Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
471Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Kebudayaan Islam

Ratings:

3.5

(4)
|Views: 64,239 |Likes:

More info:

Published by: cetakprint.wordpress.com/ on Aug 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
A.PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN AGAMA DANKEBUDAYAAN ISLAM DI JAZIRAH ARABArab Sebelum Islam
1.
 Keadaan Alam dan Kehidupan Masyarakat  Arab Selatan
Didaerah Arab Selatan, Curah hujan cukup banyak masyarakatnya hidupdengan bercocok tanam, sehingga tingkat peradabannya cukup tinggi. Disamping itu,letaknya didalam dunia perdagangan sangat strategis (antara India dan Mesir). Didaerah Kerajaan serba meliputi Kerajaan yaitu Kerajaan Saba. Daerah Kerajaan Sabameliputi daerah Yaman sekarang. Bangsa Saba mempunyai sistem pengairan yang baik. Terbukti dari adanya bendungan Ma’rib yang terkenal itu. Kerajaan Saba banyak mendirikan daerah-daerah Koloni di Afrika (Pantai Laut Merah). Daerahkolonialnya yang terkenal diantaranya adalah Abessyara (Habashat). Kerajaan Sabaruntuh pada tahun 575 SM ketika ditundukkan oleh Iran.
 Arab Tengah
Sebagian besar daerahnya merupakan gurun pasir. Penduduknya hidup berkelompok dan biasa disebut dengan suku Badawi. Mereka hidup dari hasil peternakan dan perampasan kafilah-kafilah yang melewati daerah itu. Mereka adalah pemberanai yang suka sekali berperang dan tidak mau tunduk kepada siapapun.Disebut barat daerah Arab Tengan terdapat jalur perjalanan yang biasadigunakan para kafilah untuk membawa barang-barang dari Asia dibawa ke syariaditeruskan ke Eropa (Romawi).
 Arab Utara
Arab Utara berbatasan dengan daerah-daerah yang sudah maju sepertiRomawi dan Iran. Daerah ini juga dengan jalur jalan raya Mesir-Romawi-Iran yang bertemu di daerah Palestina merupakan daerah yang menjadi pusat peradaban tinggisejak jaman dahulu. Orang-orang Arab yang berada di daerah itu sudah banyak mendapat pengaruh peradaban asing. Banyak dari mereka yang sudah masuk agamaKristen atau Yahudi bahkan mereka pernah mempunyai Kerajaan sendiri yang bernama kereja Nabatea dengan ibukotanya Petra (+ 200 SM-105 M) dan setelah ituKerajaan Palmyra (+ 250-273 M).Kemudian muncul Kerajaan Ghassan (di syrra) yang memihak Romawi danKerajaan Hira (di Irak) yang memihak Iran, kedua Kerajaan Arab ini tenggelamketika Islam mulai bergerak ke luar Arabia.
2.Tata Kehidupan Sosial 
Masa Arab sebelum islam dikenal dengan sebutan zaman Jahiliya. Pada masaini bangsa tidak mempunyai pemerintahan yang rapi, karena tatanan kehidupanmereka hanya diatur menurut kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur mereka.Mereka hidup berpindah tempat untuk mencari penghidupan yang lebih layak. Hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan tanah Arab yang bergurun pasir dan bergunung-gunung.Mereka yang merupakan bangsa pemberani didalam membela pendiriannya bahwa kalau perlu mereka berperang sampai titik darah penghabisan dalammempertahankan kepribadiaan Arabnya.
 
