Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekspor-Impor Migas

Ekspor-Impor Migas

Ratings: (0)|Views: 159 |Likes:
Published by akjaya
Kondisi EX-Im Migas
Kondisi EX-Im Migas

More info:

Published by: akjaya on Nov 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2014

pdf

text

original

 
1
DAFTAR ISI
BAB I Pendahuluan
…………………………………………………..
 2 1.1 Latar Belakang ..
………………………………………………
 2 1.2
Rumusan Masalah ……………………………………………
 3 1.3
Tujuan dan Manfaat Penulisan ……………………………...
 3 BAB II
Kajian Teori ……………………………………………………
 4 2.1 Pengertian
Ekspor Impor …………………………………….
 4 2.2
Perdagangan Internasional ………………………………….
 5 2.3
Kebijakan Ekspor Impor ……………………………………...
 8 BAB III
Pembahasan …………………………………………………..
 10 3.1
Perkembangan Ekspor Impor MIGAS Indonesia ………….
 10 3.2 Analisa Kondisi dan
Kebijakan MIGAS Indonesia ………...
 11 BAB IV
Penutup ………………………………………………………..
 16 BAB V
Daftar Pustaka ………………………………………………...
 18
 
2
BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
Kehidupan ekonomi dunia tentu tidak terlepas dari akitifitas perdagangan antar negara. Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, suatu negara mungkin saja memiliki sumber daya alam yang tidak terdapat di negara lain. Suatu negara yang membutuhkan komoditi yang tidak tersedia di negaranya tetapi tersedia di negara lain akan melakukan perdagangan atau pertukaran komoditi dengan negara tersebut sehingga terjadilah kegiatan perdagangan antar negara yang biasa disebut kegiatan ekspor dan impor. Pentingnya kegiatan tersebut membuat tiap negara melakukan pengaturan atau kebijakan. Ekspor impor merupakan kegiatan perdagangan yang memerlukan perhatian khusus bagi pemerintah kita dimana begitu beraneka ragamnya permasalahan yang dihadapi. Kebijakan ekspor impor pada awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi oleh sumber daya yang ada di dalam negeri serta untuk mengeratkan hubungan dengan negara. Kemudian berkembang menjadi alat untuk menunjukkan eksistensi negara di dunia internasional. Selain itu, kebijakan ekspor impor juga dapat menjadi media transfer kebudayaan dan teknologi. Kini kebijakan ekspor impor sangat penting karena selain fungsi utamanya untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga berpengaruh terhadap roda perekonomian dalam negeri. Pemerintah harus melihat keadaan perekonomian dalam negeri, merencanakan dan mempersiapkan serta menganalisis dampak dari kebijakan yang akan dibuat. Kesiapan pelaku perekonomian dalam negeri terkait kebijakan ekspor impor harus menjadi perhatian, agar kebijakan tersebut benar-benar memberikan energi positif bagi perekonomian dalam negeri, bukan sebaliknya yang membuat negeri ini diserbu barang-barang impor dengan harga dan kualitas yang tidak bisa dikendalikan.
 
3
Perkembangan sektor MIGAS di Indonesia mempunyai dinamikanya sendiri. Perubahan harga minyak dunia memaksa kita untuk menyesuaikan produksi, konsumsi, dan kebijakan baik dalam dan luar negeri agar tetap tercapai kesejahteraan untuk rakyat. Produksi dan Cadangan Terbukti Minyak kita turun terus. Walaupun cadangan terbukti gas kita empat kali lipat cadangan Minyak tetapi program konversi Minyak ke Gas Domestik tidak berjalan mulus. Sebagian besar dari konsumsi MIGAS di Indonesia adalah untuk pembangkit listrik. Program 10.000 MW PLTU (Uap) Batubara tidak berjalan mulus dan sebagian besar produksi batubara kita diekspor. PLTA (Air) di luar Jawa kurang berkembang. PLTS (Surya) dan PLTB (Bayu) banyak yang tidak berfungsi lagi. Kendala ini dapat meningkatkan konsumsi MIGAS di tanah air sedangkan volume ekspor kita telah turun dalam beberapa tahun ini. Kondisi tersebut memaksa pemerintah untuk mengoptimalkan impor MIGAS dan pembatasan ekspor itu sendiri.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang akan menjadi pembahasan dalam tulisan ini adalah sebagai berikut : 1. Apa pengertian dari Ekspor dan Impor ? 2. Bagaimana perkembangan Ekspor Impor MIGAS di Indonesia? 3. Bagaimana kebijakan dan peraturan Ekspor Impor MIGAS di Indonesia? 4. Apa yang menjadi masalah dalam Ekspor Impor?
1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan
 Adapun penulisan makalah ini diharapkan dapat mencapai tujuan dan manfaat antara lain : 1. Untuk mempelajari tentang pengertian Ekspor dan Impor. 2. Untuk mengetahui perkembangan Ekspor Impor MIGAS di Indonesia. 3. Untuk mengetahui masalah dan pengaturan dalam Ekspor Impor MIGAS. 4. Untuk mengetahui peran pemerintah dalam Ekspor Impor MIGAS.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->