Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
59Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rencana Kerja Dan Syarat2

Rencana Kerja Dan Syarat2

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 4,504 |Likes:
Published by hsconcept

More info:

Published by: hsconcept on Aug 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS)Pekerjaan Landscape Apartemen Hampton’s Park
BAGIAN I. PEKERJAAN HARDSCAPE
I.1. PEKERJAAN PASANGAN DINDING
1.1.1. Lingkup PekerjaanPekerjaan dinding bata meliputi dinding pagar tembok, dinding ruang ganti, paviliun sertabangunan taman lainnya serta seluruh detail yang disebutkan/ditunjukkan dalam gambar.1.1.2.Persyaratan Bahan
a.
Batu bata merah yang digunakan adalah batu bata merah pres mesin atau yang sejenisnyadengan ukuran 210 x 100 X 55 mm, sama ukuran dan saling tegak lurus, sama warna dengantidak diperkenankan memasang bata yang patah lebih dari dua, serta harus memenuhiketentuan dalam NI-3, PUBI-1982 dan disetujui Manajer Konstruksi. Penggunaan bata ringandengan ukuran ½, atau ¾ dari ukuran normal, pemotongannya harus menggunakan alatpemotong yang baik.
b.
Bahan untuk spesi / Thin Bed menggunakan adukan khusus dengan sistem dry mortar exCipta Mortar type MU-380 atau setara dengan ketebalan siar 10 mm atau sesuai yangdisyaratkan pihak pabrik PT. Cipta Mortar Utama.c.Air yang digunakan harus bersih dan tidak mengandung minyak, asam alkali dan bahan-bahanorganis lainnya, serta memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam NI-3 pasal 10. Apabiladipandang perlu, Manajer Konstruksi dapat minta kepada Kontraktor, supaya air yang dipakaiuntuk keperluan ini diperiksa di laboratorium pemeriksaan bahan yang resmi dan sah, atasbiaya Kontraktor.1.1.3. Syarat-Syarat Pelaksanaana.Semua bata yang akan dipakai harus direndam atau disiram dengan air.
b.
Pelaksanaan pasangan harus rapi dan benar-benar tegak lurus terhadap lantai sertamerupakan bidang rata. Pemasangan bata harus diselang-seling agar dinding tidak mudahretak. Batu bata harus dipasang baik, rata horizontal, sambungannya sama rata, sudutnyasiku, naad tegak tidak segaris (silang), permukaan baik dan rata. Apabila hasil pasangantidak menunjukkan hasil seperti di atas, maka bagian tersebut harus dibongkar/diperbaiki.
c.
Tinggi pemasangan max. 1 m, jika sudah mengeras baru dilanjutkan pemasangan kembali,alat bantu berupa unting-unting harus tersedia di lapangan di pasangan pada konstruksikayu. Pemasangan dilakukan secara bertahap, tiap tahapan tidak boleh melebihi ketinggian1 meter serta diikuti pengecoran kolom praktis, kecuali bila ada persetujuan pengawas.Pemasangan dilakukan sampai ½ dari ketinggian total untuk disetujui terlebih dahulu olehpengawas, baru dilanjutkan sampai selesai. Pemasangan bata sebagai batas antar bangunan
RKS Pekerjaan Landscape1Apartemen Hampton’s Park
 
harus 2 lapis dan celah di antara kedua lapis tersebut diisi dengan adukan trasraam (1 pc : 2pasir ).d.Khusus untuk pertemuan dengan beton guna menghindarkan keretakan setelah diaci, makadipasang kain kasa yang biasa dipasang pada pemasangan papan gipsum. Pada kolom harusdiberi stek besi dia. 8mm tiap jarak 100 cm tertanam ±30 cm ke dalam pasangan bataringan. Sebelum diplester / diaci, permukaan dinding harus bebas dari kotoran dan debu.
e.
Bidang dinding yang luasnya maksimal 12 harus ditambahkan kolom praktis dengankolom ukuran 13 x 13 cm, dengan tulangan pokok 4 diameter 8 mm, beugel diameter 6 mmjarak 20 cm, jarak antara kolom praktis maksimum 3 meter.
f.
Pasangan batu bata harus dilaksanakan dengan toleransi deviasi bidang pada arah diagonaldinding seluas 9 m² tidak lebih dari 0,2 cm (sebelum diaci). Toleransi terhadap as dindingadalah kurang lebih 0.2 cm (sebelum diaci).g.Perlubangan akibat pembuatan perancah pada pasang bata ringan sama sekali tidakdiperkenankan.
h.
Bahan harus diletakan di tempat yang kering, berventilasi baik, terlindungi, bersih. Tempatpenyimpanan bahan harus cukup untuk proyek ini, dan dilindungi sesuai dengan persyaratanpabrik. Sebelum dikerjakan, semua bahan yang akan digunakan harus mendapatkanpersetujuan Manajer Konstruksi, lengkap dengan ketentuan/persyaratan pabrik yangbersangkutan. Material yang tidak disetujui harus diganti dengan material yang mutunyasesuai dengan yang disyaratkan tanpa biaya tambahan.i.Sebelum memulai pekerjaan, Kontraktor diharuskan memeriksa site yang telah disiapkanapabila sudah sesuai dengan syarat-syarat barulah pekerjaan ini dapat dimulai.
I.2. PEKERJAAN PLESTER DAN ACIAN DINDING BATA
1.2.1.Lingkup PekerjaanLingkup pekerjaan ini meliputi seluruh pasangan dinding bagian dalam maupun luar yang tidakdifinish keramik/batu alam, serta seluruh detail yang ditunjukkan dalam gambar.1.2.2.Persyaratan Bahana.Bahan acian yang digunakan adalah ex Cipta Mortar tipe MU-301 atau setara denganketebalan plesteran minimal 15 mm dan ketebalan acian minimal 2,5 mm memakai tipe MU-200 atau sesuai yang disyaratkan pihak pabrik.b.Air yang digunakan harus bersih dan tidak mengandung minyak, asam alkali dan bahan-bahanorganis lainnya, serta memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam NI-3 pasal 10. Apabiladipandang perlu, Manajer Konstruksi dapat minta kepada Kontraktor, supaya air yang dipakaiuntuk keperluan ini diperiksa di laboratorium pemeriksaan bahan yang resmi dan sah atasbiaya Kontraktor.
RKS Pekerjaan Landscape2Apartemen Hampton’s Park
 
