Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Organisasi Dan Manajemen Koperasi

Organisasi Dan Manajemen Koperasi

Ratings: (0)|Views: 147|Likes:
Published by Jodi Kurniawan

More info:

Published by: Jodi Kurniawan on Oct 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2014

pdf

text

original

 
ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI
A. Bentuk Organisasi
 Bentuk Organisasi menurut Hanel, Ropke, dan di Indonesia
 
=> Menurut Hanel :-
Suatu sistem sosial ekonomi atau sosial tehnik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan
 
- Sub sistem koperasi :
 > Individu ( pemilik dan konsumen akhir )> Pengusaha Perorangan/kelompok ( pemasok/supplier)> Badan Usaha yang melayani anggota dan masyarakat=> Menurut Ropke :
- Identifikasi ciri khusus
 > Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)> Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi ( swadaya kelompok koperasi )> Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota ( perusahaan koperasi )> Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya ( penyediaan barang dan jasa )
- Sub sistem
 > Anggota Koperasi> Badan Usaha Koperasi> Organisasi Koperasi=> Di Indonesia :- Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas- Rapat Anggota- Wadah anggota untuk mengambil keputusan- Pemegang Kekuasaan Tertinggi , dengan tugas :> Penetapan Anggaran Dasar > Kebijakan Umum ( Manajemen, Organisasi dan usaha koperasi )> Pemilihan , Pengangkatan dan pemberitahuan pengurus
 
> Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan serta pengesahan Laporan Keuangan> Pengesahan pertanggung jawaban> Pembagian SHU> Penggabungan, pendirian dan peleburanè BENTUK ORGANISASI KOPERASI MENURUT HANELMerupakan bentuk koperasi/ organisasi yang tanpa memperhatikan bentuk hukum dan dapatdidefinisikan dengan pengertian hukum.è BENTUK ORGANISASI KOPERASI MENURUT ROPKEKoperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang para anggotanya adakah juga pelanggar utama dari perusahaan tersebut.è BENTUK ORGANISASI DI INDONESIAMerupakan suatu susunan tanggung jawab para anggotanya yang melalui hubungan dankerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut.
B. HIRARKI TANGGUNG JAWAB
 
> PENGURUS
 Pengurus adalah seseorang yang mengelola koperasi dan usahanya.Seperti :1. Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan belanja koperasi2. Menyelenggarakan rapat bagi para anggotanya3. Mengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban4.
 Maintenance
daftar anggota dan pengurus5. Wewenang, mewakili koperasi di dalam dan luar pengadilan6. Meningkatkan peran koperasi di masyarakat
>PENGELOLA
Pengelola adalah karyawan/ pegawai yang diberikan kuasa dan wewenang oleh pengurusuntuk mengembangkan usaha dengan efisien dan professional. Hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja, dan dapat diangkat serta diberhentikan oleh pengurus.
> PENGAWAS
 Pengawas adalah perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi dan usaha koperasi.Dengan adanya UU 25 tahun 1992 pasal 39 yang bertuliskan :
 
> Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi> Berwenang untuk meneliti catatan yang ada dan mendapatkan segala keterangan yangdiperlukan
C. POLA MANAJEMEN KOPERASI
 
=> Pengertian Manajemen
 Pengertian manajemen menurut stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian , pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaansumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telahditetapkan.
=> Pengertian koperasi
 
Koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasidengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakanekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.
=> Pengertian manajemen koperasi
 
Pengertian manajemen koperas
yang sering dipakai adalah suatu cara mencapai tujuankoperasi dengan bekerjasama sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi, definisi ini tidak akananda temukan dalam jurnal manajemen koperasi manapun karena saya memang ini adalahhasil pemikiran saya yang saya rumuskan sendiriDengan demikian Manajemen Koperasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapaitujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.Untuk mencapai tujuanKoperasi, perlu diperhatikan adanya sistim Manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil,yaitu dengan diterapkannya fungsi-fungsi Manajemen.
=> Rapat Anggota
 - Koperasi merupakan kumpulan orang atau badan hukum koperasi.- Koperasi dimiliki oleh anggota, dijalankan oleh anggota dan bekerja untuk kesejahteraananggota dan masyarakat.- Rapat anggota adalah tempat di mana suara-suara anggota berkumpul dan hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu.- Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Seorang anggota berhak menghadiri rapat anggota dan memberikan suara dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baaik di luar maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta mengadakan pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.
=> Pengurus Koperasi
 - Pengurus koperasi adalah orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak darigerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatukoperasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->