Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
43Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum Silabus S1 Matematika

Kurikulum Silabus S1 Matematika

Ratings: (0)|Views: 15,158|Likes:
Published by arsiparis_mipa

More info:

Published by: arsiparis_mipa on Aug 26, 2009
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

 
Kurikulum 2006 Program Studi Matematika
Selanjutnya berdasarkan Visi, Misi, Tujuan dan Kompetensi di atas, disusun Kurikulum 2006Program Studi Matematika Jurusan Matematika FMIPA UGM yang terbagi atas 2 (dua) kelompok yakni:1.
 
Kelompok Matakuliah Wajib berbobot 106 SKS.2.
 
Kelompok Matakuliah Pilihan yang dapat dipilih dari matakuliah-matakuliah pada ProgramStudi atau Jurusan atau Fakultas atau Universitas lain.Relevansi mata kuliah wajib dengan kompetensi lulusan dapat dilihat pada Matriks MataKuliah Wajib dan Kompetensi Lulusan.Kurikulum 2006 Program Studi Matematika Jurusan Matematika FMIPA UGM diberlakukanmulai Semester I tahun ajaran 2006/2007. Sedangkan pola TA yang tercantum dalam Kurikulum 2006diberlakukan bagi mahasiswa yang mulai mengambil TA pada Semester I tahun ajaran 2006/2007.
 Syarat Kelulusan (Beban Studi)
Untuk menyelesaikan pendidikan sarjana pada Program Studi Matematika, mahasiswadiwajibkan telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 144 sks mata kuliah yang meliputi matakuliah wajib (106 sks, termasuk didalamnya Tugas Akhir dan KKN) dan Mata kuliah pilihan.
 Mata Kuliah Wajib
Mata kuliah wajib terdiri atas mata kuliah - mata kuliah yang wajib diambil oleh setiapmahasiswa. Selain itu untuk mengambil suatu mata kuliah diperlukan syarat-syarat tertentu
(prerequesite, corequesite
atau syarat yang lain). Oleh karena itu mahasiswa diharapkanmemperhatikan hal tersebut.
 Mata Kuliah Pilihan
Pada dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia tiap semester. Namun demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai maka dalammemilih mata kuliah (pilihan) diharapkan mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saranDosen Pembimbing Akademik serta memenuhi syarat-syarat yang diperlukan (prerequesite,corequesite atau syarat yang lain).Karena sesuatu alasan, mata kuliah pilihan dapat berubah posisinya dari semester genap kesemester ganjil dan sebaliknya atau ditidurkan/ tidak disajikan untuk sementara waktu.Selain mata kuliah pilihan, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lain yang tersedia padaProgram Studi di lingkungan Fakultas MIPA dengan memperhatikan mata kuliah prasyaratnya.Jika sistem kredit tranfer antar fakultas atau antar universitas telah tersedia, mahasiswa dapatmengambil mata kuliah pilihan dari Fakultas/Universitas lain, dengan terlebih dahulu berkonsultasidengan Dosen Pembimbing Akademik.Jumlah SKS maksimal mata kuliah pilihan yang diperbolehkan diambil dari luar JurusanMatematika FMIPA UGM adalah 9 SKS.
Tugas Akhir 
Tugas akhir mahasiswa berupa skripsi, mempunyai bobot 6 SKS dan harus diambil olehsetiap mahasiswa Program Studi Matematika. Tugas Akhir mempunyai tujuan:
 
Mempertajam berfikir secara kritis, logis dan analitis.
 
Melatih kemampuan menulis karya ilmiah secara komprehensif.
 
Melatih kemandirian dalam mengembangkan karier ilmiah.
 
Mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi, terjun ke masyarakat, atau dunia kerja.
 
Melatih kemampuan berargumentasi secara ilmiah.
 
Melatih kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan interpersonal.
 
 
Mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir disyaratkan :1.
 
Telah menempuh 120 sks dengan IPK lebih dari atau sama dengan 2,0.2.
 
Telah menempuh matakuliah penunjang topik tugas akhir.3.
 
Mencantumkan Tugas Akhir di KRS dan mendaftarkannya ke Tata Usaha JurusanMatematika paling lambat seminggu setelah penyerahan KRS.Pada pelaksanaannya, tugas akhir dikerjakan secara mandiri oleh mahasiwa dan dibimbingoleh seorang atau dua orang dosen.Tugas Akhir (TA) terdiri dari TA (Studi Literatur) dan TA(Skripsi) dengan ketentuan sebagai berikut:1.
 
Topik TA (Studi Literatur) dan TA (Skripsi) harus sama. Jika topik TA (Skripsi) diganti, makamahasiswa wajib mengulang TA (Studi Literatur) walaupun mahasiswa telah dinyatakan lulusTA (Studi Literatur) dengan topik terdahulu.2.
 
Pembimbing TA (Studi Literatur) sekaligus menjadi Pembimbing TA (Skripsi). Jikadiperlukan, mahasiswa /Pembimbing TA (Studi Literatur) boleh mengusulkan Pembimbingtambahan untuk TA (Skripsi).3.
 
TA (studi Literature) dan TA (Skripsi) boleh diambil dalam satu semester. Jika TA (studiLiterature) dan TA (Skripsi) diambil pada semester yg berbeda, maka harus diambil dalam 2semester berturut-turut.4.
 
