko kelontong,tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.Ciri dan sifat perusahaan perseorangan antara lain :a. Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan.
 
b. Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi.c. Tidak ada kewajiban antar pemilik, karena hanya ada satu pemilik.d. Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi.e. Seluruh keuntungan dinikmati sendiri.f. Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri.g. Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilanyang lebih besar.h. Jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup.i. Sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan.2. Perusahaan Persekutuan (Partnership) atau Usaha KemitraanMerupakan kombinasi terorganisir dari dua orang atau lebih untuk menjalankansuatu usaha sebagai mitra pemilik atau mitra pengelola dan dimiliki oleh duaorang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Pendirianbadan usaha ini membutuhkan izin khusus dari instansi pemerintah yang terkait.Yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah :a. Bentuk Perusahaan yang diatur dalam KUHPerdata, yaitu PersekutuanPerdata (Maatschap).b. Bentuk Perusahaan yang diatur dalam KUHDagang, yaitu Persekutuan Firma(Fa) dan Persekutuan Komanditer (CV).c. Bentuk Perusahaan yang diatur dalam perundang-undangan khusus, yaituPerseroan Terbatas (PT), Koperasi dan Perusahaan Negara (BUMN).I. PERSEKUTUAN PERDATADiatur dalam Pasal 1618 s.d. 1652 KUHPerdata, Buku III, Bab VIII tentangPerserikatan Perdata (Burgerlijk Maatschap).a. Pengertian Persekutuan PerdataPersekutuan sebagai suatu perjanjian dimana dua orang atau lebih mengikatkandiri untuk memasukkan sesuatu ke dalam persekutuan dengan maksud untukmembagi keuntungan (Pasal 1618 KUHPerdata).Unsur-unsur dalam Persekutuan Perdata meliputi :1. Adanya pemasukan sesuatu ke dalam perserikatan (inbreng).2. Inbreng dapat berupa uang, barang (materiil/immaterial), atau tenaga (Pasal1619 KUHPerdata).3. Adanya pembagian keuntungan atau kemanfaatan diperoleh dari pemasukantersebut.Persekutuan Perdata yang bertindak keluar terhadap pihak ketiga denganterang-terangan dan terus menerus untuk mendapatkan laba berubah menjadiPersekutuan Perdata atau Perserikatan Perdata Jenis Khusus (Pasal 1623KUHPerdata).b. Pembagian Keuntungan Persekutuan Perdata

Activity (410)

You've already reviewed this. Edit your review.
siberr reviewed this
Rated 2/5
,
1 hundred thousand reads
1 hundred thousand reads
The Lawyer liked this
Zul Efendi liked this
Zul Efendi liked this
Ibnu Yusuf liked this
Ibnu Yusuf liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->