Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RENJA BKP 2013

RENJA BKP 2013

Ratings: (0)|Views: 134 |Likes:

More info:

Published by: Rahmat Hidayat Paneo on Nov 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2014

pdf

text

original

 
0
TAHUN 2011
RENJA 2013
 
BADAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN GORONTALO
 
 
1
Bab I PENDAHULUAN
1.1
 
LATAR BELAKANG
Pangan sebagai bidang terpenting dalam pembangunan yang mampu menjembatani pencapaian cita-cita luhur guna mensejahterakan rakyat, sekaligus mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia di masyarakat dunia. Pemantapan ketahanan pangan dapat dilaksanakan melalui berbagai upaya dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai perwujudan pembangunan sosial-ekonomi secara keseluruhan. Oleh karena itu, upaya peningkatan produksi, ketersediaan dan cadangan pangan, distribusi, serta peningkatan kualitas konsumsi dan keamanan pangan akan terus dilaksanakan. Dengan demikian, program-program pembangunan pertanian dan ketahanan pangan perlu diarahkan untuk mendorong terciptanya kondisi sosial-ekonomi yang kondusif menuju ketahanan pangan yang mantap dan berkelanjutan. Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo mendukung Pemerintah Pusat yang telah menyatakan komitmen dan berperan aktif dalam berbagai hal dalam melaksanakan aksi kemanusian, terutama mengatasi masalah kelaparan, kekurangan gizi serta kemiskinan dunia. Kesepakatan tersebut antara lain tertuang dalam Millenium Development Goals (MDGs) 2000 yang isinya antara lain mengurangi angka kemiskinan ekstrem dan kerawanan pangan di dunia sampai setengahnya pada tahun 2015. Berdasar kerangka tersebut, Badan Ketahanan Pangan sebagai salah satu SKPD di Kabupaten Gorontalo, sesuai tugas dan fungsinya untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang ketahanan pangan, bersama-sama instansi terkait lainnya mempunyai peran strategis dalam mendorong perwujudan ketahanan pangan daerah termasuk dalam mengurangi angka kemiskinan dan kerawanan pangan.
 
2
Dalam rangka memelihara kesinambungan proses pembangunan dan melanjutkan berbagai pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan serta sebagai upaya untuk mewujudkan kondisi yang diharapkan oleh Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo pada masa mendatang maka diperlukan dokumen Renstra Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo Tahun 2011-2015 serta Dokumen Renja untuk setiap Tahun Anggaran. Renja Badan Ketahanan Pangan adalah dokumen perencanaan Badan Ketahanan Pangan, yang berisikan rencana kerja program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk periode 1 tahun yang akan datang. Dokumen Renja ini bersifat jangka pendek namun tetap memperhatikan rumusan visi misi dan arah kebijakan pembangunan Badan Ketahanan Pangan untuk lima tahun mendatang yang termuat dalam dokumen Renstra. Usaha untuk mewujudkan visi, misi dan arah kebijakan diatas perlu didukung dengan strategi umum, yang kemudian diterjemahkan ke dalam program-program pembangunan dan diuraikan ke dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung masing-masing program tersebut. Strategi pembangunan ketahanan pangan disusun dan disesuaikan dengan tugas dan fungsi setiap bidang pada Badan Ketahanan pangan, yang memiliki 3 bidang yaitu; 1. Bidang Ketersediaan dan Kerawanan pangan 2. Konsumsi dan Keamanan Pangan 3. Distribusi pangan Dokumen Renja Badan Ketahanan Pangan ini akan menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->