Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No.20-2008 - UMKM

UU No.20-2008 - UMKM

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 2,405 |Likes:
Published by Dian
Undang-Undang UMKM yang lagi ramai dibicarakan.
Undang-Undang UMKM yang lagi ramai dibicarakan.

More info:

Categories:Business/Law
Published by: Dian on Jul 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 2008TENTANGUSAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : a. bahwa masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 harusdiwujudkan melalui pembangunan perekonomian nasionalberdasarkan demokrasi ekonomi;b. bahwa sesuai dengan amanat Ketetapan Majelis PermusyawaratanRakyat Republik Indonesia Nomor XVI/MPR-RI/1998 tentang PolitikEkonomi dalam rangka Demokrasi Ekonomi, Usaha Mikro, Kecil, danMenengah perlu diberdayakan sebagai bagian integral ekonomirakyat yang mempunyai kedudukan, peran, dan potensi strategisuntuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang makinseimbang, berkembang, dan berkeadilan;c. bahwa pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengahsebagaimana dimaksud dalam huruf b, perlu diselenggarakan secaramenyeluruh, optimal, dan berkesinambungan melalui pengembanganiklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan,perlindungan, dan pengembangan usaha seluas-luasnya, sehinggamampu meningkatkan kedudukan, peran, dan potensi Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi,pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaanlapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan;d. bahwa sehubungan dengan perkembangan lingkungan perekonomianyang semakin dinamis dan global, Undang-Undang Nomor 9 Tahun1995 tentang Usaha Kecil, yang hanya mengatur Usaha Kecil perludiganti, agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia dapatmemperoleh jaminan kepastian dan keadilan usaha;e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalamhuruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d, perlu membentuk Undang-Undang tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 27 ayat (2), dan Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
 
Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:
Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG USAHA MIKRO, KECIL, DANMENENGAH.
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usahaperorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalamUndang-Undang ini.2. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukanoleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaanatau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baiklangsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yangmemenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.3. Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yangdilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anakperusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagianbaik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besardengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diaturdalam Undang-Undang ini.4. Usaha Besar adalah usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usahadengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari UsahaMenengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan,dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.5. Dunia Usaha adalah Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah, dan Usaha Besaryang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia dan berdomisili di Indonesia.6. Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah, adalah Presiden RepublikIndonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan Negara Republik Indonesiasebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945.
 
7. Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, atau Walikota, dan perangkat daerahsebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.8. Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan Pemerintah, Pemerintah Daerah,Dunia Usaha, dan masyarakat secara sinergis dalam bentuk penumbuhan iklim danpengembangan usaha terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sehinggamampu tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.9. Iklim Usaha adalah kondisi yang diupayakan Pemerintah dan Pemerintah Daerahuntuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah secara sinergis melaluipenetapan berbagai peraturan perundang-undangan dan kebijakan di berbagaiaspek kehidupan ekonomi agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memperolehpemihakan, kepastian, kesempatan, perlindungan, dan dukungan berusaha yangseluas-luasnya.10. Pengembangan adalah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah,Dunia Usaha, dan masyarakat untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, danMenengah melalui pemberian fasilitas, bimbingan, pendampingan, dan bantuanperkuatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dan daya saingUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah.11. Pembiayaan adalah penyediaan dana oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, DuniaUsaha, dan masyarakat melalui bank, koperasi, dan lembaga keuangan bukan bank,untuk mengembangkan dan memperkuat permodalan Usaha Mikro, Kecil, danMenengah.12. Penjaminan adalah pemberian jaminan pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengaholeh lembaga penjamin kredit sebagai dukungan untuk memperbesar kesempatanmemperoleh pinjaman dalam rangka memperkuat permodalannya.13. Kemitraan adalah kerjasama dalam keterkaitan usaha, baik langsung maupun tidaklangsung, atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, danmenguntungkan yang melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah denganUsaha Besar.14. Menteri adalah menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah.15. Menteri Teknis adalah menteri yang secara teknis bertanggung jawab untukmengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam sektor kegiatannya.
BAB IIASAS DAN TUJUANPasal 2
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah berasaskan:a. kekeluargaan;b. demokrasi ekonomi;c. kebersamaan;d. efisiensi berkeadilan;e. berkelanjutan;f. berwawasan lingkungan;g. kemandirian;h. keseimbangan kemajuan; dani. kesatuan ekonomi nasional.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
bintonm liked this
Nenny Rachmawati liked this
Yessica Gloria liked this
Zohry Smart liked this
magnifiqo liked this
Wardi Dion liked this
Koesty Asa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->