Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
252Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengenalan komponen elektronika

Pengenalan komponen elektronika

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 22,018 |Likes:
Published by rochmat
Pengenalan Komponen Elektronika
Pengenalan Komponen Elektronika

More info:

Published by: rochmat on Aug 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

 
PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA
A. Tujuan
Adapun tujuan dari mengetahui komponen-komponen elektronika adalah agar kita dapatmembedakan jenis-jenis, bentuk dan kegunaan dari setiap komponen-komponen elektronika.Komponen elektronika mempunyai bentuk atau simbol-simbol tersendiri serta komponen elektronikaterbagi menjadi 2 jenis yaitu komponen aktif dan komponen pasif.
B. Komponen aktif 
Komponen aktif ialah merupakan penggerak dari semua rangkaian, komponen aktif bekerja sangatmemerlukan arus.Adapun contoh dari komponen aktif ini adalah :1.Transistor2.FET (Field Effect Transistor)3.UJT (Uni Junction Transistor)4.IC (Integrated Circuit) dllKomponen-komponen di atas bekerja tergantung pada arus yang masuk, tergantung pada jeniskomponen dan kekuatan dari komponen.
C. Komponen Pasif 
Komponen pasif adalah komponen yang bekerjanya tidak memerlukan arus. Komponen pasif bahkandapat memperkecil arus yang masuk, adapun contoh dari komponen ini adalah :1.Resistor2.Potensiometer
3.
 Trafo Input (In)4.Trafo Output (Out)
5.
Kondensor / Kapasitor6.Trafo Senvor Spoel7.Timer, dllKomponen-komponen ini sangat besar pengaruhnya pada komponen elektronika.
D.SEMIKONDUKTOPengertian Umum
Disebut
semi 
atau
setengah
konduktor, karena bahan ini memang bukan konduktor murni. Bahan -bahan logam seperti tembaga, besi, timah disebut sebagai konduktor yang baik sebab logam memilikisusunan atom yang sedemikian rupa, sehingga elektronnya dapat bergerak bebas.Sebuah atom tembaga (Cu) memiliki inti 29 ion positif (+) dikelilingi oleh 29 elektron (-). Sebanyak28 elektron menempati orbit-orbit bagian dalam membentuk inti yang disebut nucleus. Dibutuhkanenergi yang sangat besar untuk dapat melepaskan ikatan elektron-elektron ini. Satu buah elektron lagiyaitu elektron yang ke-29, berada pada orbit paling luar.Orbit terluar ini disebut pita valensi dan elektron yang berada pada pita ini dinamakan elektronvalensi. Karena hanya ada satu elektron dan jaraknya 'jauh' dari nucleus, ikatannya tidaklah terlalu kuat.Hanya dengan energi yang sedikit saja elektron terluar ini mudah terlepas dari ikatannya.
ikatan atom tembaga
1
 
Isolator
adalah atom yang memiliki elektron valensi sebanyak 8 buah, dan dibutuhkan energi yangbesar untuk dapat melepaskan elektron-elektron ini. Dapat ditebak, semikonduktor adalah unsur yangsusunan atomnya memiliki elektron valensi lebih dari 1 dan kurang dari 8. Tentu saja yang paling"semikonduktor" adalah unsur yang atomnya memiliki 4 elektron valensi.
Susunan Atom Semikonduktor
Bahan semikonduktor yang banyak dikenal contohnya adalah Silicon (Si), Germanium (Ge) danGalium Arsenida (GaAs). Germanium dahulu adalah bahan satu-satunya yang dikenal untuk membuatkomponen semikonduktor. Namun belakangan, silikon menjadi popular setelah ditemukan caramengekstrak bahan ini dari alam. Silikon merupakan bahan terbanyak ke dua yang ada dibumi setelahoksigen (O2).
Struktur dua dimensi kristal SilikonDOPING
Pemberian doping dimaksudkan untuk mendapatkan elektron valensi bebas dalam jumlah lebihbanyak dan permanen, yang diharapkan akan dapat mengahantarkan listrik
Tipe-N
Bahan silikon diberi doping phosphorus atau arsenic yang pentavalen yaitu bahan kristal dengan intiatom memiliki 5 elektron valensi. Dengan doping, Silikon yang tidak lagi murni ini (impuritysemiconductor) akan memiliki kelebihan elektron. Kelebihan elektron membentuk semikonduktor tipe-n.Semikonduktor tipe-n disebut juga donor yang siap melepaskan elektron.
Tipe-P
Kalau silikon diberi doping Boron, Gallium atau Indium, maka akan didapat semikonduktor tipe-p.Untuk mendapatkan silikon tipe-p, bahan dopingnya adalah bahan trivalen yaitu unsur dengan ion yangmemiliki 3 elektron pada pita valensi. Karena ion silikon memiliki 4 elektron, dengan demikian ada ikatankovalen yang bolong (hole). Hole ini digambarkan sebagai akseptor yang siap menerima elektron. Dengandemikian, kekurangan elektron menyebabkan semikonduktor ini menjadi tipe-p.
2
doping atom trivalendoping atom pentavalen
 
doping atom trivalen
 
DIODA
 
1. Teori Dasar
Dioda ialah jenis VACUUM tube yang memiliki dua buah elektroda. Dioda tabung pertama kalidiciptakan oleh seorang ilmuwan dari Inggris yang bernama Sir J.A. Fleming (1849-1945) pada tahun1904.
Gambar 3.1 Struktur Dioda
Struktur dan skema dari dioda dapat dilihat pada gambar di atas.Pada dioda, plate diletakkan dalam posisi mengelilingi katoda sedangkan heater disisipkan di dalamkatoda. Elektron pada katoda yang dipanaskan oleh heater akan bergerak dari katoda menuju plate.Untuk dapat memahami bagaimana cara kerja dioda kita dapat meninjau 3 situasi sebagai berikut iniyaitu :
Dioda diberi tegangan nol
Dioda diberi tegangan negative
Dioda diberi tegangan positive
Dioda Diberi Tegangan Nol
Gambar 3.2. Dioda Diberi Tegangan NolKetika dioda diberi tegangan nol maka tidak ada medan listrik yang menarik elektron dari katoda.Elektron yang mengalami pemanasan pada katoda hanya mampu melompat sampai pada posisi yang tidak
3

Activity (252)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
zulvaandrian liked this
Mas Linda liked this
Aditya Rahmat liked this
Rizka liked this
Rizka liked this
Rizka liked this
Dion Adi Putra liked this
Dion Adi Putra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->