Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Syukur

Syukur

Ratings: (0)|Views: 500 |Likes:
Published by adam

More info:

Published by: adam on Aug 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2009

pdf

text

original

 
SYUKUR 
Kata "syukur" adalah kata yang berasal dari bahasa Arab. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diertikan sebagai: (1) rasa terima kasih kepada Allah, dan (2)untunglah (menyatakan lega, senang, dan sebagainya). Pengertian kebahasaan ini tidak sepenuhnya sama dengan pengertiannyamenurut asal kata itu (etimologi) mahupun menurut penggunaan Al-Quran atauistilah keagamaan. Dalam Al-Quran kata "syukur" dengan berbagai bentuknya ditemukansebanyak enam puluh empat kali. Ahmad Ibnu Faris dalam bukunya MaqayisAl-Lughah menyebutkan empat arti dasar dari kata tersebut yaitu, a.Pujian kerana adanya kebaikan yang diperoleh. Hakikatnya adalah merasaredha atau puas dengan nikmat walau sedikit sekalipun. b.Kepenuhan dan kelebatan. Pohon yang tumbuh subur dilukiskan dengankalimat syakarat asy-syajarat.c.Sesuatu yang tumbuh di tangkai pohon (parasit).d.Pernikahan, atau alat kelamin. Agaknya kedua makna terakhir ini dapat dikembalikan dasar pengertiannyakepada kedua makna terdahulu. Makna ketiga hampir sama dengan makna pertama yang mengambarkan kepuasan dengan nikmat yang sedikit sekalipun,sedang makna keempat hampir sama dengan makna kedua, kerana dengan pernikahan (alat kelamin) dapat melahirkan banyak anak. Ar-Raghib Al-Isfahani salah seorang yang dikenali sebagai pakar bahasa Al-Quranmenulis dalam Al-Mufradat fi Gharib Al-Quran, bahwa kata "syukur" memberi erti"gambaran dalam benak tentang nikmat dan menampakkannya ke permukaan."Kata ini --tulis Ar-Raghib-- menurut ulama berasal dari kata "syakara" yang berarti "membuka", sehingga ia merupakan lawan dari kata "kafara" (kufur) yang berarti menutup --(salah satu ertinya adalah) melupakan nikmat dan menutup-nutupinya.
E
B
 AHA
B
 ACAA
T
A Z K I R A H
 
 
SYUKUR __________________________________________________________ 
Makna yang dikemukakan pakar di atas dapat diperkuat dengan beberapa ayat Al-Quran yang mempertemukan kata syukur dengan kata kufur, antara lain dalam QSlbrahim (14): 7: Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku)untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Kuamat pedih. Demikian juga dengan pengakuan Nabi Sulaiman yang diabadikan Al-Quran: Ini adalah sebahagian anugerah Tuhan-Ku, untuk mengujikuapakah aku bersyukur atau kufur (QS An-Naml [27]: 40). Hakikat syukur adalah "menampakkan nikmat," dan hakikat kekufuran adalahmenyembunyikannya. Menampakkan nikmat antara lain bererti menggunakannya pada tempat dan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pemberinya, jugamenyebut-nyebut nikmat dan pemberinya dengan lidah: Adapun terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkaumenyebut-nyebut (QS Adh-Dhuha [93]: ll).  Nabi Muhammad Saw. pun bersabda, Allah senang melihat bekas (bukti) nikmat-Nya dalampenampilan hamba-Nya (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi). Dengan demikian syukur mencakup tiga sisi: a.Syukur dengan hati, yaitu kepuasan batin atas anugerah. b.Syukur dengan lidah, dengan mengakui anugerah dan memuji pemberinya.c.Syukur dengan perbuatan, dengan memanfaatkan anugerah yang diperolehsesuai dengan tujuan penganugerahannya. 
MANFAAT SYUKUR BUKAN UNTUK TUHAN
 Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa manfaat syukur kembalikepada orang yang bersyukur, sedang Allah Swt. sama sekalitidak memperoleh bahkan tidak memerlukan sedikit pun darisyukur makhluk-Nya. Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya diabersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan
 
SYUKUR __________________________________________________________ 
barangsiapa yang kufur (tidak bersyukur), makasesungguhnya Tuhanku Mahakaya (tidak memerlukansesuatu) lagi Mahamulia (QS An-Naml [27]: 40) Karena itu pula, manusia yang mencapai peringkat terpuji, adalah yangmemberi tanpa menanti syukur (balasan dari yang diberi) atau ucapan terimakasih. Al-Quran melukiskan bagaimana satu keluarga (menurut riwayat adalah Ali binAbi Thalib dan istrinya Fatimah putri Rasulullah Saw.) memberikan makananyang mereka simpan Untuk berbuka puasa mereka, kepada tiga orang yangmemerlukan dan ketika itu mereka menyatakan bahwa, Sesungguhnya kami memberi makanan untukmu hanyalahmengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendakibalasan darimu, dan tidak pula pujian (ucapan terimakasih) (QS Al-Insan [76]: 9). 
BAGAIMANA CARA BERSYUKUR?
 Di atas telah dijelaskan bahwa ada tiga cabang dari syukur, yaitu dengan hati,lidah, dan anggota tubuh lainnya. Berikut akan dirinci penjelasan tentang masing-masing sisi tersebut. 
a. Syukur dengan hati
 Syukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yangdiperoleh adalah semata-mata karena anugerah dan kemurahan Ilahi. Syukur dengan hati mengantar manusia untuk menerima anugerah dengan penuhkerelaan tanpa menggerutu dan keberatan betapapun kecilnya nikmat tersebut.Syukur ini juga mengharuskan yang bersyukur menyedari betapa besar kemurahan, dan kasih sayang Ilahi sehingga terlontar dari lidahuya pujiankepada-Nya. Qarun yang mengingkari kekayaannya atas bantuan Ilahi, danmenegaskan bahawa itu diperolehnya semata-mata kerana kemampuannya,dinilai oleh Al-Quran sebagai kafir atau tidak mensyukuri nikmat-Nya (Bacakisahnya dalam surat Al-Qashash (28): 76-82). Seorang yang bersyukur dengan hatinya, saat ditimpa mala petaka pun boleh jadidapat memuji Tuhan, bukan atas malapetaka itu, tetapi karena terbayang olehnya bahawa yang dialaminya pasti lebih kecil dari kemungkinan lain yang dapatterjadi.Sujud syukur adalah perwujudan dari kesyukuran dengan hati, yang dilakukansaat hati dan fikiran menyedari betapa besar nikmat yang dianugerahkan Allah.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->