Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
287Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Distosia Karena Kelainan Jalan Lahir

Distosia Karena Kelainan Jalan Lahir

Ratings: (0)|Views: 49,136|Likes:
Published by Puput the cute
Hand out askeb patologi
Hand out askeb patologi

More info:

Published by: Puput the cute on Aug 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
Asuhan Kebidanan Patologi
BAB IPENDAHULUAN1. 1 Latar Belakang
Persalinan normal suatu keadaan fisiologis, normal dapat berlangsungsendiri tanpa intervensi penolong. Kelancaran persalinan tergantung 3 faktor ”P”utama yaitu kekuatan ibu (power), keadaan jalan lahir (passage) dan keadaan janin(passanger). Faktor lainnya adalah psikologi ibu (respon ibu ), penolong saat bersalin, dan posisi ibu saat persalinan. Dengan adanya keseimbangan ataukesesuaian antara faktor-faktor "P" tersebut, persalinan normal diharapkan dapat berlangsung. Bila ada gangguan pada satu atau lebih faktor “P” ini, dapat terjadikesulitan atau gangguan pada jalannya persalinan. Kelambatan atau kesulitan persalinan ini disebut distosia.Salah satu penyebab dari distosia karena adalah kelainan jalan lahir lunak seperti vulva, vagina, serviks dan uterus. Distosia berpengaruh buruk bagi ibumaupun janin. Pengenalan dini dan penanganan tepat akan menentukan prognosisibu dan janin.
1. 2 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :1.Mengetahui penyebab distosia pada persalinan karena kelainan jalan lahir lunak.2.Mengetahui apa saja kelainan jalan lahir lunak yang menyebabkan distosia pada persalinan.3.Mengetahui apa saja peran bidan dalam menangani distosia karenakelainan jalan lahir.
BAB II
Distosia Karena Kelainan Jalan Lahir Lunak
1
 
Asuhan Kebidanan Patologi
ISI2. 1 Definisi
Distosia didefinisikan sebagai persalinan yang panjang, sulit, atau abnormalyang timbul akibat berbagai kondisi yang berhubungan dengan 5 faktor  persalinan. Setiap keadaan berikut keadaan berikut dapat menyebabkan distosia :1.persalinan disfungsional akibat kontraksi uterus yang tidak efektif atauakibat upaya mengedan ibu ( Kekuatan/ Power )2.perubahan struktur pelvis (jalan lahir/ passage )3.sebab- sebab pada janin, meliputi kelainan presentasi maupun kelainan posisi, bayi besar dan jumlah bayi ( passanger )4.posisi ibu selama persalinan dan melahirkan5.Respon psikologis ibu selama persalinan yang berhubungan dengan pengalaman, persiapan, budaya dan warisannya, serta sistem pendukung.Kelima faktor ini bersifat interdependen. Dalam mengkaji pola persalinanabnormal wanita, seorang bidan mempertimbangkan interaksi kelima faktor inidan bagaimana kelima faktor tersebut mempengaruhi proses persalinan. Distosiadiduga terjadi jika kecepatan dilatasi serviks, penurunan dan pengeluaran(ekspulsi) janin tidak menunjukan kemajuan, atau jika karakteristik kontraksiuterus menunjukan perubahan.
2. 2 Distosia Karena Kelainan Vulva dan Vagina
1.Atresia vulvaAtresia vulva (tertutupnya vulva) ada yang bawaan dan ada yang diperolehmisalnya karena radang atau trauma. Atresia yang sempurna menyebabkankemandulan dan yang menyebabkan distosia hanya atresia yang inkomplit.2. Edema vulvaEdema bisa timbul pada waktu kehamilan. Biasanya sebagai gejala pre-eklamsi akan tetapi dapat pula timbul karena sebab lain misalnyagangguan gizi atau malnutrisi atau pada persalinan yang lama. Edemadapat juga terjadi pada persalinan dengan dispoporsi sefalopelvik atauwanita mengejan terlampau lama (terus menerus), sedangkan kepala belum cukup turun. Hal itu mempersulit pemeriksaan dalam dan
Distosia Karena Kelainan Jalan Lahir Lunak
2
 
Asuhan Kebidanan Patologi
menghambat kemajuan persalinan yang akhirnya dapat menimbulaknkerusakan luas pada jalan lahir. Kelainan ini umumnya jarang merupakanrintangan bagi kelahiran pervaginam.
Edema vulva
3. Stenosis vulvaStenosis pada vulva biasanya terjadi sebagai akibat perlukaan dan radang,yang menyebabkan ulkus-ulkus dan yang sembuh dengan parut-parutdapat menimbulkan kesulitan, walaupun umumnya dapat diatasi denganmelakukan episiotomi yang cukup luas agar persalinan berjalan lancar.Penanganannya dengan melakukan sayatan median secukupnya untuk melahirkan kepala janin4.Tumor vulvaDapat berupa abses bartholini atau kista atau suatu kondilomata, tetapiapabila tidak terlalu besar tidak akan menghalangi persalinan.Kista kelenjar bartholinKista kelenjar bartholin merupakan bentuk radang menahun kelenja bartholin. Abses kelenjar bartholin diserap isinya, sehingga tinggalkantung yang mengandung cairan yang disebut kista bartholin. Pengobatankista bartholin adalah dengan mengangkat seluruh kista dan marsivialisasi.Operasi ini memerlukan keahlian sehingga perlu dilakukan di rumah sakit.
Distosia Karena Kelainan Jalan Lahir Lunak
3

Activity (287)

You've already reviewed this. Edit your review.
Aditya Nugraha liked this
Mona Novita liked this
w_monic liked this
murianda liked this
tiktikaa liked this
Safira Atjil liked this
Yid Bajang liked this
eweed liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->