Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BIROKRASI (Landasan teori)

BIROKRASI (Landasan teori)

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 3,056 |Likes:
Published by Abdul Hafis

More info:

Published by: Abdul Hafis on Aug 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

 
BIROKRASI
Model organisasi birokratis diperkenalkan oleh Max Weber 
1)
. Webber membahas peran organisasi dalam suatu masyarakat dan ia mempertanyakan bentuk organisasi yang sesuai pada akhir abad ke-19. Organisasi birokratismenurut Weber dapat menjamin tercapainya alokasi sumber yang terbatas padasebuah masyarakat yang kompleks seperti masyarakat industri Eropa. Ia jugamengemukakan adanya 7 ciri yang dapat dijumpai pada sebuah oragnisasi birokratis, yaitu :1.Adanya pengaturan ataupun fungsi-fungsi resmi yang saling terikat olehaturan-aturan, yang menjadikan fungsi-fungsi resmi itu suatu kesatuan yangutuh.2.Adanya pembagian kerja yang jelas di dalam organisasi. Setiap anggotaorganisasi mempunyai tugas yang jelas dan juga mempunyai wewenang(otoritas) yang seimbang dengan tugas yang harus di jalankannya.3.Adanya pengorganisasian yang mengikuti prinsip hirarki, yaitu tingkatanyang lebih tinggi, sehingga tersusun suatu hirarki otoritas yang runtut mulaidari tingkatan yang tertinggi hingga tingkatan yang terendah dalam organisasi.4.Adanya sistem penerimaan dan penempatan karyawan (anggota organisasi)yang didasarkan pada kemampuan teknis, tanpa memperhatikan sama sekalikoneksi, hubungan keluarga, maupun favoritisme.5.Adanya pemisahan antara pemilikan alat produksi maupun administrasi, darikepemimpinan organisasi. Weber berpendapat bahwa pemisahan ini akanmembuat organisasi tetap bersifat impersonal, sesuatu yang dianggap pentinguntuk mencapai efisiensi.6.Adanya objektivitas dalam pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan suatu jabatan dalam organisasi. Weber bependapat bahwa pemegang suatu jabatanharuslah melakukan kegiatan secara objektif sesuai dengan tugas yang harusdijalankannya, dan tidak menggunakan jabatannya untuk melayanikepentingan dirinya pribadi.
 
7.Kegiatan administrasi, keputusan-keputusan, dan peraturan-peraturan dalamorganisasi selalu dituangkan dalam bentuk tertulis.Bentuk organisasi yang ditunjukkan oleh Weber dengan tujuh dimensi tersebutmerupakan bentuk ideal dari organisasi birokratis. Kebanyakan dimensi tersebuttampak di jalankan pada banyak organisasi yang ada di sekeliling kita, sepertihirarki otoritas, pembagian tugas dan penggunaan dokumen tertulis. Tetapi jarangsekali dijumpai organisasi yang mampu menjalankan ke tujuh dimensi tersebutsecara sempurna. Apabila setiap kegiatan organisasi dicatat secara tertulismisalnya, maka organisasi akan penuh dengan dokumen sehingga akanmenghambat seluruh pekerjaan lainnya.Dalam kenyataannya, banyak organisasi yang bertentangan dengan prinsip- prinsip yang diusulkan oleh Weber. Seringkali kita jumpai organisasi yang hanyamenerima karyawan jika ada hubungan keluarga, koneksi, dan sebagainya. Para pejabat dalam organisasi seringkali memanfaatkan kedudukannya untukepentingan pribadi. Kondisi yang menyebabkan organisasi menjadi tidak efisiendan sesungguhnya bertentangan dengan kepentingan masyarakat. Sebaliknya jikadijalankan secara sungguh-sungguh model organisasi rasional yang diusulkanWeber mempunyai banyak keunggulan. Tugas-tugas akan dapat diselesaikansecara efisie, dan para pejabat dalam organisasi tidak akan memanfaatkanorganisasi untuk kepentingan pribadi.
Otoritas dalam Organisasi :
Prinsip hirarki yang dinyatakan sebelumnya menuntut adanya otoritasyang lebih besar pada tingkatan yang lebih tinggi agar dapat melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap tingkatan yang lebih rendah.Weber menyatakan bahwa terdapat 3 jenis otoritas, yang berpengaruhterhadap pola kepemimpinan maupun kegiatan pengambilan keputusan dalamsuatu organisasi, yaitu :
 
1.Otoritas Rasional-LegalOtoritas yang muncul karena kepercayaan karyawan terhadap legalitas aturan, pembagian kerja dan hak dari orang yang di tempatkan sebagai pemimpinuntuk memberikan perintah.2.Otoritas TradisionalOtoritas yang muncul karena kepercayaan orang terhadap tradisi, termasuk status seseorang yang karena tradisi mempunyai hak untuk memerintah.Otoritas tradisional merupakan dasar bagi organisasi gereja dan kerajaan.3.Otoritas Karismatik Otoritas yang muncul pada diri seseorang yang mempunyai karakteristik  pribadi yang luar biasa, yang menyebabkan orang tersebut dianggapmempunyai hak untuk memerintah oleh orang lain. Contohnya, pemerintahanyang bersifat revolusioner seringkali didasarkan pada karisma pimpinannya.
Hubungan Ukuran Organisasi Terhadap Birokrasi
Lebih dari 100 penelitian telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan ini
1)
. Sebagian besar akhirnya menunjukkan bahwa organisasi besar  pada umumnya mempunyai perbedaan dari organisasi kecil, terutama perbedaan pada beberapa dimensi dari strukturnya, seperti :1.FormalisasiFormalisasi menunjukkan tingkat penggunaan dokumen tertulis dalamorganisasi. Pada organisasi yang lebih formal, tingkat penggunaan dokumentertulis lebih tinggi. Peraturan-peraturan, prosedur, dan berbagai hal lainnya,muncul dalam bentuk tertulis. Penelitian-penelitian yang telah dilakukanmenunjukkan bahwa organisasi yang lebih besar umumnya mempunyaitingkat formalisasi yang lebih tinggi dibanding organisasi kecil.Oragnisasi besar memerlukan adanya peraturan, prosedur, dan juga dokumentertulis untuk mengontrol dan mengatur karyawan yang jumlahnya besar, dan juga bagian-bagian yang jumlahnya lebih banyak dalam organisasi. Pada

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hazarizah Adam liked this
harrycapocino liked this
Sholachudin Azis liked this
lia_agustina_5 added this note
terima kasih
rizki_dewantara liked this
Vian Kilay liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->