Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
40Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
an Politik Dan Ekonomi Pada Masa Reformasi

an Politik Dan Ekonomi Pada Masa Reformasi

Ratings: (0)|Views: 14,471|Likes:
Published by delviastri widyana

More info:

Published by: delviastri widyana on Aug 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
 
ERKEMBANGANPOLITIKDANEKONOMI
 
ADAMASAREFORMASI
Era
Pasca
Soeharto
atau
Era Reformasi di
dimulai padapertengahan
, tepatnya saat
 
mengundurkan diri pada
dan digantikan wakil presiden
.
Latar belakang
Krisis finansial Asiayang menyebabkanekonomi Indonesiamelemah dan semakin  besarnya ketidak puasan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahan pimpinan Soeharto saatitu menyebabkan terjadinyademonstrasibesar-besaran yang dilakukan berbagaiorgan aksi  mahasiswadi berbagai wilayahIndonesia. Pemerintahan Soeharto semakin disorot setelahTragedi Trisaktipada12 Mei 1998yang kemudian memicuKerusuhan Mei 1998sehari setelahnya.Gerakan mahasiswapun meluas hampir diseluruh Indonesia. Di bawah tekanan yang besar dari dalam maupun luar negeri,Soeharto akhirnya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya.
Garis waktu
Krisis ekonomi dan Kerusuhan Mei 1998
22 Januari 1998
 
Rupiah tembus 17.000,- per dolar AS,IMFtidak menunjukkan rencana  bantuannya.
12 Februari
 
Soeharto menunjuk Wiranto, menjadiPanglima Angkatan Bersenjata.
5 Maret
 
Dua puluh mahasiswaUniversitas Indonesia mendatangi GedungDPR /MPR  untuk menyatakan penolakan terhadap pidato pertanggungjawaban presidenyangdisampaikan pada Sidang Umum MPR dan menyerahkan agenda reformasinasional. Mereka diterima Fraksi ABRI
10 Maret
 
Soehartoterpilih kembali untuk masa jabatan lima tahun yang ketujuh kali denganmenggandengB.J. Habibiesebagai Wakil Presiden.
14 Maret
 
 
Soeharto mengumumkan kabinet baru yang dinamaiKabinet Pembangunan VII.Bob Hasandan anak Soeharto,Siti Hardiyanti Rukmana, terpilih menjadi menteri.
15 April
 
Soeharto meminta mahasiswa mengakhiri protes dan kembali ke kampus karenasepanjang bulan ini mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negerimelakukan berunjuk rasa menuntut dilakukannya reformasi politik 
18 April
 
Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima ABRI Jendral Purn. Wiranto dan 14menteri Kabinet Pembangunan VII mengadakan dialog dengan mahasiswa diPekan Raya Jakarta namun cukup banyak perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang menolak dialog tersebut.
1 Mei
 
Soeharto melalui Menteri Dalam Negeri Hartono dan Menteri PeneranganAlwiDahlanmengatakan bahwa reformasi baru bisa dimulai tahun 2003.
2 Mei
 
Pernyataan itu diralat dan kemudian dinyatakan bahwa Soeharto mengatakanreformasi bisa dilakukan sejak sekarang (1998).
Mahasiswa di Medan, Bandung dan Yogyakarta menyambut kenaikan harga bahan bakar minyak dengan demonstrasi besar-besaran. Demonstrasi disikapidengan represif oleh aparat. Di beberapa kampus terjadi bentrokan.
4 Mei
HargaBBMmelonjak tajam hingga 71%, disusul tiga hari kerusuhan di Medan  dengan korban sedikitnya 6 meninggal.
7 Mei
 
