Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Perubahan Iklim Dan Pemanasan Global

Pengaruh Perubahan Iklim Dan Pemanasan Global

Ratings: (0)|Views: 4 |Likes:
Published by Nurul Atiqah

More info:

Published by: Nurul Atiqah on Oct 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

 
PENGARUH PERUBAHAN IKLIM DAN PEMANASAN GLOBAL
I. PENDAHULUAN I.1 LATAR BELAKANG Akhir belakangan ini, isu pemanasan global (global warming) dan perubahan ilkim (climate change) marak diperbincangkan oleh manusia didunia. Iklim tidak lagi tepat sesuai dengan musimnya. Climate change di bumi sebenernya merupakan siklus alamiah. Namun para ahli yang tergabung dalam IPCC (Inter-Government Panel on Climate Change) mengemukakan temuan bahwa dibumi sedang terjadi pemanasan dan peningkatan suhu global yang mempercepat  perubahan.iklim secara ekstrim. Pemanasan global tersebut adalah dampak dari aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan. Banyak dampak yang diakibatkan oleh pemanasan global ini diantaranya adalah naiknya temperature permukaan bumi baik di daratan maupun dilautan. Isu pemanasan global ini menyebabkan terjadinya perubahan iklim global. Meskipun perubahan iklim ini terjadi dalam  jangka waktu yang cukup panjang, tapi perubahan iklim ini memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan di bumi terutama dibidang pertanian yang mengelola pangan makhluk hidup. Oleh karena itu, penulis ingin membahas mengenai pengaruh perubahan iklim dan  pemanasan global. I.2 RUMUSAN MASALAH Adapun rumusan masalah yang berkaitan dengan judul di atas adalah:
 
Apa itu perubahan ilkim dan pemanasan global?
 
Apa dampak dari perubahna iklim dan pemanasan global tersebut?
 
Bagaimana cara meminimalisir terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global tersebut? I.3 TUJUAN PENULISAN Adapun tujuan dari penulisan makalah ini:
 
Mengetahui latar belakang perubahan iklim dan pemanasan global
 
Mengetahui dampak yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan pemanasan global
 
 
Mengetahui cara meminimalisir terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global II. PEMBAHASAN II.1 Pengertian a.
 
Perubahan Iklim Perubahan iklim adalah perubahan variabel iklim, khususnya suhu udara dan curah hujan yang terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang panjang antara 50 sampai 100 tahun (inter centenial). Perubahan iklim bisa terjadi pada wilayah tertentu, atau seluruh bumi. Perubahan-perubahan ini bisa bersumber dari proses-proses dinamis di Bumi, daya-daya eksternal termasuk kelainan pada panas matahari, dan baru-baru ini juga, kegiatan manusia khususnya yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar fosil dan alih-guna lahan.  b.
 
Pemanasan Global Pemanasan Global adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan Bumi akibat  peningkatan jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. Menurut laporan panel antara  pemerintahan antar perserikatan bangsa-bangsa/IPCC, telah terjadi kenaikan suhu minimum dan maksimum bumi antara 0,5-1,5 derajat. Kenaikan itu terjadi pada suhu minimum dan maksimum disiang hari maupun malam hari antara 0,5 sampai 2,0 derajat celcius atau temperature rata-rata global telah meningkat sekitar 0,6 derajat celcius (33 derajat F) dibandingkan dengan masa sebelum industri. II.2 Dampak a.
 
Perubahan Iklim Banyak dampak yang ditimbulkan dari perubahan iklim diantaranya pada bidang,  pertanian, kehutanan, peternakan dan lainnya. Bencana pun terjadi karena perubahan iklim ini contohnya terjadi banjir karena musim hujan yang tiada berhenti yang secara tidak langsung mengganggu aktivitas manusia. Dan musim kemarau yang berkepanjangan juga mengakibatkan kekeringan dimana-mana. Perubahan iklim ini juga sangat berpengaruh pada keanekaragaman hayati, diantaranya:
 
 
Beberapa spesies tidak bisa menyesuaikan diri karena pergeseran iklim yang tidak menentu yang berakibat fatal pada kepunahan
 
Terjadinya pergeseran siklus reproduksi dan pertumbuhan pada organisme
 
Ekosistem tidak akan berfungsi secara ideal karena interaksi antar spesies terlalu kompleks
 
Ekosistem hutan mengalami ancaman kebakaran hutan karena musim kemarau yang  berkepanjangan  b.
 
Pemanasan Global Banyak dampak yang diakibatkan oleh isu pemanasan global yang secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup:
 
Mencairnya es di kutub utara dan selatan
 
Meningkatnya level permukaan iar laut
 
Perubahan iklim/cuaca yang tidak menentu
 
Gelombang panas menjadi semakin ganas
 
Menipisnya gletser-sumber air bersih dunia
 
Terjadinya eksploitasi sumber daya alam yang mengakibatkan kelangkaan dan kerusakan lingkungan
 
Meningkatknya frekuensi badai pada wilayah pesisir
 
Meningkatnya potensi kematian dan pemutihan pada terumbu karang diperairan tropis yang secara tidak angsung berpengaruh pada biota laut lainnya II.3 UPAYA MEMINIMALISIR PERUBAHAN IKLIM DAN PEMANASAN GLOBAL Upaya
 – 
 upaya yang bisa dilaukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dan pemanasan global ini yaitu meningkatkan penyerapan karbon dan pengurangan emsii gas rumah kaca ke atmosfer yang berpotensi menipiskan lapisan ozon. Upaya mitigasi ini difokuskan untuk 2 sektor yaitu: (a) sector kehutanan sebagai sumber mekanisme carbon sink(pemeliharaan hutan  berkelanjutan, pencegahan deforstasi dan degradasi hutan, pencegahan illegal logging,  pencegahan kebakaran hutan lahan), serta (b) sector energy untuk mengurangi emisi gas rumah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->