Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
interaksi guru murid

interaksi guru murid

Ratings: (0)|Views: 5,334|Likes:
Published by hidewiguna

More info:

Categories:Types, Research
Published by: hidewiguna on Aug 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
A.Interaksi Belajar Mengajar
1.Perilaku siswa saat mengikuti pelajarana. Siswa terlihat begitu besemangat dalam mengikuti pelajaran. Dalam meresponmasalah yang diberikan oleh guru, siswa berdiskusi terlebih dahulu atau ada pulasiswa yang langsung menanggapi masalah tersebut. b. Siswa cukup berani dalam bertanya ataupun menjawab pertanyaan. Meskipunkadang jawaban mereka masih salah namun keberanian mereka merupakan halyang sangat positif.c. Interaksi anak cukup baik dengan diadakannya diskusi kelas. Begitu pula denganinteraksi anak dan guru dalam tanya jawab atau pembahasan masalah.d. Siswa mengerjakan tugas dengan cukup baik dan ada pula siswa yang bertanyamengenai tugas yang dirasa sulit.2.Selama proses belajar mengajar tidak ada anak yang berperilaku khusus yang dapatmengganggu kegiatan pembelajaran. Yang ada hanya beberapa anak yang kurang berkonsentrasi saat mengikuti pelajaran yang kemudian mendapat teguran langsungdari guru.3.Dalam kegiatan belajar setiap siswa mempunyai fasilitas belajar seperti buku ajar, buku catatan dan fasilitas lain yang menunjang pelajaran. Apabila ada siswa yangtidak membawa kelengkapan belajar maka guru memberikan permakluman danmenyuruh siswa untuk meinjam/berbagi buku dengan teman sebangkunya.4.Kepribadian guru penyaji sangat mempengaruhi perilaku anak. Misalnya saja anak kurang aktif apabila guru yang mengajar adalah guru yang kurang disenangi siswa.Mata pelajaran yang kurang disenangi siswa akan membuat siswa malas/pasif dalammengikuti pelajaran. Materi yang diajarkan pada pagi hari (jam ke I-VI) membuataktivitas anak cukup baik. Namun setelah jam ke VI, beberapa anak terlihat kurang bersemangat, lelah dan kurang berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran namun gurutetap berupaya agar siswa tetap bersemangat. Dalam mengatasi masalah jam pelajaran, sekolah menempatkan pelajaran yang membutuhkan konsenyrasi ekstra pada jam pertama.
C.Pengelolaan Kelas
 
Dalam suatu kelas siswa duduk berpasangan. Pada umumnya siswi mengambiltempat duduk paling depan sedangkan siswa lebih meilih duduk di belakang. Posisitempat duduk dalam satu kelas adalah 8 ke samping dan 5 ke belakang. Pengaturan posisianak duduk di dalam kelas ditentukan oleh siswa sendiri.Perilaku siswa berbeda-beda apabila dikelola secara klasikal, kelompok atauindividual. Perbedaan perilaku siswa dikelola secara kelompok, klasikal ataupun individuterletak pada cara penyajian dan keseriusan dalam menerima pelajaran. Pengelolaansiswa secara klasikal adalah pengelolaan yang dinilai lebih efisien. Namun untuk tujuanevaluasi, pengelolaan ini dinilai kurang baik karena adanya kecendrungan siswa agar menjadi malas mengerjakan tugas secara individu. Pengelolaan siswa secara kelompok dinilai lebih baik jika diterapkan pada saat kegiatan praktikum karena akan diajarkan belajar agar bekerja sama dan saling melengkapi satu sama lain. Apabila siswa dikelolasecara individual, mereka akan berperilaku lebih tertib dan berusaha memberikan responterhadap guru. Pengelolaan seperti ini cocok diterapkan dalam pengadaan evaluasi namundampak negatifnya adalah menimbulkan rasa tegang saat mengikuti pelajaran.Apabila 15 menit guru belum hadir di kelas maka ketu kelas akan melapor kepadaguru piket untuk menanyakan tugas. Apabila guru berhalangan hadir maka siswa akanmengerjakan tugas yang diberikan dan diawasi oleh guru piket. Siswa dengan tertibmengerjakan tugas yang diberikan guru walaupun ada beberapa siswa yang bercandadengan kawannya.Bila ada siswa yang terlambat maka guru akan menanyakan alasan keterlambatankepada siswa yang bersangkutan. Apabila alasan tersebut diterima maka guru akanmemperbolehkan siswa tersebut untuk mengikuti pelajaran dengan sebelumnyamemberikan peringatan kepada siswa yang terlambat.Pada saat siswa mengerjakan tugas tanpa pengawasan guru, beberapa anak akanmengerjakan dengan tenang di kelas. Adapula anak yang mengerjakan tugas di perpustakaan dan adapula yang mengobrol sambil mengerjakan tugas. Apabila ada siswayang telah selesai mengerjakan tugas yang diberikan maka mereka akan pergi ke kantinuntuk jajan atau sekedar mengobrol.
D.Kegiatan di Luar Kelas
 
1.Perilaku Siswa di Luar KelasPerilaku siswa di luar jam pelajaran menunjukkan hal-hal yang masih wajar.Jarang ditemukan siswa yang berperilaku sambil menimbulkan masalah yang sangatserius. Pada saat kegiatan belajar usai, siswa biasanya duduk di lorong sambil mengobrol, jajan ke kantin, pergi ke perpustakaan untuk sekedar menonton TV, membaca atau bermain catur.2.Aktivitas Petugas BK Apabila ada anak yang memiliki masalah maka petugas BK akan turun tanganmemecahkan masalah yang dihadapi anak. Dalam penanganannya BK memiliki ruangankhusus (ruang konsultasi) yang nantinya masalah itu dibicarakan dan dicarikan jalankeluarnya. BK akan menjaga kerahasiaan masalah siswa tersebut.Guru BK memberikan motivasi pada anak apabila terdapat masalah dalam belajar.Guru BK memberikan solusi dan pengarahan dalam memilih jurusan atau universitassesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Selain itu guru BK juga mengundang alumniuntuk memberikan ceramah mengenai karier yang telah dicapai sehingga siswa memilikimotivasi untuk mencapai karier yang mereka inginkan.Hubungan antara sekolah dan orang tua siswa dijaga dengan mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa setiap pengambilan raport, sosialisasi kebijakan baruatau bila siswa memiliki masalah maka guru BK akan mengundang orang tua siswadalam pemecahan masalah tersebut.
3.1.3 Pengenalan PembelajaranInformasi Umum
Dalam pengenalan proses belajar mengajar penulis melakukan observasi pada 3orang guru. Adapun identitas guru sebagai narasumber selama penulis melakukankegiatan orientasi adalah sebagai berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->