Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
92Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Analisa Ekonomi

Makalah Analisa Ekonomi

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 12,343 |Likes:

More info:

Published by: cetakprint.wordpress.com/ on Aug 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
1. LATAR BELAKANG
Ilmu ekonomi adalah suatu bidang studi yang sudah cukup lama berkembang.Sebagai satu bidang ilmu pengetahuan , perkembangnya bermula sejak tahun 1776,yaitu setelah Adam smith seorang pemikir dan ahli ekonomi inggris menerbitkan bukunya yang berjudul :
“An inquiry into the nature and causes of the wealth of nations”.
Beberapa pandangan dalam buku beliau masih tetap mendapat perhatiandalam pemikiran ahli ekonomi pada masa kini . Adam Smith dapat dianggap sebagai“ Bapak Ilmu Ekonomi”.Dalam abad setelah zamannya Adam Smith dunia telah menjadi sangat berkembang. Dan dalam masa hidup Adam Smith, revolusi industri baru saja akan bermula. Sekarang ini kegiatan industri sudah canggih dan teknologi yang digunakansudah sangat berbeda dengan yang terdapat pada zamannya Adam smith. Jugaorganisasi perusahaan sudah jauh lebih kompleks dan sistem kegiatan memproduksisudah jauh lebih rumit. Corak kegiatan perekonomian negara secara keseluruhannya juga sudah sangat berbeda. Pertumbuhan dan modernisasi kegiatan ekonomi di berbagai negara sangat mempengaruhi perkembangan pemikiran ekonomi sejak  penerbitan buku Adam Smith seperti dinyatakan diatas. Pada ini analisis dalam ilmuekonomi telah menjadi lebih kompleks dan memberi gambaran yang lebih lengkapmengenai kegiatan suatu perekonomian.
2. PEMBAHASAN
Ilmu ekonmi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luasliputannya. Oleh karena itu masyarakat membuat keputusan tentang cara yang terbaik untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi.ataupun masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa tersebut dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi seorangindividu, suatu perusahaan atau masyarakat secara keseluruhannya, akan mempunyai beberapa pilihan atau alternatif untuk melakukannya berdasarkan kepada alternatif yang tersedia .
 
Kebutuhan masyarakat adalah keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi barang dan jasa. Sebagai barang dan jasa ini diimport dari luar negeri. Tetapikebanyakan diproduksikan di dalam negeri. Keinginan untuk memperoleh barang dan jasa dapat dibedakan kepada dua bentuk:1. Keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli2. Keinginan yang tidak disertai oleh kemampuan untuk membeli.Keinginan yang disertai dengan kemampuan untuk membeli dinamakan permintaan efektif.
Jenis – jenis Barang
Terdapat banyak cara untuk menggolongkan jenis- jenis barang dalam perekonomian. pertama sekali perlu dibedakan antara barang ekonomi dan barangCuma-cuma. barang ekonomi adalah barang yang memerlukan usaha untuk memperolehnya contohnya beras, makanan lain. sedangkan barang Cuma-cumaseperti udara, oksigen, sinar matahari dan air hujan, adalah barang yang dapatdinikmati tanpamelakukan kegian memproduksi. Barang ekonomi dapat puladibedakan kepada barang konsumsi (contohnya makanan, pakaian dan sepeda motor dan barang modal (contoh: mesin, peralatan bengkel,dan bangunan perkantoran).Barang ekonomi juga dapat dibedakan antara barang akhir (contoh: roti, kursi danmobil)dan barang setengah jadi (contoh: tepung gandum, karet dan minyak kelapasawit). Selanjutnya terdapat dua cara penggolongan lain yaitu:1.Berdasarkan kepentingan barang tersebut dalam kehidupan manusia. Barang- barnag tersebut dibedakan kepada barang inferior (contoh: ikan asin dan ubikayu), barang esensial (contoh: beras, gula dan kopi), barang normal (contoh: baju dan buku) dan barang mewah (contoh: mobil dan emas).2.Berdasarkan cara penggunaan barang tersebut oleh masyarakat. Barang-barangtersebut dibedakan menjadi barang pribadi (contoh: makanan, pakaian danmobil), dan barang publik (contoh: jalan raya, lampu lalu lintas dan mercu suar)
 
Faktor-faktor Prouksi
Yang dimaksudkan dengan faktor-faktor produksi adalah benda-benda yangdisediakan oleh alam atau diciptakan oleh manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa. Faktor-faktor produksi adakalanyadinyatakan dengan istilah lain, yaitu sumber-sumber daya. Faktor-faktor produksiyang tersedia dalam perekonomian akan menentukan sampai mana suatu negara dapatmenghasilkan barang dan jasa. Faktor-faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian dibedakan kepada empat jenis, yaitu seperti yang diterangkan dibawhaini.1.
Tanah dan sumber alam
Faktor produksi ini disediakan alam. Faktor produksiini meliputi tanah, berbagai jenis barang tambang, basil hutan dan sumber alamyang dapat dijadikan modal seperti air yang dibendung untuk irigasi atau untuk  pembangkit tenaga listrik.2.
Tenaga kerja
Faktor produksi ini bukan saja berarti jumlah buruh yang terdanatdalam perekonomian. Fengertian tenaga kerja mehputi juga keahlian danketrampilan yang mereka miliki. Dari segi keahlian dan pendidikannya, tenagakerja dibedakan kepada tiga golongan berikut:-Tenaga kerja kasar adalah tenaga kerja yang tidak berpendidikan ataurendah pendidikannya. dan tidak memiliki keahlian dalam suatu bidang pekerjaan.-Tenaga kerja terampil adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dari pelatihan atau pengalaman kerja seperti montir mobil, tukang kayu dan ahlimereparasi TV dan radio.-Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki pendidikan cukuptinggi dan ahli dalam bidang tertentu seperti dokter, akuntan, ahli ekonomidan insinyur.

Activity (92)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Candra Pardamean liked this
Riki Supriyadi liked this
Yona Azuya liked this
Odi Saputra liked this
Heni Dwi Sutanti liked this
Gus Ty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->