Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Belajar Bangun-bangun Geometri 51 Geometri Dalam Mandala

Belajar Bangun-bangun Geometri 51 Geometri Dalam Mandala

Ratings: (0)|Views: 150|Likes:
Published by Leo Sutrisno

More info:

Published by: Leo Sutrisno on Aug 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Belajar geometri 51: Mandala dalam mandala
Om TrisTanggal 9 Mei 2009, umat Budha merayakan upacara Waisak, suatu malambulan purnama di bulan Mei.
Tiga peristiwa penting yang terkandung di dalam bulanWaisak adalah, Pangeran Siddharta Gotama dilahirkan pada 623 SM, Pertapa SiddhartaGotama mencapai Penerangan Agung, dalam usia 31 tahun, pada 588 SM, dan BuddhaGotama wafat, dalam usia 80 tahun, menuju Parinibbana pada 543 SM.Seperti juga umat beragama yang lain, umat Budha juga mengenal berbagai lambangkeagamaan yang digunakan umatnya untuk meningkatkan kualitas kehidupan religiusnya.Salah satu dari simbol-simbol itu adalah Mandala. Sebuah simbol ke-satu-an. Sebuahtanda bagi alam semesta. Sebuah emblem dari semua ciptaan-Nya.Entah dalam arti religius, entah dalam arti personal sebagai sebuah karya seni, mandalamemiliki makna yang universal dan abadi. Mandala adalah perwujudan dari semua titik di jagad raya. Secara umum mandala dapat dikelompokkan menjadi garbha-dhatu (rahimalam semesta) dan vajra-dhatu (mutiara dunia). Kalau dalam garbha-dhatu, manusia bergerak dari ‘tunggal’ ke ‘jamak’ maka dalam varja-dhatu manusia bergerak dari ‘jamak’ke ‘tunggal’.
Mandala (Lihat Gambar-gambar terlampir) bermula dari sebuah titik.Sebuah titik yang menjadi pusat bidang. Dari titik ini memancar garis-garis dan garis-garis membentuk bangun-bangun berdimensi dua,berdimensi tiga. Jadilah alam semesta.Pada hakekatnya mandal berupa serangkaian lingkaran-lingkaran yangberpusat pada titik awal tersebut. Di dalam lingkaran dibuat persegi-persegi yang luasnya disesuaikan dengan lingkaran luarnya. Denganbegitu, persegi-persegi itu juga berpusat pada titik awal yang samadengan titik awal lingkaran. Pada masing-masing sisi dari bangunyang berstruktur persegi memiliki pintu. Jika lingkaran-lingkaran melanbangkan keabadian maka persegi-persegi ini melambangkan kebijaksanaan. Sedangkan keempat pintuini menyimbolkan tentang penyatuan keempat rasa dalam alamkesadaran manusia: kasih, sabar, simpati dan bahagia.Serangkaian persegi-persegi ini dicakup oleh sejumlah lingkaran luar.Bahkan kadang-kadang lingkaran luar itu berupa lingkaran api.Lingakaran luar ini menajdi sarana membersihkan diri, menyucikan dirisebelum memasuki lingkaran dalamnya.
 
Selain lingkaran api, dalam mandala juga terdapat lingkaran halilintar.Lingakaran halilintar melambang semangat spiritualitas yang masihmembara. Itu menjadi bagian dari proses transformasi dalam alamfana ke alam mental menuju Yang Satu..Pada lingkaran sebelah luarnya lagi terdapat delapan crematorium.Kedelapan tempat crematorium itu melambangkan keterkaitankesadaran manusia dengan penomena alam semesta dan lingkaransiklus hidup manusia dari lahir hingga mati.Selain itu, bidang mandala juga dibagi mejadi empat kuadran. Masing-masing kuadran diberi warna yang berbeda: putih, kuning, merah,hijau dan biru. Warna ini terkait dengan lima sifat kurang baik manusia.Bagi semua orang, mandala dapat dijadikan sarana dialog spiritualdengan alam semesta. Mandala dapat membantu seseorangmemfokuskan diri kepada San Kreator, Sang Arsitek alam semesta, Yang Maha Agung.Ini sebagian makna bentuk-bentuk geometris yang terdapat padasebuah mandala. Geometri semacam ini dikenal sebagai ’Sacredgeometry’-geomatri sakral. Kepada umat Budha, disampaikan ucapan’Selamat melaksanakan upacara Waisak 2009’ . Sampai jumpa!

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->