Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Model-model Komunikasi

Makalah Model-model Komunikasi

Ratings: (0)|Views: 177 |Likes:
Published by Sinta Rizki
model-model komunikasi
model-model komunikasi

More info:

Published by: Sinta Rizki on Dec 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
1.
 
Pengertian Model
Model dapat diartikan sebagai gambaran yang sistematis dan abstrak. Fungsinya untuk menerangkan potensi-potensi tertentu yang berkaitan dengan beragam aspek dari suatu  proses. Model adalah cara untuk menunjukkan sebuah objek yang mengandung kompleksitas proses di dalamnya dan hubungan antara unsur-unsur pendukungnya. Model menurut para ahli : a.
 
Little john : Model dapat diterpkan pada setiap representasi simbolik dari suatu  benda, proses atau ide  b.
 
DeVito : Sebagai gambaran yang didesain untuk mempresentasikan realita, dan merupakan representasi fisik atau verbal dari suatu objek atau proses.
 
c.
 
Bill : Representasi dunia nyata dalam bentuk teoritis dan disederhanakan. Jadi model dibutuhkan untuk menganalisis bagian-bagian dari setiap proses, karena kita harus membuat rumusan dari suatu tindakan/peristiwa menjadi lebih nyata. Model komunikasi menunjukan tentang elemen-elemen utama dari setiap proses dan hubungan antar elemen komunikasi. Model komunikasi dibuat untuk membantu dalam memberi  pengertian tentang komunikasi dan juga untuk menspesifikasi bentuk-bentuk komunikasi yang ada dalam hubungan antar manusia. Fungsi model menurut para ahli : 1.
 
Menurut Gordon Wiseman dan Larry Barker a.
 
Melukiskan proses komunikasi  b.
 
Menunjukan hubungan visual c.
 
Membantu dan menemukan dan memperbaiki kemacetan komunikasi. 2.
 
Menurut Deutsch a.
 
Mengorganisasikan (kemiripan data dan hubungan) yang tadinya tidak teramati.  b.
 
Heuristik (menunjukan fakta-fakta dan metode baru yang tidak diketahui). c.
 
Prediktif, memungkinkan peramalan dari sekedar tipe ya atau tidak hingga yang kuantitatif yang berkenaan dengan kapan dan seberapa banyak. d.
 
Pengukuran, mengukur fenomena yang diprediksi.
 
2.
 
Tipologi Model
1.
 
Model Komunikasi Linear
Model komunikasi linear (one-way communication), dalam model ini komunikator memberikan suatu pengaruh dan komunikan melakukan respon yang diharapakan tanpa mengadakan seleksi dan interprestasi (penafsiran). Komunikasinya bersifat monolog (sendiri). Model komunikasi linear juga disebut model komunikasi satu arah. Model ini menggambarkan proses komunikasi dua orang yang satu arah (one way traffic communication). Karena searah maka yang akttif adalah komunikatornya, sementara komunikan lebih bersifat pasif. Model Linier ini merupakan deskripsi dari Claude Shannon (seorang ilmuwan Bell Laboratories dan profesor di Massachusetts Institute of Technology) dan Warren Weaver (seorang konsultan pada sebuah proyek di Sloan Foundation). Mereka berdua  pandangan satu arah mengenai komunikasi yang berasumsi bahwa pesan dikirimkan oleh suatu sumber melalui penerima melalui saluran. Sumber dari tersebut bisa  berupa asal ataupun pengirim pesan. Sedangkan pesan yang dikirim dapat berupa kata-kata, suara, tindakan, atau gerak-gerik dalam sebuah interaksi. Komunikasi model linier ini juga melibatkan gangguan (noise) yang merupakan hal yang tidak dimaksudkan oleh sumber informasi. Ada 4 jenis gangguan pada model komunikasi linear ini, yaitu: a.
 
Gangguan semantic  b.
 
Gangguan fisik (eksternal), c.
 
Gangguan psikologis, d.
 
Gangguan fisiologis. Pembicara ( Sumber ) Pendengar (Penerima)
 
Model-model komunikasi Linear menurut para ahli
 
Model Aristoteles Model ini adalah model komunikasi yang paling dulu, yang sering juga disebut model retoris. Model ini sering disebut sebagai seni berpidato. Menurut Aristoteles, persuasi dapat dicapai oleh siapa anda, pendapat anda, dengan kata lain, factor-faktor yang memainkan peran dalam menentukan efek persuatif suatu pidato, susunanya, dan cara  penyampaiannya. -
 
Model komunikasi retorika -
 
Komunikasi merupakan orator atau pembicara membangun pendapat yang akan disajikan dalam pidato untung pendengar dan penonton. Kelebihan :
• Mengemukakan tiga
unsure komunikasi (pembicara, pesan,pendengar)
• Mengembangkan komunikasi
 retoris (retorika)
• Menjadi awal perkembangan
 ilmu komunikasi Keterbatasan :
• Komunikasi dianggap fenomena
 statis
• Tidak membahas aspek 
 nonverbal dalam persuasi Contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika seorang gubernur berpidato tentang bahaya korupsi di universitas.
 
Model Laswell Model yang digambarkan dalam pernyataan : WHO SAYS WHAT IN WHICH CHANNEL TO WHOM and WITH WHAT EFFECT
Pembicara Pendapat Pidato Pendengar WHO (Pembicara) WHAT (Pesan) Channel
WHOM (Pendengar)
EFFECT

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->