Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH HEPATITIS.docx

MAKALAH HEPATITIS.docx

Ratings: (0)|Views: 14|Likes:
Published by eedputra

More info:

Published by: eedputra on Oct 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2014

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
 Penyakit infeksi dalam kehamilan adalah penyakit yang disebabkan oleh virusatau bakteri yang sangat membahayakan bagi ibu hamil. Penyakit ini akan semakin berisiko apabila dan dapat menyebabkan kematian pada janin yang dikandung ibu hamilPenyakit ini menjadi suatu masalah dalam kesehatan reproduksi di Indonesia, hal inidisebabkan karena penyakit infeksi kehamilan dapat mengganggu kesehatan reproduksidan perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil.Dampak yang timbul akibat infeksi dalam kehamilan ini, khususnya bagi ibuhamil tidak dapat diabaikan begitu saja. Masalah tersebut merupakan masalah besar yangmemerlukan penanganan khusus dengan biaya mahal tapi hasilnya tidak begitumemuaskan.Penyakit infeksi dalam kehamilan menjadi perhatian dari semua pihak,mengingat pengaruhnya terhadap keselamatan manusia pada saat ini maupun keselamatangenerasi penerus atau keturunan. Maka dari itu diperlukan penanganan sedini mungkindengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan makanan serta menghindarkanhubungan seksual yang tidak sehat. Hepatitis dan penyakit hati lain yang terjadi selamakehamilan harus menjadi perhatian karena dapat menimbukan masalah kesehatan serius, baik bagi ibu maupun bayi.Pada wanita hamil kemungkinan untuk terjangkit hepa-titis virus adalah samadengan wanita tidak hamil pada umuryang sama.Kelainan hepar yang mempunyaihubungan langsung dengan peristiwa kehamilan, ialah :Acute fatty liver of pregnancy(Obstetric acute yellow-atrophy).Recurrent intra-hepatic cholestasis of pregnancy.(2)Infeksi hepatitis virus pada kehamilan tidak berhubungan langsung dengan peristiwakehamilan, namun tetap memerlu-kan penanganan khusus, mengingat penyulit-penyulityang mungkin timbul baik untuk ibu maupun janin.
1.2 Rumusan Masalah
 Pengaruh hepatitis pada kehamilan yang akan dibahas pada makalah ini adalah:1. Apakah pengertian hepatitis ?2. Bagaimana fisiologi hati pada kehamilanan ?3. Bagaimana timbulnya hepatitis pada kehamilan ?
 
4. Apa pengaruh hepatitis pada kehamilan ?5. Bagaimana pengobatan hepatitis pada kehamilan ?6. Bagaimana pencegahan hepatitis pada kehamilan ?
1.3 .
 
Tujuan penulisan
 1. Tujuan UmumUntuk dapat mengetahui serta dapat memahami mengenai permasalahan dalam penyakithepatitis dalam kehamilan serta upaya penanggulangannya2. Tujuan Khususa. Untuk mengetahui pengertian dari penyakit hepatitis pada kehamilan b. Untuk mengetahui kerja fisiologi hati pada kehamilanc. Untuk dapat mengetahui penyebaran penyakit hepatitis dalam kehamiland. Untuk dapat mengetahui pengaruh penyakit hepatitis dalam kehamilane. Untuk mengetahui pengobatan dan pencegahan penyakit hepatitis pada kehamilan
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
2.1 Pengertian Hepatitis pada Kehamilan
Hepatitis merupakan suatu istilah umum untuk terjadinya peradangan pada sel-selhati. Hepatitis dapat disebabkan oleh kondisi non-infeksi seperti obat-obatan, alkohol, dan penyakit autoimun, atau oleh adanya infeksi seperti hepatitis virus.Penyakit hati biasanya jarang terjadi pada wanita hamil, namun apabila timbulikterus pada kehamilan, maka penyebabnya paling sering adalah hepatitis virus.Adapun ikterus pada kehamilan sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa keadaan :a. Ikterus yang terjadi oleh karena kehamilan.1. Perlemakan hati akut.2. Toksemia.3. Kolestatis Intrahepatik. b. Ikterus yang terjadi bersama dengan suatu kehamilan.1. Hepatitis Virus2. Batu Empedu3. Penggunaan obat-obatan hepatotoksik 4. Sirosis hatiIkterus dapat timbul pada satu dari 1500 kehamilan, 41% di antaranya adalah hepatitisvirus, 21% oleh karena kolestasis intrahepatik, dan kurang dari 6% oleh obstruksi saluranempedu di luar hati.
2.2 Fisiologi Hati dalam Kehamilan Normal
 Pada kehamilan, hepar ternyata tidak mengalami pembesar-an.Hal ini bertentangan dengan penelitian pada binatang yangmenunjukkan bahwa hepar membesar  pada waktu kehamilan. Bila kehamilan sudah mencapai trimester ke III, sukar untukmelakukan palpasi pada hepar, karena hepar tertutup oleh pembesaran rahim. Olehkarena itu bila pada kehamilan tri-mester ke III hepar dapat dengan mudah diraba, berartisudah terdapat kelainan-kelainan yang sangat bermakna.Pada kehamilan normal, tes fisologi hati seperti bilirubin dan transaminase serum biasanya tidak menunjukkan kelainan. Ekskresi BSP biasanya normal, dapat sedikitterganggu pada trimester ke tiga.
 
Peningkatan fosfatase alkali dalam serum dapat terjadi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->