Mahasiswa harus menghadap dosen pembimbing Tugas Akhir paling lambat seminggusetelah pengumuman penunjukkan dosen pembimbing. Jika lebih dari satu minggumahasiswa tidak menghadap dosen pembimbing, dosen pembimbing dapat menolak menjadi pembimbing mahasiswa yang bersangkutan.5.
 
TA harus diselesaikan maksimal dalam 2 semester. Jika sampai 2 semester TA belumdiselesaikan, Dosen Pembimbing TA dapat mengajukan keberatan untuk melanjutkan proses pembimbingannya dan sebaliknya mahasiswa juga dapat mengajukan dosen pembimbing pengganti.
 Kuliah Kerja yata (KK)
Keterangan tentang syarat, tujuan, jenis-jenis dan prosedur pendaftaran Kuliah Kerja Nyatadapat dilihat di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas serta Lembaga Penelitian danPengabdian pada Masyarakat.
 Metode Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi MatematikaJurusan Matematika FMIPA UGM diharapkan menerapkan metode Student Centered Learning (SCL).Metode SCL yang paling tepat untuk diterapkan pada beberapa mata kuliah pada Prodi Matematikaadalah Collaborative Learning (CL), Problem-Based Learning (PBL) atau kombinasi keduanya. Namun demikian jika metode SCL dianggap tidak cocok, Program Studi Matematikamemutuskan untuk tidak memaksakan penggunaan metode SCL dalam proses pembelajaran untuk mata kuliah - mata kuliah dengan karakteristik tertentu, seperti Pengantar Analisis Real, Pengantar Analisis Abstrak dan lain-lain.
 Penilaian
Evaluasi hasil pembelajaran untuk mata kuliah pada Program Studi Matematika mengikutiaturan fakultas.Mahasiswa yang mempunyai nilai TOEFL minimal 425 tidak diwajibkan mengikuti kuliahBahasa Inggris Matematika. Namun demikian mahasiswa wajib mencantumkan mata kuliah BahasaInggris Matematika pada KRS dan untuk memperoleh nilai Bahasa Inggris Matematika, mahasiswadiwajibkan menyerahkan fotocopy sertifikat/nilai TOEFL yang didapat kepada Dosen Pengampu matakuliah Bahasa Inggris Matematika. Penyerahan sertifikat paling lambat sehari sebelum ujian sisipan.Konversi nilai TOEFL dengan nilai matakuliah bahasa Inggris Matematika adalah:
 
 
 Nilai TOEFL
 Nilai MK Bahasa Inggris Matematika
425 - 449 C450 - 499 B500 atau lebih ALembaga Bahasa yang diakui adalah Lembaga Bahasa UGM atau minimal yang setara, yaitu:ELTI, EF, LIA, Lembaga dari Fak. Ekonomi UGM.Khusus untuk Tugas Akhir (TA), penilaian diatur sebagai berikut:1.
 
Tugas Akhir (Studi Literatur): Penilaian didasarkan pada studi literatur yang dikerjakanmahasiswa dan proses pembimbingan. Penilaian dilakukan oleh Dosen Pembimbing TA(Studi Literatur).2.
 
Tugas Akhir (Skripsi):
 
Penguji TA (Skripsi) adalah pembimbing TA (Skripsi) ditambah 3 orang dosen (2 orangdosen yang berasal dari KBK yang sesuai dengan topik TA, 1 orang dosen dari bidang/KBK lain).
 
Batas waktu revisi maksimal 1 bulan sesudah TA (Skripsi) diujikan. Jika sampai bataswaktu tersebut revisi belum selesai, maka mahasiswa wajib mengulang ujian TA (Skripsi).
 Evaluasi Proses Pembelajaran
Proses Pembelajaran akan dievaluasi secara berkala oleh Tim Koordinasi Semester (TKS)Program Studi Matematika dan hasilnya dilaporkan kepada TK2A (Tim Koordinasi KegiatanAkademik) Jurusan Matematika FMIPA UGM.
Matakuliah Semester
Dalam daftar matakuliah berikut, untuk mata kuliah prasyarat tanda:* : pernah diambil dan menempuh ujian akhir.** : dapat diambil bersamaan.Tanpa bintang : pernah diambil dan lulus dengan nilai minimal D.
 Matakuliah Wajib
Sem No Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Kelompok I 1 MMS-1101 Kalkulus I 3 MKK 2 MMS-1201 Peng. Logika Matematika dan Himpunan 3 MKK 3 MMS-1202 Aljabar Linear Elementer 3 MKK 4 MMS-1601 Peng. Teknologi Informasi 2 MPB, MBB5 MMS-1651 Prak. Peng. Teknologi Informasi 1 MMS-1601** MPB, MBB6 MFS-1101 Fisika Dasar I 3 MKK 7 UMS-1001 Bahasa Inggris Matematika 2 MPK 8 UNU-1010 Pancasila 2 MPK, MBBJumlah sks 19II 1 MMS-1102 Kalkulus II 3 MMS-1101* MKK 2 MMS-1103 Geometri Analitik A 3 MMS-1101* MKK 3 MMS-1203 Peng. Struktur Aljabar I 3 MMS-1201* MKB4 MMS-1801 Algoritma & Pemrograman 3 MMS-1601* MPB, MBB5 MMS-1851 Prak. Algoritma & Pemrograman 1 MMS-1651*MMS-1801**MPB, MBB6 MFS-1118 Mekanika A 2 MFS-1101* MKK 7 UNU-1000 Agama 2 MPK, MBB8 UMS-1002 Ke-Gadjah Mada-an dan Etika Matematika 2Jumlah sks 19

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->