Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
30Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Badan Usaha Badan Hukum

Badan Usaha Badan Hukum

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 12,091|Likes:
Published by deanmutia

More info:

Published by: deanmutia on Aug 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/07/2013

pdf

text

original

 
BADAN USAHA
Badan Usaha
adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuanmencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan denganperusahaan,walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalahlembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelolafaktor-faktor produksi.1 Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia 
BADAN HUKUM
Definisi badan hukum atau legal entity atau legal person dalam Black’s Law Dictionary dinyatakan a body, other than a natural person, that can function legally, sue or besued, and make decisions through agents.
Sementara dalam kamus hukum versi Bahasa Indonesia, badan hukum diartikan denganorganisasi, perkumpulan atau paguyuban lainnya di mana pendiriannya dengan aktaotentik dan oleh hukum diperlakukan sebagai persona atau sebagai orang. Pengaturan dasar dari badan hukum terdapat dalam Pasal 1654 KUH Perdata yangmenyatakan
Semua perkumpulan yang sah adalah seperti halnya dengan orang-orang preman, berkuasa melakukan tindakan-tindakan perdata, dengan tidak mengurangi  peraturan-peraturan umum, dalam mana kekuasaan itu telah diubah, dibatasi atauditundukkan pada acara-acara tertentu.
 Sementara, Pasal 1653 KUH Perdata adalah peraturan umumnya, dimana disebutkan
Selainnya perseroan yang sejati oleh undang-undang diakui pula perhimpunan- perhimpunan orang sebagai perkumpulan-perkumpulan, baik perkumpulan-perkumpulanitu diadakan atau diakui sebagai demikian oleh kekuasaan umum, maupun perkumpulan-perkumpulan itu diterima sebagai diperbolehkan, atau telah didirikanuntuk suatu maksud tertentu yang tidak bertentangan dengan undang-undang ataukesusilaan baik.
 Frasa ‘badan hukum’ mengandung dua dimensi, yakni badan hukum publik dan badanhukum perdata. Contoh yang paling nyata dari badan hukum publik adalah negara yanglazim juga disebut badan hukum orisinil, propinsi, kabupaten dan kotapraja. Sedangkanbadan hukum perdata terdiri dari beberapa jenis diantaranya perkumpulan (Pasal 1653KUH Perdata, Stb. 1870-64, Stb. 1939-570), PT (Pasal 36 KUHD dan UU No. 1 Tahun1995 jo. UU No. 40 Tahun 2007),
rederij 
(Pasal 323 KUHD),
kerkgenootschappen
(Stb.1927-156), Koperasi (UU No. 12 Tahun 1967), dan Yayasan (UU No. 28 Tahun 2004).
Koperasi sebagai Badan Usaha Ber-Badan Hukum
1
 
 Dalam konteks komersial, dari berbagai bentuk perusahaan yang hidup di Indonesia,seperti firma, persekutuan komanditer, koperasi dan lain sebagainya, bentuk perusahaanPT merupakan bentuk yang paling lazim, bahkan sering dikatakan bahwa PT merupakanbentuk perusahaan yang dominan. Dominasi PT tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat dan negara-negara lain. PT sangat menarik minat investor atau penanam modal untuk menanamkan modalnya,bahkan PT sudah menarik hampir seluruh perhatian dunia usaha pada tahun-tahunbelakangan ini dikarenakan oleh perkembangan haknya dalam hidup perekonomian dibanyak negara. Dengan dominasi yang besar di Indonesia, PT telah ikut meningkatkantaraf hidup bangsa Indonesia, baik melalui Penanaman Modal Asing (PMA) maupunPenanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), sehingga PT merupakan salah satu pilarpekonomian nasional. Seiring dengan perkembangan diskursus hukum, belakangan muncul jenis-jenis badanhukum baru. Dalam konteks pendidikan misalnya muncul bentuk Badan Hukum MilikNegara (BHMN) yang diterapkan untuk perguruan tinggi negeri. Lalu, ada juga BadanHukum Pendidikan (BHP) yang diproyeksikan untuk mentransformasi perguruan tinggiswasta yang umumnya dikelola oleh yayasan. Di luar itu, muncul gagasan BadanLayanan Umum yang diperuntukkan bagi badan hukum yang bergerak di bidang jasapelayanan publik, seperti rumah sakit dan perusahaan jasa transportasi. Payung hukumatas jenis-jenis badan hukum baru tersebut tengah digodok oleh DPR bersama-samadengan Pemerintah.
KOPERASI
Koperasi
adalahbadan usahayang beranggotakan orang-orang atau badan hukumkoperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligussebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasibertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.Berdasarkan pengertian tersebut, yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu:
Perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi;
Badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yangmemiliki lingkup lebih luas.PadaPernyataan Standard Akuntansi Keuangan(PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkanbahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaituanggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasimerupakan pemilik sekaligus pengguna jasakoperasi.Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di manasetiap anggota memilikihak suarayang sama dalam setiap keputusan yang diambilkoperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut
Sisa Hasil Usaha
atau SHU)biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya denganmelakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yangdilakukan oleh si anggota.
Logo gerakan koperasi Indonesia
Koperasi sebagai Badan Usaha Ber-Badan Hukum
2
 
Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut :1.
Rantai
melambangkan persahabatan yang kokoh.2.
Roda bergigi
menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus.3.
Kapas dan padi
berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan olehkoperasi.4.
Timbangan
berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.5.
Bintang dalam perisai
artinya Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi.6.
Pohon beringin
menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesiayang kokoh berakar.7.
Koperasi Indonesia
menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.8.
Warna merah dan putih
menggambarkan sifat nasional Indonesia.
Dasar Hukum dan Pengertian Koperasi
Dasar hukum Koperasi Indonesia adalahUU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.UU ini disahkan di Jakarta pada tanggal 21 Oktober 1992,ditandatangani oleh Presiden RI Soeharto,dan diumumkan pada Lembaran Negara RI Tahun 1992 Nomor 116.Dengan terbitnya UU 25 Tahun 1992 maka dinyatakan tidak berlakuUU Nomor 12 Tahun 1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian,Lembaran Negara RI Tahun 1967 Nomor 23, danTambahan Lembaran Negara RI Tahun 1967 Nomor 2832PengertianAda lima istilah yang berkaitan dengan koperasi yang dijelaskan dalam UU 25/1992, Pasal 1.Berikut ini kutipan lengkap bunyi Pasal 1.Dalam Undang-undang ini yang dimaksudkan dengan :1.
Koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum Koperasidengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus senagai gerakanekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.2.
Perkoperasian
adalah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan koperasi.3.
Koperasi Primer
adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-seorang.4.
Koperasi Sekunder
adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan Koperasi.
Koperasi sebagai Badan Usaha Ber-Badan Hukum
3

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Robby Ib liked this
darurat liked this
Abdul Holiq liked this
Dhank Burlian liked this
Veerry D'cheex liked this
Helsa Hestia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->