Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
skripsi BAB II

skripsi BAB II

Ratings: (0)|Views: 2,340 |Likes:
Published by JoW Rocks

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: JoW Rocks on Aug 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
BAB IILANDASAN TEORIA.Pembelajaran Kooperati1.Penegrtian Pembebelajaran KooperatiModel pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar oleh siswa dalam kelompo-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
1
Pembelajaran kooperatif adalah salahsatu bentuk pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis.Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dengan sejumlahsiswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuanya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggotakelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untumemahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajadikatakan belum selesai jika salh satu teman dalam kelompok belummenguasai bahan pelajaran.Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :a.Para siswa harus memiliki presepsi bahwa mereka “tenggelam atau berenang bersama” b.Para siswa harus memiliki terhadap siswa atau peserta didik lain dalamkelompoknya, selain tanggung jawab terhadap diri sendiri dalammateri yang dihadapi.
1
Wina Sanjaya,
Strategi Pembelajaran,
Kencana Frenada Media, Jakarta, 2006, hal 239
 
c.Para siswa harus berpandangan bahwa mereka memiliki tujuan yangsama.d.Para siswa berbagi tugas dan tanggung jawab diantara anggotakelompok.e.Para siswa diberikan satu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi kelompok.f.Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperolehketrampilan bekerja sama selama belajar.g.Setiap siswa akan diminta mempertanggung jawabkan secaraindividual materi yang ditanggani dalam kelompok kooperatif.
2
Didalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalamkelompok-kelompok kecil yang saling membantu satu sama lain. Kelasdisusun dalam kelompok yang terdiri dari 4 atau 6 orang siswa, dengankemampuan hiterogen. Maksud kelompok hiterogen adalah terdiri daricampuran kemampuan siswa,jenis kelamin, dan suku.hal ini bermanfaatuntuk melatih siswa menerima perbedaan bekerja dengan teman yang berbeda latar belakangnya.
3
Pada pembelajaran kooperatif diajarkan ketrampilan-ketrampilankhusus agar dapat bekerja sama dengan baik didalam kelompoknya,seperti menjadi pendengar yang baik,siswa diberi lembar kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan.selamakerja kelompok,tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan.
4
2
http/www.damanhuri.or.id/file/yusuffunsbab2.pdf 
3
ibid
4
ibid
 
2.Ciri-ciri Pembelajaran KooperatiBeberapa ciri dari pembelajaran kooperatif adalah; ( a ) setiapanggota memiliki peran, ( b ) terjadi hubungan interaksi langsung diantarasiswa, ( c ) setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas belajarnyadan juga teman-teman sekelompoknya, (d ) guru membantumengembangkan ketrampilan-ketrampilan interpersonal kelompok, (e)guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan.
5
Tiga konsep sentral yang menjadi kerakteristik pembelajarankooperatif sebagaimana dikemukakan oleh Slavin (1995), yaitu penghargaan kelompok, pertanggung jawaban individu dan kesempatanyang sama untuk berhasil.a.Penghargaan kelompok Pembelajaran kooperatif mengunakan tujuan-tujuan kelompok untuk memperoleh penghargaan kelompok. Penghargaan kelompok diperoleh jika kelompok mencapai skor diatas kriteria yang ditentukan.Keberhasilan kelompok didasarkan pada penampilan individu sebagaianggota kelompok dalam menciptakan hubungan antar personal yangsaling mendukung, saling membantu dan saling peduli. b.Pertanggung jawaban individuKeberhasilan kelompok tergantung dari pembelajaran individudari semua anggota kelompok. Pertanggung jawaban tersebut menitik 
5
ibid

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Defan Fivers liked this
Niee Noot liked this
Fahri Feyfai liked this
Nur Kholiq liked this
Auralangit liked this
gresdyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->