Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AD301-122218-678-3

AD301-122218-678-3

Ratings: (0)|Views: 1|Likes:

More info:

Published by: Arief Ismail Rachman on Nov 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/28/2015

pdf

text

original

 
 Laporan Audi
Laporan audit adalah atahao akhir dari keseluruhan prosses audit, standar profesional AICPA Laporan Audit dibagi menjadi 4 kategoti yaitu:1.ajar !anpa Penge"ualianLaporan audit standar penge"ualian berisi tujuh bagian yang berbeda:# $udul Laporan %tandar auditing mensyaratkan bah&a laporan harus diberi judul yang mengandung kata independen. %ebagai "ontoh judul yang tepat men"angkup ' laporan auditor independen( atau ' pendapat akuntan independen(.#Alamat Laporan audit. Laporan ini umumnya ditujukan kepada perusahaan, para  pemegang saham, atau de&an komisaris perusahaan. #Paragraf Pendahuluan. Paragraf pertama laporan menunjukkan tiga hal, pertama laporan itu membuat suatu pernyataan yang sederhana bah&a kantor akuntan publik telah melaksanakan audit. Pernyataan ini dibuat untuk membedakan laporan audit dari laporan kompilasi atau laporan re)ie&. *edua, paragraf ini menyatakan laporan keuangan yang telah diaudit termasuk tanggal nera"a serta periode akuntansi untuk laporan laba rugi dan laporan arus kas. *etiga, paragraf pendahuluan menyatakan  bah&a laporan keuangan merupakan tanggung ja&ab manajemen dan bah&a tanggung ja&ab auditor adalah menyatakan pendapat atas laporan keuangan itu  berdasarkan audit. !ujuan dari pernyataan ini adalah untuk mengomunikasikan bah&a manajemen bertanggung ja&ab atas pemilihan prinsip#prinsip akuntansi yang berlaku umum yang tepat, dan membuat pengukuran serta pengungkapan dalam menerapkan  prinsip#prinsip tersebut dan untuk mengklasifikasikan peran manajemen serta aduitor.#Paragraf +uang Lingkup. erupakan pernyataan faktual tentang apa yang dilakukan auditor dalam proses audit. Pertama paragraf ini menyatakan bah&a auditor melaksanakan audit berdasarkan standar auditing yang berlaku umum. Paragraf ruang lingkup menyatakan bah&a audit diran"ang untuk memperoleh keyakinan yang memadai bah&a laporan keuangan telah bebas dari salah saji yang material. #Paragraf Pendapat. Paragraf terakhir dalam laporan audit standar menyatakan kesimpulan auditor berdasarkan hasil audit. Pargraf pernyataan dinyatakan sebagai suatu pendapat saja bukan sebagai pernyataan yang mutlak atau sebagai jaminan,. aksudnya adalah untuk menunjukkan bah&a kesimpulan tersebut dibuat  berdasarkan pertimbangan profesional.#-ama *AP. -ama mengidentifikasikan *AP atau praktisi yang melaaksanakan audit. iasanya dituliskan adalah nama *AP, karena seluruh bagian dari *AP mempunyai tanggung ja&ab hukum dan profesional untuk memastikan bah&a kualitas audit memenuhi standar profesional.#tanggal laporan audit. !anggal yang tepat untuk di"antumkan pada laporan audit adalah ketika auditor menyelesaikan prosedur audit dilokasi pemeriksaan. !anggal ini merupakan hal yang penting bagi para pemakai laporan karena menunjukkan hari terakhir dari tanggung ja&ab auditor untuk mere)ie& atas peristi&a#peristi&a penting setelah tanggal laporan keuangan.
 
Laporan audit tanpa penge"ualian diterbitkan bila kondisi#kondisi tersebut terpenuhi:
%emua laporan ### -era"a, Laba#rugi, Laba ditahan, dan laporan arus kas #### sudah termasuk dalam laporan keuangan
*etiga standar umum telah dipatuhi dalam semua hal yang berkaitan dengan  penugasan.
ukti audit yang "ukup memadai telah terkumpul dan auditor telah melaksanakan  penugasan audit ini dengan "ara yang memungkinkannya untuk menyimpulkan  bah&a ketiga standar pekerjaan lapangan telah dipenuhi.
Laporan keuangan telah disajikan sesuai dengan prinsip#prinsip akuntansi yang  berlaku umum. /al ini juga berarti bah&a pengungkapan yang memadai telah ter"antum dalam "atatan kaki dan bagian#bagian lain dari laporan keuangan.
!idak terdapat situasi yang membuat auditor merasa perlu untuk menambahkan sebuah paragraf penjelasan atau modifikasi kata#kata dalam laporan audit.0.ajar !anpa Penge"ualian dengan Paragraf Penjelasan atau odifikasi Perkataan%uatu audit yang lengkap telah dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan dan laporan keuangan telah disajikan dengan &ajar, tetapi auditor yakin bah&a penting atau &ajib untuk memberikan informasi tambahan.Laporan audit &ajar tanpa penge"ualian dengan paragraf penjelasan atau modifikasi  perkataan sesuai dengan kriteria audit yang lengkap dengan hasil yang memuaskan dan laporan keuangan yang disajikan se"ara &ajar, tetapi auditor merasa penting atau &ajib untuk memberikan informasi tambahan. alam laporan audit dengan  penge"ualian, tidak &ajar, atau menolak memberikan pendapat, auditor tidak melaksanakan audit yang memuskan, tidak yakin bah&a laporan keuangan disajikan se"ara &ajar atau tidak independen.erikut ini adalah penyebab paling penting dari penambahan paragraf penjelasan atau modifikasi kata#kata pada laporan &ajar tanpa penge"ualian standar:#!idak adanya aplikasi yang konsisten dari prinsip#prinsip akuntansi yang berlaku umum#*eraguan yang substansial mengenai going "on"ern#Auditor setuju dengan penyimpangan dari prinsip akuntansi yang dirumuskan#Penekanan pada suatu hal atau masalah#Laporan yang melibatkan auditor lain.*eempat laporan yang pertama memelurkan suatu paragraf penjelasan. Pada setiap kasus, tiga paragraf laporan standar tetap disertakan tanpa modifikasi dan paragraf  penjelasan yang terpisah akan diikuti dengan paragraf pendapat.*onsistensi dan *omparabilitas.Auditor harus mampu membedakan antara perubahan yang mempengaruhi konsistensi  pelaporan dengan perubahan yang dapat mempengaruhi komparabilitas tetapi tidak mempengaruhi konsistensi. erikut ini "ontoh perubahan yang mempengaruhi konsistensi dan karenanya memerlukan paragraf penjelasan jika perubahan tersebut material:1.Perubahan prinsip akuntansi, seperti perubahan metode penilaian persediaan dari 2I23 menjadi LIP3.0.Perubahan entitas pelaporan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->