Peristiwa Cimanggis, bentrokan antara mahasiswa dan aparat keamanan terjadi dikampus Fakultas Teknik Universitas Jayabaya, Cimanggis, yang mengakibatkan sedikitnya 52 mahasiswa dibawa ke RS Tugu Ibu, Cimanggis. Dua di antaranyaterkena tembakan di leher dan lengan kanan, sedangkan sisanya cedera akibat pentungan rotan dan mengalami iritasi mata akibat gas air mata.
8 Mei
 Peristiwa Gejayan, 1 mahasiswaYogyakartatewas terbunuh.
9 Mei
Soeharto berangkat seminggu keMesir untuk menghadiri pertemuan KTT G-15. Ini merupakan lawatan terakhirnya keluar negeri sebagai Presiden RI.
12 Mei
 Tragedi Trisakti, 4 mahasiswaTrisaktiterbunuh.
13 Mei
Mal Ratu Luwes di Jl. S. Parman termasuk salah satu yang dibakar di Solo
Kerusuhan Mei 1998 pecah di Jakarta. kerusuhanjuga terjadi di kotaSolo. 
Soeharto yang sedang menghadiri pertemuan negara-negara berkembangG-15diKairo, Mesir , memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Sebelumnya, dalam  pertemuan tatap muka dengan masyarakat Indonesia di Kairo, Soehartomenyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden.
EtnisTionghoa mulai eksodus meninggalkan Indonesia.
 
14 Mei
 
Demonstrasi terus bertambah besar hampir di semua kota di Indonesia,demonstran mengepung dan menduduki gedung-gedung DPRD di daerah.
Soeharto, seperti dikutip koran, mengatakan bersedia mengundurkan diri jikarakyat menginginkan. Ia mengatakan itu di depan masyarakat Indonesia di Kairo.
Kerusuhan di Jakarta berlanjut, ratusan orang meninggal dunia akibat kebakaranyang terjadi selama kerusuhan terjadi.
15 Mei
 
Selesai mengikuti KTT G-15, tanggal 15 Mei l998, Presiden Soeharto kembali ketanah air dan mendarat di lapanganBandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta, subuh dini hari. Menjelang siang hari, Presiden Soeharto menerima WakilPresiden B.J. Habibie dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya.
17 Mei
 
Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya,Abdul Latief melakukan langkahmengejutkan pada Minggu, 17 Mei 1998. Ia mengajukan surat pengunduran dirikepada Presiden Soeharto dengan alasan masalah keluarga, terutama desakananak-anaknya.
18 Mei
 
Pukul 15.20 WIB, KetuaMPR yang juga ketuaPartai Golkar , Harmokodi Gedung DPR, yang dipenuhi ribuan mahasiswa, dengan suara tegas menyatakan,demi persatuan dan kesatuan bangsa, pimpinan DPR, baik Ketua maupun paraWakil Ketua, mengharapkan Presiden Soeharto mengundurkan diri secara arif dan bijaksana. Harmoko saat itu didampingi seluruh Wakil Ketua DPR, yakniIsmailHasan Metareum, Syarwan Hamid,Abdul Gafur , danFatimah Achmad.
Pukul 21.30 WIB, empat orang menko (Menteri Koordinator) diterima PresidenSoeharto di Cendana untuk melaporkan perkembangan. Mereka juga berniatmenggunakan kesempatan itu untuk menyarankan agar Kabinet Pembangunan VIIdibubarkan saja, bukan di-reshuffle. Tujuannya, agar mereka yang tidak terpilihlagi dalam kabinet reformasi tidak terlalu "malu". Namun, niat itu tampaknyasudah diketahui oleh Presiden Soeharto. Ia langsung mengatakan, "Urusan kabinetadalah urusan saya." Akibatnya, usul agar kabinet dibubarkan tidak jadidisampaikan. Pembicaraan beralih pada soal-soal yang berkembang dimasyarakat.
Pukul 23.00 WIB Menhankam/Panglima ABRI Jenderal TNI Wirantomengemukakan, ABRI menganggap pernyataan pimpinan DPR agar PresidenSoeharto mengundurkan diri itu merupakan sikap dan pendapat individual,meskipun pernyataan itu disampaikan secara kolektif. Wiranto mengusulkan pembentukan "Dewan Reformasi".
Gelombang pertama mahasiswa dariFKSMJ danForum Kotamemasuki halaman dan menginap di Gedung DPR/MPR . Mahasiswa menduduki Gedung DPR/MPR 
19 Mei
 

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eska Oktamora liked this
Helos Permata liked this
NTee ECcha liked this
Sul'hamdi Andi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->