Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum Silabus S1 Kimia

Kurikulum Silabus S1 Kimia

Ratings: (0)|Views: 2,482 |Likes:
Published by arsiparis_mipa

More info:

Published by: arsiparis_mipa on Aug 26, 2009
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
 
Kurikulum
Kurikulum program Sarjana Sains dalam ilmu kimia, Jurusan Kimia FMIPA UGM disusun berdasarkan Visi, Misi, Kompetensi Lulusan dan Spesifikasi Program Studi Kimia denganmemperhatikan kedudukan ilmu kimia sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam yang lebih luas.Kurikulum ini juga mempertimbangkan dan keterkaitan antar cabang dalam ilmu kimia, meliputi: kimiafisika, kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik dan biokimia, yang disajikan baik dalam matakuliahwajib maupun dalam mata kuilah pilihan.Secara vertikal, matakuliah kimia fisik dan kimia analitik diberikan bagian awal agar dapatmendasari matakuliah kimia organik dan kimia anorganik yang membutuhkan pendekatan dari kedua bidang itu. Penguatan bidang kimia fisik dan kimia analitik diharapkan akan memperkokoh pilar  pemahaman ilmu kimia sebagai modal untuk memasuki bidang-bidang ilmu kimia terapan. Bidang ilmuterapan yang dikembangkan di Jurusan Kimia tercermin dalam kelompok bidang matakuliah pilihan yangdikelola oleh kelompok penelitian yang bersangkutan. Dengan pola ini, lulusan program studi Kimiadiharapkan dapat menggunakan pemahaman ilmu kimia untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dari berbagai bidang ilmu yang terkait.
 Beban Studi 
Untuk memperoleh derajat Sarjana Sains dalam ilmu kimia, seorang mahasiswa harusmenyelesaikan paling sedikit 144 sks mata kuliah/praktikum, yang terdiri atas:1.
 
mata kuliah wajib, sebanyak 115 sks (79,9%), termasuk tugas akhir, dengan komposisi:
 
Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) = 6 sks (4,2%).
 
Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) = 84 sks (58,3%).
 
Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) = 16 sks (11,1%).
 
Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) = 6 sks (4,2%).
 
Matakuliah Berperikehidupan Bermasyarakat (MBB) = 3 sks (2,1%).2.
 
mata kuliah pilihan, minimal 29 sks (20,1%) dengan perimbangan:
 
Matakuliah pilihan umum, maksimal 20 sks
 
Matakuliah pilihan minat, 10 – 20 sks
 
Matakuliah pilihan transfer antar fakultas, maksimal 10 sks.Mahasiswa sebaiknya memfokuskan pengambilan matakuliah pilihan minat dalam satu bidangtertentu sesuai dengan topik penelitian yang akan diambil untuk tugas akhirnya. Matakuliah pilihan minatdi luar fokus minatnya, bisa diambil sebagai matakuliah pilihan umum. Pengambilan matakuliah pilihantransfer antar fakultas mengikuti aturan yang berlaku di Fakultas/Universitas.
 Praktikum
Praktikum Kimia Dasar, Praktikum Kimia I, II, III dan Tugas Mandiri sebagai sebuah rangkaiankerja laboratorium untuk memantapkan ketrampilan mahasiswa. Penjenjangan disiapkan dengan carasemakin ke atas semakin memperbesar bagian kemandirian kerja perorangan mahasiswa, agar mahasiswasiap untuk melakukan penelitian mandiri dalam bentuk penelitian tugas akhir. Dengan demikian, pelaksanaan tugas akhir diharapkan akan menjadi lebih lancar.
Tugas Akhir 
Tugas akhir terdiri atas Penelitian Tugas Akhir (5 sks), yang hanya diambil 1 kali dalam KRS danSeminar Tugas Akhir (MKS-4701, 1 sks), yang harus diambil dalam KRS terus sampai dengan ujiantugas akhir. Syarat untuk mengambil Tugas Akhir adalah telah menempuh 120 sks. Tugas Akhir harusditempuh melalui pola skripsi, meliputi penyusunan proposal dan penelitian eksperimental laboratorium,serta penulisan skripsi sebagai laporan hasil penelitian, di bawah bimbingan 1 atau 2 orang dosen
 