3.Adat Istiadat 
Bangsa Arab pada zaman sebelum islam mempunyai adat istiadat penuhdengan takhayul. Mereka juga dipandang memilki akhlak yang tidak pantas seperti bermain judi, minum-minuman keras, dan berfoya-foya. Bahkan mereka melakukan pencurian dan perampokan pada suku-suku yang lain, kalau tertangkap menimbulkan perselisihan dan akhirnya terjadi peperangan antar suku bangsa di Arab.Ada juga suku bangsa di Arab yang biasa melakukan tindakan kekejamanyaitu dengan mengubur anak perempuannya hidup-hidup. Menurut kepercayaan, anak  perempuan dipandang tidak berguna dan orang tuannya merasa hina jika memilikianak perempuan.
4.Kepercayaan Bangsa Arab Sebelum Islam
Asal mula bangsa arab menyembah berhala adalah ketika Ka’bah beradadalam kekuasaan Jurhum. Ada pasukan yang dipimpn oleh Amir bin Luhay datang keMekkah dan berhasil mengalahkan Jurhum kemudian Amir bin Luhay meletakkansebuah berhala besar yang bernama Hubal disisi Ka’bah dan memerintahkan penduduk Hijaz agar menyembah berhala itu. Sejak saat itulah, bangsa Arabmenyembah berhala sampai suku bangsa Quraisy berkuasa kembali di Higas.Disamping penyembah berhala, bangsa Arab juga menyembah binatang, jindan Hantu/syetan. Bila mengharapkan hujan mereka mengikat rumput-rumput padaekor kambing dan terus dibakar. Sesudah mengenal agama Yahudi dan kristen ada juga sebagian dari bangsa Arab yang memeluk kedua agama itu.
 Arab Sesudah Islam
Secara politis, agama islam telah dapat mempersatukan seluruh suku bangsaArab yang dahulunya terpecah belah dan berhasil membuat bangsa Arab menjadisuatu bangsa yang kuat dan berderajat tinggi, hingga menjadi suatu bangsa yanggilang gemilang.Agama Islam pertama kali dibawah oleh Nabi Muhammad SAW. Beliaudilahirkan pada tanggal 20 April 571 M sebagai keturunan dari suku Quraisy. Padatahun 611 M ia mulai mengajarkan agama islam kepada bangsa arab di mekkah.Ternyata penyebaran agama Islam pertama kali ditentang oleh orang-orang Mekkah,terutama oleh orang Quraisy dibawah pimpinan Abu Sofyan. Maka, pada tanggal 12Robiul Awal tahun 622 M Nabi Muhammad SAW Hijrah dari Mekkah ke Madinah. Nabi Muhammad wafat pada tanggal 8 April 632 M di Madinah. Kemudiankepemimpinan beliau digantikan oleh para Khafilah. Empat orang Khalifah yang pertama disebut Khafilah ur Rasyidin yaitu Abu Bakar Siddik, Umar bin Khattab,Usman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib.Pada masa pemerintahana Khafilah Usman untuk pertama kalinya terjadi perpecahan diantara umat islam yakni antara keluarga Khafilah Usman (Ummayah)dengan keluarga khafilah Ali (Hashim) yang mengakibatkan timbunya Khalifah-khalifah seperti Ummayah, Abbasiyah, Fatimah.
 Perkembangan Islam Periode Mekkah
Pada awalnya agama islam hanya berkembang dikota Mekkah dan sekitarnya. Namun awalnya agama islam hanya diterima oleh kalangan bahwa seperti orangmiskin, wanita pekerja maupun para budak. Sejak penyebaran agama Islam dilakukansecara terbuka, muncul reaksi perlawanan yang menentang penyebaran islam seperti penyiksaan ,ancaman keselamatan terhadap para pengikut Islam. Sehingga pada tahun615 Nabi Muhammad SAW mengungsikan pengikutnya ke Habsyah, selanjutnyamenjadi Abbesinia (Ethiopia sekarang).Faktor penyebab terjadinya perlawanan terhadap agama Islam bukan semata-mata karena masalah agama yang dipandang bertentangan dengan kepercayaan asli
 
