Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistem Pendengaran

Makalah Sistem Pendengaran

Ratings: (0)|Views: 294|Likes:
Published by mirjan113

More info:

Published by: mirjan113 on Nov 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/26/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I PENDAHULUAN  A. Latar Belakang Seperti kita semua tahu, telinga manusia adalah organ vital dari sistem sensorik tubuh. Harus tepat, telinga merupakan organ sistem pendengaran, yang bertanggung  jawab untuk indera pendengaran. Ini melakukan fungsi utama menerima gelombang suara dan mengirimkan sinyal ke otak. Dengan cara ini, kita dapat mendeteksi dan menginterpretasikan jenis suara yang berbeda. Selain pendengaran, telinga kita adalah penting untuk penentuan posisi kepala dan menjaga keseimbangan Badan. Untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada tubuh orang sakit kita harus terlebih dahulu mengetahui struktur dan fungsi tiap alat dari susunan tubuh manusia yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya struktur indra pendengaran. Indra pendengaran merupakan salah satu alat pancaindra untuk mendengar. Maka dari itu kelompok kami mencoba menjelaskan tentang bagian-bagian telinga,fisiologi pendengaran,proses pendengaran dan gangguan pendengaran. Mengingat indra pendengaran sangat penting bagi manusia, maka besar harapan kelompok kami dengan adanya makalah ini mampu menambah pengetahuan mengenai materi indra pendengaran. B. Rumusan Masalah 1. Apa itu indra pendengaran pada manusia ? 2. Jelaskan bagian-bagian dari telinga manusia ? 3. Bagaimana fisiologi gelombang bunyi pendengaran ? 4. Apa sajakah fisiologi system pendengaran pada manusia ?
 
2
C. Tujuan 1. Untuk mengetahui penjelasan tentang indra pendengaran pada manusia 2. Untuk mengetahui bagian-bagian dari telinga manusia 3. Untuk mengetahui fisiologi gelombang bunyi pendengaran 4. Untuk mengetahui fisiologi system pendengaran pada manusia D. Manfaat Dalam makalah ini kita dapat mengetahui tentang pengertian dari indra pendengaran pada manusia, bagian-bagian dari telinga manusia, fisiologi gelombang bunyi pendengaran, dan fisiologi system pendengaran pada manusia.
 
3
BAB II PEMBAHASAN  A. Indera Pendengar Telinga mempunyai reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan. Ada tiga bagian utama dari telinga manusia, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Telinga luar berfungsi menangkap getaran bunyi, dan telinga tengah meneruskan getaran dari telinga luar ke telinga dalam. Reseptor yang ada pada telinga dalam akan menerima rarigsang bunyi dan mengirimkannya berupa impuls ke otak untuk diolah. Pendengaran adalah persepsi saraf mengenai energi suara. Gelombang suara adalah getaran udara yang merambat dan terdiri dari daerah-daerah bertekanan tinggi karena kompresi (pemampatan)molekul-molekul udara yang berselang seling dengan daerah-daerah bertekanan rendah karena penjarangan molekul tersebut. (Sherwood, 2001).
Bagian dari Telinga Manusia dan Fungsinya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->