1.2.3.Syarat – Syarat Pelaksanaana.Pihak Kontraktor harus mensyaratkan pengawas mutu dari PT. Cipta Mortar untuk hadir padasaat pelaksanaan untuk memberikan bimbingan maupun pengarahan.b.Pada permukaan dinding yang akan diplester, siar-siar sebelumnya harus disiram air dandibersihkan untuk memberikan pegangan pada plesteran.c.Kepalaan Plesteran harus dibuat dengan bidang kesikuan dinding ± 7 cm, kemudian di lot,pembuatan kepalaan dari samping kiri ke kanan dengan jarak minimum ±1,5 m untuk setiapdindingnya .d.Plesteran harus dimulai dari bawah keatas dan dilakukan dengan jidar alumunium.e.Acian dilakukan pada saat plesteran sudah kering.f.Bahan-bahan yang dikirim ke site harus dalam keadaan tertutup atau dalam kantong yangmasih disegel dan berlabel pabriknya, bertuliskan type dan tingkatannya, dalam keadaanutuh dan tidak cacat.
g.
Bahan harus diletakan di tempat yang kering berventilasi baik, terlindung, bersih. Tempatpenyimpanan bahan harus cukup untuk proyek ini, dan dilindungi sesuai dengan jenisnya,sesuai persyaratan pabrik.
h.
Sebelum memulai pekerjaan, Kontraktor diharuskan memeriksa site yang telah disiapkanapakah sudah sesuai dengan syarat-syarat baru pekerjaan ini dapat dimulai. Kontraktortidak dapat dibenarkan untuk memulai pekerjaan di suatu tempat bila adakelainan/perbedaan di tempat itu sebelum kelainan tersebut diselesaikan. Bila ada kelainanharus dalam hal apapun antar gambar, spesifikasi dan lainnya, Kontraktor harus segeramelapor kepada Manajer Konstruksi.i.Pekerjaan acian dapat dilaksanakan apabila pekerjaan bidang yang akan diaci telah disetujuioleh Manajer Konstruksi. Tebal acian minimal 2,5 mm atau sesuai yang ditunjukan dalamdetail gambar. Pekerjaan acian harus rapi menurut bentuk dan ukuran di dalam gambar.Pekerjaan harus lurus, datar tidak bergelombang, tajam pada bagian sudut-sudut, tidakkropos dan tidak retak-retak.j.Kelembaban acian harus dijaga sehingga pengeringan berlangsung wajar tidak terlalu tiba-tiba, dengan membasahi permukaan acian setiap kali terlihat kering dan melindungi dariterik panas matahari langsung dengan bahan penutup yang bisa mencegah penguapan airsecara cepat.k.Pekerjaan acian harus dirawat dengan cara disiram air, lebih khusus lagi pada daerah yangterkena sinar matahari sehingga proses hidrasi semen benar-benar telah bekerja sempurna.Hal ini untuk mengurangi retak-retak rambut pada permukaan.
l.
Kontraktor wajib memperbaiki/mengulang/mengganti bila ada kerusakan yang terjadiselama masa pelaksanaan dan masa pemeliharaan, atas biaya Kontraktor selama kerusakanbukan disebabkan oleh tindakan Manajer Konstruksi.
I.3. PEKERJAAN WATERPROOFING
RKS Pekerjaan Landscape3Apartemen Hampton’s Park

Activity (59)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rindu Silaban liked this
rafie02 liked this
Ran Kudo Arsitek liked this
Kaka Tryzna added this note
ta copy juga ya...
Darman Tayo added this note
ta copy ya...
Ami Jaladara liked this
joeljuno liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->