Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
79Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Evolusi Teori Manajemen

Evolusi Teori Manajemen

Ratings: (0)|Views: 7,295 |Likes:
Published by iwanaradea

More info:

Published by: iwanaradea on Aug 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

 
 
EVOLUSI TEORI MANAJEMENEVOLUSI TEORI MANAJEMEN
 
 
Teori Manajeman Klasik Teori Manajeman Klasik 
Prinsip Teori Manajemen Aliran Klasik Prinsip Teori Manajemen Aliran Klasik 
Awal sekali ilmu manajemen timbul akibat terjadinyaAwal sekali ilmu manajemen timbul akibat terjadinyarevolusi industri di Inggris pada abad 18.revolusi industri di Inggris pada abad 18.
Para pemikir tersebut rnemberikan perhatian terhadapPara pemikir tersebut rnemberikan perhatian terhadapmasalah-masalah manajemen yang timbul baik itu dimasalah-masalah manajemen yang timbul baik itu dikalangan usahawan, industri maupun masyarakat.kalangan usahawan, industri maupun masyarakat.Para pemikir itu yang terkenaI antara lain,Para pemikir itu yang terkenaI antara lain,
RobertRobertOwen, Henry Fayol, Frederick W. TaylorOwen, Henry Fayol, Frederick W. Taylor
dandanlainnya.lainnya.
 
 
 Robert Owen (1771 -1858) Robert Owen (1771 -1858)
Robert Owen adalah orang yang menentang praktek-praktek Robert Owen adalah orang yang menentang praktek-praktek memperkerjakan anak-anak usia 5 atau 6 tahun dan standar kerja 13 jammemperkerjakan anak-anak usia 5 atau 6 tahun dan standar kerja 13 jam per hari. Tersentuh dengan kondisi kerja yang amat menyedihkan itu, per hari. Tersentuh dengan kondisi kerja yang amat menyedihkan itu, beliau mengajukan adanya perbaikan terhadap kondisi kerja ini. beliau mengajukan adanya perbaikan terhadap kondisi kerja ini.
Pada tahun-tahun awal revolusi industri, ketika para pekerja dianggapPada tahun-tahun awal revolusi industri, ketika para pekerja dianggapinstrumen yang tidak berdaya, Owen melihat rneningkatkan kondisi kerjainstrumen yang tidak berdaya, Owen melihat rneningkatkan kondisi kerjadi pabrik, rnenaikkan usia minimum kerja bagi anak-anak, mengurangi jamdi pabrik, rnenaikkan usia minimum kerja bagi anak-anak, mengurangi jamkerja karyawan, menyediakan makanan bagi karyawan pabrik, mendirikankerja karyawan, menyediakan makanan bagi karyawan pabrik, mendirikantoko-toko untuk menjual keperluan hidup karyawan dengan harga yangtoko-toko untuk menjual keperluan hidup karyawan dengan harga yanglayak, dan berusaha memperbaiki lingkungan hidup tempat karyawanlayak, dan berusaha memperbaiki lingkungan hidup tempat karyawantinggal, dengan membangun rumah-rumah dan membuat jalan, sehinggatinggal, dengan membangun rumah-rumah dan membuat jalan, sehinggalingkungan hidup dan pabrik rnenjadi menarik.lingkungan hidup dan pabrik rnenjadi menarik.Sebab itu, beliau disebutSebab itu, beliau disebut"Bapak Personal Manajemen Modern"."Bapak Personal Manajemen Modern".
Selain itu, Owen lebih banyak memperhatikan pekerja, karenaSelain itu, Owen lebih banyak memperhatikan pekerja, karenamenurutnya, investasi yang penting bagi manajer adalah sumber dayamenurutnya, investasi yang penting bagi manajer adalah sumber dayamanusia. Selain mengenai perbaikan kondisi kerja, beliau juga rnembuatmanusia. Selain mengenai perbaikan kondisi kerja, beliau juga rnembuat prosedur untuk meningkatkan produktivitas, seperti prosedur penilaian prosedur untuk meningkatkan produktivitas, seperti prosedur penilaiankerja dan bersaing juga secara terbuka.kerja dan bersaing juga secara terbuka.

Activity (79)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Asep Suherman liked this
Nurhayati Kadir liked this
'Ming' Asno liked this
-dhyndaa Bersemii Lagii- added this note
thanks :)
Ima Meti liked this
Brian Marzoocchi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->