Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Ilmu Pengetahuan Lingkungan

Tugas Ilmu Pengetahuan Lingkungan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,628 |Likes:
Published by writingcreation

More info:

Published by: writingcreation on Aug 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2012

pdf

text

original

 
 TUGAS ILMU PENGETAHUANLINGKUNGAN (IPL)EKOSISTEM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKANUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA
Satuan dalam Ekosistem
Antara makhluk hidup satu dengan yang lain akan selalu terjadi interaksi. Ekosistemtersusun ataskomponen-komponen yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.Komponenitu membentuk satuan-satuan organisme kehidupan. Antara individu yang satu dengan lainnya dalamsatu daerahakan membentuk populasi. Selanjutnya, antara populasi yang satu dengan yanglainnya dalam satudaerah akan terjadi interaksi membentuk komunitas. Selanjutnya, komunitas ini jugaakan selalu beriteraksi dengan tempat hidupnya. Misalnya, rumput hidup di tanah, belalang hidupdirerumputan, dan ikanikan hidup di air. Hubungan antara makhluk hidup denganlingkungannyaakan membentuk ekosistem. Kumpulan ekosistem di dunia akan membentuk biosfer.Urutansatuansatuan makhluk hidup dalam ekosistem dari yang kecil sampai yang besar adalahsebagai berikut:
Individu populasi komunitas ekosistem biosfer
1. IndividuIstilah individu berasal dari bahasa Latin individum yang berarti tidak dapat dibagi.Di dalamekologi, individu dapat diartikan sebagai sebutan untuk makhluk tunggal. Beberapa pengertianindividu antara lain:a. Suatu individu selalu menggambarkan sifat tunggal b. Dalam diri yang tunggal terjadi proses hidup sendiric. Proses hidup yang satu dengan lainnya berbeda2. PopulasiPopulasi adalah semua individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Suatuorganismedisebut sejenis bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:a. Menempati daerah atau habitat yang sama b. Mempunyai persamaan bentuk, susunan tubuh, dan aktifitasc. Mampu menghasilkan keturunan yang subur, yaitu yang mampu berkembang biak.Sebagai contoh, pada suatu lahan seluas 200 m² terdapat 500 batang tanaman jagung,100 ekor  belalang, 50 ekor jangkrik, 10 ekor burung, dan 3 batang tanaman turi. Berdasarkandata tersebut
 
maka di dalam lahan atau daerah tersebut terdapat beberapa populasi, yaitu populasi jagung, populasi belalang, populasi jangkrik, populasi burung dan populasi turi.3. KomunitasKomunitas dapat diartikan sebagai seluruh populasi yang menempati daerah yangsama. Di daerahtersebut, antarjenis makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya akan terjadiinteraksi. Kemudianinteraksi itu membentuk suatu kumpulan, di mana di dalamnya setiap individumenemukanlingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Di dalam kumpulan tersebutterdapat suatukerukunan untuk hidup bersama, toleransi kebersamaan, dan hubungan timbal balik yangmenguntungkan dan ada pula yang merugikan.4. EkosistemEkosistem merupakan tatanan secara utuh dari seluruh unsur lingkungan hidup yangsalingmempengaruhi. Ekosistem juga dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik yangkompleksantara organisme dengan lingkungannya. Berdasarkan sejarah terbentuknya,ekosistem dapatdibedakan menjadi tiga, yaitu:a.
 Ekosistem Alami
, yaitu ekosistem yang terbentuk secara alami, tanpa adanya pengaruh ataucampur tangan manusia. Misalnya, ekosistem gurun pasir, ekosistem hutan tropis, danekosistem hutan gugur. Setiap ekosistem mempunyai ciri khas. Ciri itu sangatditentukan olehfaktor suhu, curah hujan, iklim, dan lain-lain. b.
 Ekosistem Buatan
, yaitu ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Misalnya,kolam, waduk,sawah, ladang, dan tanam. Pada umumnya, ekosistem buatan mempunyai komponen biotik sesuai dengan yang diinginkan pembuatnya. Pada ekosistem sawah, komponen biotik yang banyak, yaitu padi dan kacang.c.
 Ekosistem Suksesi
, yaitu ekosistem yang merupakan hasil suksesi lingkungan yangsebelumnyadidahului oleh kerusakan. Pada lingkungan demikian, jenis tumbuhan yang berkembangditentukan oleh jenis organisme yang hidup di sekitarnya.5. Biosfer Biosfer adalah kumpulan dari semua ekosistem yang terdapat di permukaan bumi ini.Ada pula ahliyang menyatakan bahwa biosfer adalah tempat beroperasinya ekosistem. Bagian bumiyang dihuniorganisme hanya beberapa meter di bawah permukaan tanah hingga 9.000 meter diatas permukaan bumi, serta beberapa meter di bawah permukaan laut. Jadi, tidak di seluruh bagian bumi ini terdapat
 
ekosistem sebab hanya daerah yang terdapat kehidupanlah yang dapat disebutekosistem.Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yang beragam. Di bumi ada bermacam-macam ekosistem.
1. Susunan Ekosistem
Dilihat dari susunan dan fungsinya, suatu ekosistem tersusun atas komponen sebagai berikut.
a. Komponen autotrof 
(Auto = sendiri dan
trophikos = m
enyediakan makan).Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiriyang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dankimia. Komponenautotrof berfungsi sebagai produsen, contohnya tumbuh-tumbuhan hijau.
b. Komponen heterotrof (Heteros
= berbeda,
trophikos = makanan)
.Heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagaimakanannyadan bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Yang tergolong heterotrof adalahmanusia,hewan, jamur, dan mikroba.
c. Bahan tak hidup (abiotik)
Bahan tak hidup yaitu komponen fisik dan kimia yang terdiri dari tanah, air, udara,sinar matahari.Bahan tak hidup merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan,ataulingkungan tempat hidup.
d. Pengurai (dekomposer)
Pengurai adalah organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasaldari organismemati (bahan organik kompleks). Organisme pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebutdan melepaskan bahan-bahan yang sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen.Termasuk pengurai ini adalah bakteri dan jamur.
2. Macam-macam Ekosistem
Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi ekosistem darat dan ekosistem perairan. Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air Laut.
a. Ekosistem darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan.Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya), ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa bioma,yaitu sebagai berikut.
1. Bioma gurun
Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatasan dengan padang rumput.

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rangga Hatake liked this
Abinya Fadhil Fathur added this note
let me download
Qhaira As-Syifa added this note
kimdin artis korea
Tito Semarang added this note
marvelous

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->