Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
170Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran

Ratings: (0)|Views: 41,504|Likes:

More info:

Published by: cetakprint.wordpress.com/ on Aug 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Peran Komunikasi Pemasaran
Definisi Komunikasi Pemasaran : Sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen – langsung atau tidak langsung – tentang produk dan merek yang meraka jual.
Fungsi Komunikasi Pemasaran
Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan oleh orang seperti apa, dan dimana serta kapan.
Konsumen dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merek.
Dan konsumen dapat diberikan satu insentif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan.
Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek 
Bauran Pemasaran terdiri atas 6 cara komunikasi utama, yaitu :
Iklan : setiap bentuk persentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosigagasan,barang,atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan
Promosi Penjualan : Berbagai jenis insentif jangka pendek untuk mendorongorang mencoba atau membeli produk atau jasa.
Acara khusus dan Pengalaman : perusahaan mensponsori kegiatan dan program- program yang dirancang untuk menciptakan interakti setiap hari atau interaksiyang berkaitan dengan merek.
Hubungan Masyarakat dan Pemberitaan : Berbagai program yang dirancanguntuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
Pemasaran Langsung : Penggunaan surat,telepon, faximili, email,atau internetuntuk berkomunikasi langsung atau meminta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Penjualan Pribadi : Interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembelidengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, danmemperoleh pemesanan.Ekuitas merek (David A. Aaker - 2000) : Serangkaian asset dan kewajiban merek yangterkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya yang menambah atau menguranginilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan/atau pelanggan perusahaan tersebut.Contoh ekuitas merek yang kuat : McDonald’s
 
Memadukan Komunikasi Pemasaran untuk Membangun EkuitasMerek
IklanPromosiPenjualanAcara khususdan PengalamanHumas danPemberitaanPenjualanPribadiPengenalanMerekPemasaranLangsungAsosiasiMerekLoyalitasMerekProgramKomunikasiPemasaranEkuitasMerek
1.Brand awareness (Kesadaran merek)Definisi kesadaran merek menurut Aaker (1991:17) adalah kesangupan seseorangcalon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
2.Gambaran merek :3.Tanggapan Merek :4. Hubungan Merek :
Berbagai definisi tentang merek menekankan adanyahubungan antara suatu konsumen dengan merek (consumer-to-brand relationship) dimana merek pada kenyataannya lebih dari sekadar logo, nama atau pengepakan(packaging).
Model Proses Komunikasi
Pemasar harus memahami unsur – unsur fundamental dari komunkasi yang efektif. Adadua model yang bermanfaat, yaitu :
Model makro dari proses komunikasi
Perhatian yang selektif : Dengan memberikan pesan iklan, yang menjelaskanmengapa para pengiklan kadang-kadang berbuat apa saja untuk menarik audiensmelalui ketakutan, musik, daya tarik sex sual, atu berita utama yang tebal yangmenjanjikan sesuatu.
Penyimpangan selektif : Penerima akan mendengarkan apa yang sesuai dengansystem keyakinannya akibatnya penerima sering menambahkan sesuatu yangtidak ada pada pesan tersebut.
Ikatan Selektif : Orang-orang hanya akan menyimpan lama dalam ingatannyasebagian kecil pesan yang sampai kepada mereka apabila menerima.
 
Unsur – unsur dalam ProsesKomunikasi
PengirimPenggunaanKodemediaPenafsiranKodePenerimaKegaduhanTanggapanUmpanbalik
Tanggapan Konsumen Model Mikro
Kesadaran : Jika kebanyakan audiens sasaran tidak sadar akan objek, tugas komunikator adalah membangun kesadaran.Contohnya : Sebuah Partai politik A ingin mencari pendukung dari desa – desa pelosok diIndonesia, tetapi iorang dipelosok tersebut tidak mengetahui partai politik A. Andaikan ada35000 warga disana yang berpotensi untuk tertarik pada partai politik A,partai politik tersebut mungkin menetapkan 69% dari warga tersebut kenal dengan partai politik A dalam1 tahun.
Pengetahuan : Audiens sasaran mungkin memiliki kesadaran merek, tetapi tidak mengetahui lebih banyak.Contohnya : Partai A mungkin ingin audiens sasarannya mengetahui bahwa Partai Amerupakan sebuah partai politik yang mempunyai program yang unggul dalam halmensejahterakan masyarakat, mempunyai pemimpin yang intelektual dan berpendidikantinggi, dan Menjunjung tinggi hak – hak masyarakat. Ia perlu belajar bagaimana banyak orang dalam audiens sasaran sedikit, cukup, atau banyak mengenal partai A. apabila pengenalan itu lemah, partai A bisa memutuskan untuk memilih pengenalan merek sebagaitujuan komunikasi.
Kesukaan : Jika anggota sasaran mengenal merek, bagaimana mereka merasakannya?Contohnya : jika audiens tidak senang atau duka dengan partai A, komunikator harusmencari tahu mengapa. Jika pandangan yang tidak menyenangkan itu didasarkan padamasalah real, partai A harus membereskan masalahnya dan kemudian mengkomunikasikanmutu pembaharuannya.
Kelebihsukaan atau preferensi : Audiens sasaran mungkin menyukai partai tetapi tidak lebih menyukainya dibanding partai lain. Dalam hal ini, komunikasi harus cobamenimbulkan kesukaan masyarakat dengan membandingkan mutu, nilai, kinerja, dan fitur lain dengan pesaing yang mirip.

Activity (170)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
You Lee Use liked this
Cda Shida liked this
Rivani Dahlia liked this
Rivani Dahlia liked this
Rizki Amalia liked this
Falah Safira liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->