masyarakat, tetapi karena faktor politik, yaitu khawatiran terhadap kemungkinankeluarga Abu Muthalib menguasai Mekkah, faktor ekonomi yaitu menurunnya pendapatan para pemahat patung dan faktor sosial, karena kaum bangsawan atau rajatidak setuju derajatnya disamakan dengan rakyat biasa.
 Perkembangan Islam Periode Madinah
Terjadinya perlawanan yang menentang penyebaran agama Islam dariMekkah, menyebabkan Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekkah keMadinah. Tetpi sebelum hijrah dilakukan, telah terjadi peristiwa yang sangat penting,yaitu peristiwa Isra’ dan Mi’raj pada tanggal 27 Rajab tahun 621 M.Keadaan di Madinah sangat jauh berbeda dengan di Mekkah, kalau diMekkah, Nabi Muhammad SAW islam dimusuhi dan mendapat perlawanan sehinggatidak mungkin untuk berkembang sedangkan di Madinah Nabi Muhammad SAWdisambut dengan gembira, karena kedatangan Nabi sudah lama diharapkan.Di Madinah perkembangan agama Islam cukup pesat dan penganutnyasemakin bertambah banyak. Oleh karena itu, sejak Nabi Muhammad SAW menetapdi Madinah, maka masyarakat Madinah menjadi 4 golongan yaitu :1.Kaum Muhajirin, terdiri atas orang-orang Mekkah yang ikut serta melakukanhijrah dengan Nabi2.Kaum Ashar, terdiri atas orang-orang Madinah yang membantu Nabi MuhammadSAW3.Kaum Munafiqin, terdiri dari mereka yang hanya ikut memeluk agama Islamuntuk mencari keuntungan lahiriah belaka4.Kaum Yahudi, terdiridari golongan pengikut Nabi Musa yang mengetahui ajaranIslam, tetapi tidak sudi meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi atau Rasul.Setelah beberapa tahun lamanya Nabi Muhammad SAW menetap di Madinah,akhirnya turun perintah jihad, yaitu perang. Perang ini ditunjukkan untuk melawanMekkah dan mempertahankan Ka’bah. Pertempuran sengit terjadi di gurun Badar danUhud (tahun 630 M). ka’bah berhasil dikuasi oleh orang-orang Islam dan akhinya penduduk Mekkah dalam waktu kurang lebih dua tahun sebagian besar Jazirah Arabtelah memeluk agama islam. Orang-orang Yahudi dan Kristen yang mengakuikedaulatan agama Islam dibiarkan tetap memeluk agama mereka dan dilindungi hartadan jiwanya.Kemenangan umat Islam membawa bangsa Arab ke arah persatuan dankesatuan karena sudah lama bangsa itu hidup dalam perpecahan dan saling bermusuhan. Nabi Muhammad SAW berhasil penuh dalam menjalankan tugas dankewajibannya sebagai Rasul dan pemimpin negara. Namun Nabi Muhammad SAWtidak dapat mengenyam masa kejayaan Islam, karena sesudah menegakkan dasar-dasar yang kukuh, pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun 632 M beliau wafat dandimakamkan di Madinah.
 Kekhafilahan
Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, muncullah para Khalifah. Fungsimereka menggantikan jabatan Nabi Muhammad SAW sebagai kepala negara, hakimdan panglima perang. Jabatan khalifah ini terus berlangsung hingga tahun 1923 Mdan baru setelah Mustafa kemal Pasha menjadi kepala negara sistem kekhalifahandihapuskan. Muhammad V merupakan Khalifah terakhir.Khalifah-khalifah yang pernah berkuasa diantaranya :
Khalifah Abu Bakar Ada beberapa tindakan yang penting dilaksanakan oleh Khalifah Abu Bakar (632-634 M), diantaranya :
Mengembalikan suku-suku Arab yang murtad ke agama Islam.

Activity (471)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
DjayusYus liked this
An Nur added this note
ijin download, terima kasih :)
Ria Tolen added this note
i like it...
Ahmad Hariyono liked this
Tibin Lare Oseng liked this
Muhammad Farhan liked this
garasand liked this
garasand liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->