 
 pembimbing skripsi.Seminar Tugas Akhir meliputi seminar proposal, seminar kemajuan hasil penelitian dan seminar  pra-ujian skripsi. Seminar ini diselenggarakan kelompok minat riset tempat penelitian mahasiswa yang bersangkutan. Penilaian Seminar Tugas Akhir dilakukan oleh staf kelompok minat riset tersebut.Ujian skripsi dilaksanakan secara terbuka dan serentak, hanya 1 kali untuk setiap periode wisuda.Jadwal yang berkaitan dengan ujian skripsi diatur lebih lanjut oleh Jurusan Kimia dan diumumkan padasetiap awal tahun ajaran baru.
 Praktek Kerja Lapangan (PKL)
PKL sebagai matakuliah pilihan bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja di perusahaan, industri dan lembaga penelitian, menjalin kerjasama dengan industri dan lembaga penelitian,dan meningkatkan penyerapan alumni kimia di sektor industri dan lembaga penelitian. PKL boleh diambiloleh mahasiswa yang telah menempuh lebih dari 100 SKS dengan IPK > 2,00 dan tidak ada nilai E.Pelaksanaan PKL minimal setara dengan 1-2 bulan kegiatan atau 16 x 5 jam x 2 SKS = 160 jam. Prosedur  pelaksanaan PKL, pelaporan dan evaluasi akhir diatur lebih lanjut dengan Keputusan Ketua Jurusan.
 Kuliah Kerja yata
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah mata kuliah wajib yang hanya boleh diambil oleh mahasiswayang telah menyelesaikan minimal 110 sks ? dengan IP 2,00. Bersamaan dengan KKN, mahasiswadiijinkan mengambil satu mata kuliah.
 Pelatihan Manajemen Laboratorium dan Penelitian
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan satu topik yang tidak hanya dipelajari tetapi jugaharus dipraktekkan oleh setiap mahasiswa yang bekerja di laboratorium. Jurusan menyelenggarakan dua jenis pelatihan Manajemen Laboratorium. Manajemen Laboratorium Tipe A ditujukan kepada seluruhmahasiswa yang akan mulai melakukan praktikum. Untuk itu diberikan pelatihan ManajemenLaboratorium A bagi semua mahasiswa baru sebagai bekal pengetahuan untuk melakukan praktikum dilaboratorium di lingkungan UGM. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Jurusan KimiaFMIPA.Manajemen Laboratorium Tipe B diperuntukan kepada mahasiswa yang akan melakukan TugasAkhir dan sebagai syarat untuk mendaftar Tugas Akhir. Untuk itu pelatihan Manajemen LaboratoriumTipe B diberikan kepada mahasiswa yang akan mengambil Tugas Akhir/Skripsi. Pelatihan ini diharapkandapat memberikan bekal bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam rangka penyelesaian skripsi.Lama waktu penyelesaian tugas akhir/skripsi masih menjadi faktor penentu bagi penurunan lama waktustudi mahasiswa.
 Success Skill (SS)
Program Pelatihan Success Skill diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan orientasi mahasiswa baru. Penyelenggaraan SS bertujuan agar lulusan UGM tidak hanya mampu lulus dengan predikat baik dan cepat tetapi harus mampu bersaing dalam dunia kerja atau menciptakan pekerjaan. Isi dari SSmeliputi:
 
 paradigma baru ‘menjadi pembelajar sukses’,
 
menjadi pembelajar sukses: kompetensi dan karakter,
 
kejujuran,
 
 berbudaya dan peduli,
 
orientasi jangka panjang.
 
 
 Aturan Peralihan
1.
 
Kurikulum 2006 berlaku mulai semester I tahun ajaran 2006/2007, yang harus diikuti secara penuh bagi mahasiswa angkatan 2006.2.
 
Bagi mahasiswa angkatan 2005 dan sebelumnya, semua matakuliah wajib yang telah diambil pada kurikulum 2001, tetap diakui sesuai dengan sks dan kode matakuliahnya, dengan ketentuanmatakuliah yang tidak menjadi matakuliah wajib pada kurikulum 2006, statusnya berubahmenjadi matakuliah pilihan.3.
 
Mahasiswa angkatan 2005 dan sebelumnya tidak diwajibkan mengambil matakuliah wajib baruyang tidak ada pada kurikulum 2001 secara surut, kecuali matakuliah wajib itu menjadi prasyarat bagi matakuliah di tingkat atasnya. Dalam hal ini, matakuliah tingkat atas boleh diambil bersamaan dengan prasyaratnya, sepanjang persyaratan batas pengambilan SKS berdasarkan pencapaian IPK terpenuhi. Untuk jelasnya, Tabel Penyesuaian Matakuliah Wajib bagi mahasiswaangkatan 2005 dan 2004 bisa digunakan sebagai pedoman pengambilan KRS dan penentuandalam yudisium kelulusan bagi mahasiswa angkatan tersebut. Sedangkan bagi mahasiswaangkatan 2003 dan sebelumnya, yang belum menyelesaikan matakuliah wajib atau akanmengulang matakuliah yang pernah diambil pada kurikulum 2001 dapat menggunakan TabelKesetaraan Matakuliah.4.
 
Untuk mengulang matakuliah pada kurikulum lama, digunakan pedoman Tabel KesetaraanMatakuliah. Matakuliah yang diakui ditentukan sendiri oleh mahasiswa dengan nilai dan SKSyang melekat pada matakuliah tersebut.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Indreyy Mrz liked this
Ade Haryuningsih liked this
Joao Bruno liked this
Astika Djajadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->