Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
92Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KOMPONEN - KOMPONEN KURIKULUM

KOMPONEN - KOMPONEN KURIKULUM

Ratings: (0)|Views: 9,902 |Likes:
Published by rahmat san
semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu guru
semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu guru

More info:

Published by: rahmat san on Aug 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2013

pdf

text

original

 
KURIKULUM:
 perspektif dan praktek 
John P. Miller & Wayne Seller : Institut Ontario Studi bidangPendidikan
KOMPONEN – KOMPONEN KURIKULUM
Sekarang kita beralih dari orientasi kurikulum ke sebuah penelitian kunci elemen – elemnyang biasanya diasosiasikan dengan pengembangan kurikulum: 1) tujuan – tujuan dansasaran – sasaran, 2) isi, 3) strategi mengajar / pengalaman – pengalamn belajar, 4)Pengorganisasian isi dan strategi strategi mengajar. Kadang – kadang evaluasidimasukan dalam rangkaian komponen ini, tetapi kita perlakukan elemen proseskurikulum ini secara terpisah di Bab 13 dan 14. Titik perhatian dalam bab ini adalahmenguji tujuan – tujuan dan sasaran – sasaran kurikulum, isi, dan strategi mengajar / pengalaman belajar dipandang dari perspektif ketiga posisi kurikulum yang utama; pada bab 9, kita meneliti bagaimana para ahli teori mengintegrasikan komponen – komponenkurikulum dalam berbagai model pengajaran.
TUJUAN – TUJUAN / TARGE – TARGET PENGEMBANGAN / HASIL – HASILTujuan – Tujuan
Tujuan tujuan melengkapi semua arah atau menuntun citra pengembangan kurikulum.Idealnya, pernyataan tujuan – tujuan itu harus merefleksikan posisi yang berkembang baik yang berakar pada konsepsi khusu tentang filosopi, psikologi, dan masyarakat. Duacontoh pernyataan tujuan – tujuan kurikulum (table 8.1 dan 8.2). Pernyataan –  pernyataan yang pertama berasal dari Departemen Pendidikan Florida.
1
B A B
8
 
TABEL 8.1 Departemen Pendidikan FloridaTarget – Target Perkembangan SiswaTarget Area I.
 
 Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Belajar.
Semua siswamendapatkan pembelajaran penguasaan keterampilan dasar yang diperlukan dalammemperoleh dan mengungkapkan gagasan – gagasan dengan kata – kata yang efektif,angka – angka, dan simbol – simbol lainnya, juga mendapatkan pembelajaran ekstensisesuai dengan kapasitas individu, fisik, mental dan emosinya.a.Semua siswa akan menerima pengetahuan membaca, menulis, berbicara,dan aritmetik selama di sekolah dasar, disertai dengan kemajuan bertahapuntuk bidang pelajaran matematika, ilmu alam, seni, bahasa danhumaniora.
b.
Semua siswa akan mengembangkan dan menggunakan keterampilan proses logika mengenai penelitian, analisa, evaluasi, dan pemecahanmasalah, dalam berpikir kritis dan dalam penggunaan simbolisme.c.Semua siswa akan mengembangkan kompetensi dan motivasi untumelanjutkan evaluasi diri dan instruksi diri dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.
Bidang Target II.
 Pendidikan Kewarganegaraan.
Semua siswa akanmemperoleh dan terus mengembangkan kebiasaan – kebiasaan dan sikap – sikap yangdiperlukan sebagai warganegara yang bertanggung jawab.
a.
Semua siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang berbagai sistem politik dengan penekanan pada lembaga – lembaga demokratis, warisanAmerika, konstribusi peranan bidang luar negri dan tanggung jawab sertakeistimewaan sebagai warga Negara.
b.
Semua siswa akan mengembangkan keterampilan – keterampilan yangdiperlukan agar berpartisipasi dalam proses – proses publik dan organisasi – organisasi politik pribadi serta untuk mempengaruhi keputusan – keputusan yang dibuat oleh organisasi – organisasi seperti itu, termasuk kompetensi dalam mempertimbangkan ideologi – ideologi politik dancalon - calon pejabat kantor publik yang bersaing.
2
 
Bidang Target III.
 Bidang Pekerjaan yang diminati.
Semua siswa akanmendapatkan pengetahuandan pemahaman tentang peluang peluang yangterbuka bagi mereka untuk mempersiapkan kehidupan produktif, dan akanmengembangkan keterampilan – keterampilan dan kemampuan – kemampuanyang akan bermanfaat bagi mereka dalam mengambil peluang – peluang kerjaitu - termasuk pula sikap positif dalam bekerja serta pemahaman bahwa semua pekerjaan itu mulia.
a.
Semua siswa akan memperoleh pengetahuan dan mengembangkan sebuah pemahaman tentang struktur ekonomi fundamental dan proses – prosessistem Amerik, sekaligus pemahaman atas peluang peluang sertatuntutan partisipasi individu dan keberhasilan dalam sistem
b.
Semua siswa akan mengembangkan kompetensi – kompetensi pekerjaansesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang akan berguna untuk memasuki sistem ekonomi, dan atau persiapan akademik untumemperoleh keterampilan-keterampilan profesional atau teknik melalui pelatihan sekolah lanjutan.c.Semua siswa akan mengembangkan kompetensi sebagai aplikasi pengetahuan ekonomi menjadi fungsi-fungsi ekonomi yang praktis seperti(perencanaan anggaran infestasi, perhitungan obligasi pajak, pembiayaandan pengelolaan sumber daya manusia, atau kepegawaian).
Bidang Target IV
.
 Kesehatan mental dan fisik 
. semua siswa akan mendapatkankebiasan sehat dan pemahaman tentang perlunya memelihara fisik dan emosi dengan baik.a.Semua siswa akan mengembangkan pemahaman perlunya higienis pribadi,nutrisi yang cukup dan latihan fisik yang penting sehingga pemeliharaankesehatan fisik dan pengetahuan bahanya kecanduan yang akan merusak fisik dan mental. b.Semua siswa mengembangkan kemampuan olah raga dan aktifitas rekreasiyang akan membuat mereka menyukai latihan fisik sepanjang hidupmereka.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->