Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
41Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Elektroplating Tembaga

Proses Elektroplating Tembaga

Ratings: (0)|Views: 7,347|Likes:
Published by plasmacumi

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: plasmacumi on Aug 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
Proses Elektroplating Tembaga-Nikel-Khrom
Kata Kunci:
 Ketebalan dapat dikontrol, Lapisan relatif tipis, Permukaan lapisan lebih halus Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayupada 26-07-2009 Proses pelapisantembaga-nikel-khrom terhadap logam ferro atau kuningan sebagai logam yangdilapis adalah satu cara untuk melindungi logam terhadap serangan korosi dan untuk mendapatkan sifat dekoratif. Cara pelapisantembaga-nikel-khrom dengan metode elektroplatingadalah sebagai berikut:Pelapisan menggunakan arus searah. Cara kerjanya mirip denganelektrolisa, dimana logam pelapis bertindak sebagai anoda,sedangkan logam dasarnya sebagaikatoda. Cara terakhir ini yang disertai dengan perlakuan awal terhadap benda kerja yang baik mempunyai berbagai keuntungan dibandingkan dengan cara-cara yang lain. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain :a. Lapisan relatif tipis. b. Ketebalan dapat dikontrol.c. Permukaan lapisan lebih halus.d. Hemat dilihat dari pemakaian logam khrom.Pengerjaan elektroplating tembaga-nikel-khrom pada dasarnya terbagi atas tiga proses yaitu perlakuan awal, proses pelapisan dan proses pengolahan akhir hasil elektroplating.Proseselektroplating ini terdapat tiga jenis proses pelapisan yaitu yang pertama adalah pelapisan logamdengan Tembaga, lalu dilanjutkan dengan pelapisan Nikel dan yang terakhir benda dilapisdengan Khrom.
Pelapisan Tembaga
Tembaga atau Cuprum (Cu) merupakan logam yang banyak sekali digunakan, karenamempunyai sifat hantaran arus dan panas yang baik. Tembaga digunakan untuk pelapisan dasar karena dapat menutup permukaan bahan yang dilapis dengan baik. Pelapisan dasar tembagadipelukan untuk pelapisan lanjut dengan nikel yang kemudian yang kemudian dilakukan pelapisan akhir khrom.
 
Aplikasi yang paling penting dari pelapisan tembaga adalah sebagai suatu lapisan dasar pada pelapisan baja sebelum dilapisi tembaga dari larutan asam yang biasanya diikuti pelapisan nikeldan khrom. Tembaga digunakan sebagai suatu lapisan awal untuk mendapatkan pelekatan yang bagus dan melindungi baja dari serangan keasaman larutan tembaga sulfat. Alasan pemilihan plating tembaga untuk aplikasi ini karena sifat penutupan lapisan yang bagus dan daya tembusyang tinggi.
Sifat-sifat Fisika Tembaga
1.Logam berwarna kemerah-merahan dan berkilauan2.Dapat ditempa, dibengkokan dan merupakan penghantar panas dan listrik 3.Titik leleh : 1.0830C, titik didih : 2.3010C4.Berat jenis tembaga sekitar 8,92 gr/cm3
Sifat-sifat Kimia Tembaga
1.Dalam udara kering sukar teroksidasi, akan tetapi jika dipanaskan akan membentuk oksidatembaga (CuO)2.Dalam udara lembab akan diubah menjadi senyawa karbonat atau karat basa, menurut reaksi :2Cu + O2 + CO2 + H2O → (CuOH)2 CO33.Tidak dapat bereaksi dengan larutan HCl encer maupun H2SO4encer 4.Dapat bereaksi dengan H2SO4 pekat maupun HNO3 encer dan pekatCu + H2SO4 → CuSO4 +2H2O + SO2 Cu + 4HNO3 pekat → Cu(NO3)2 + 2H2O + 2NO2 3Cu+ 8HNO3 encer → 3Cu(NO3)2 + 4H2O + 2NO5.Pada umumnya lapisan Tembaga adalah lapisan dasar yang harus dilapisi lagi dengan Nikelatau Khrom. Pada prinsipnya ini merupakan proses pengendapan logam secaraelektrokimia,digunakan listrik arus searah (DC). Jenis elektrolit yang digunakan adalah tipealkali dan tipe asam. Untuk tipe alkali komposisi larutan dan kondisi operasi dapat dilihat padatabel 2.3.
 
Larutan Strike menghasilkan lapisan yang sangat tipis. Larutan strike dapat pula dipakai sebagai pembersih dengan pencelupan pada larutan sianida yang ditandai dengan keluarnya gas yang banyak pada benda kerja sehingga kotoran-kotoran yang menempel akan mengelupas. Larutanini terutama digunakan pada komponen-komponen dari baja sebagai lapisan dasar, untuk selanjutnya dilakukan pelapisan tembaga dengan logam lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->