Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dimensi Organisasi

Dimensi Organisasi

Ratings: (0)|Views: 11,366|Likes:
Published by rahmat san
mari beroganisasi dengan baik
mari beroganisasi dengan baik

More info:

Categories:Types, Research
Published by: rahmat san on Aug 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
BAB 7DIMENSI – DIMENSI ORGANISASI SEKOLAHISI BAB
Mendefinisikan Organisasi dan Perilaku OrganisasiCiri – ciri Utama OrganisasiSekolah sebagai OrganisasiKonteks Kontemporer bagi SekolahImplikasi – Implikasi PraktisJoan Andrews telah menjadi kepala Sekolah Menengah Lincoln selama tiga tahun.Selama masa jabatannya, dia merasa frustasi karena dia tidak berhasil mengajak guru – guru untuk menjadi pembimbing cheerleader sekolah . Setiap saat dia mendapatkan berbagai alasan guru menolak tugas itu. Yang paling membingungkan Joan adalah setiapguru yang baru masuk terlihat antusias menjadi pembimbing cheerleader tetapi setelah beberapa waktu berlalu antusiasmenya menurun. Joan memutuskan melakukaninvestigasi permasalahan tersebut. Dalam waktu singkat, ia sudah menemukan bahwa adakelompok kecil guru yang berpengaruh mempengaruhi guru – guru lain untuk menolak tugas ini. Anggota kelompok ini yakin bahwa pemandu sorak ini termasuk olah raga.Dan oleh karena itu mereka beragumen bahwa kegiatan cheerleader harus diperlakukansama seperti olah raga. Sehingga pembimbing pemandu sorak ini seharusnyamendapatkan posisi sebagai pelatih. Para guru tadi berharap sikap mereka yangmempengaruhi guru – guru lain untuk menolak tugas sebagai pembimbing pemandusorak akan menekan manajemen sekolah mempertimbangkan posisi pembimbing inisebagai pelatih. Masalah yang dialami Joan ini merupakan contoh yang istimewa tentang pengaruh kondisi sekolah terhadap perilaku sekolah.Memahami dan mempengaruhi perilaku adalah unsur – unsur kepemimpinan yang penting. Ketika karyawan memutuskan melakukan sesuatu atau tidak melakukansesuatu, keputusannya itu didapat dari pengaruh pengaruh kolektif. Keyakinan – keyakinan, keinginan – keinginan individu sering terjalin dengan tekanan – tekanansosial dan pertimbangan – pertimbangan politis untuk menentukan rangkaian kegiatan1
 
seseorang. Maka apabila anggota staf pengajar menyatakan tidak bersedia menjadi pembimbing cheerleader maka, kepala sekolah perlu mencari tahu faktor – faktor apayang menyebabkan guru mengampil keputusan demikian.Kesadaran ini memberi peluang kepada kepala sekolah untuk mengembangkan berbagaikemungkinan. Tiga tugas penting kepal sekolah, - memahami perilaku pegawai,identifikasi masalah, dan pengembangan solusi – solusi difasiltitasi oleh pengetahuan pemimpin tentang sekolah dan distrik – distrrik sekolah sebagai organisasi.
Mendefinisikan Organisasi dan Perilaku Organisasi
Ada dua unsur yang berulang – ulang disebutkan di semua definisi organisasi yaitu: sifatsosial dari kesatuan – kesatuan ini dan (2) kenyataan bahwa entitas – entitas ini ada untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu. Berikut dua contoh definisi organisasi:
Organisasi adalah hasil penemuan sosial yang menyelesaikan tujuan – tujuanmelalui usaha kelompok. (Johns, 1988, hal. 9 – 10)Sebuah organisasi bisa didefinisikan sebagai unit sosial yang dirancang secarabebas untuk mencapai beberapa tujuan tertentu (Reitz. 1987. hal 13)
Di dalam bentuk yang paling dasarnya, organisasi bisa dipandang sebagai sistem – sistemstruktur independen yang dikenal sebagai kelompok. Dan di semua organisasi, kelompok  – kelompok ini terdiri dari individu – individu (Berren . 1976)Hall (1991) menggambarkan kebanyakan organisasi yang ada di dalammasyarakat kontemporer:
Organisasi – organisasi berada disekitar kita. Kita lahir didalamnya danbiasanya mati pula di dalamnya. Ruang kehidupan kita diantaranya diisi oleholeh organisasi – organisasi. Tidak ada kesempatan melepaskan diri darinya.Organisasi – organisasi itu tidak bisa dihindari seperti halnya kematian dan pajak.
2
 
Tetapi, walaupun kita menghabiskan seluruh hidup untuk organisasi – organisasi itu,kebanyakan dari kita tidak memahami bagaimana entitas entitas ini membantumembentuk nilai – nilai dan keyakinan – keyakinan kita serta akhirnya membentuk  perilaku kita. Kontak kita dengan organisasi dan kepercayaan kita padanya terbentangluas melebihi dunia kerja kita. Beragam organisasi mulai dari agen – agen pemerintahsampai ke gereja – gereja, hingga ke klub – klub daerah, hingga ke pabrik – pabrik,sebenarnya mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.
 Perilaku Organisasi
adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi sikap – sikap dan perilaku individu dan kelompok yang membentuk organisasi (Johns, 1988).Agar perilaku organisasi terjadi harus ada tiga unsur yaitu: individu – individu, sebuahorganisasi, dan interaksi diantara individu - individu dan organisasi. Hak initerilustrasikan dalam gambar 7 – 1.
Gambar 7 – 1
Komponen – Komponen Perilaku Organisasi 3(1) (3)INDIVIDUINTERAKSIPengalamanKebutuhan(2)ORGANISASITujuan – tujuanSasaran – sasaranIklim

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Abdul Karim Sh liked this
Jamal Ukhen liked this
Nur Azizah Aziz liked this
Romi As liked this
Fatin Azna liked this
cynthia_widagdo liked this
Frisca Dilijana liked this
Pendem Belajar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->