Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Jambore Petualang

Proposal Jambore Petualang

Ratings: (0)|Views: 2,855 |Likes:
Published by silvianasilviana

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: silvianasilviana on Aug 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2014

pdf

text

original

 
 
PROPOSAL
Jambore Petualang Indonesia
Ranca Upas, 8 – 9 Agustus 2009
 
 
PROPOSAL
JAMBORE PETUALANG INDONESIA
Pendahuluan
Kegiatan alam bebas di negeri ini telah menyebar marak hampir di segenaplapisan masyarakat. Berpetualang bukan sekedar hobi tetapi telah merambahke profesi dan bahkan menjadi salah satu alternatif gaya hidup kita.Jenis petualang di Indonesia sangatlah beragam. Tidak hanya yang gemar naik gunung, masuk hutan dan menelusuri gua saja, tetapi keinginan berpetualang juga melibatkan komunitas bersepeda, penyelam, penerjun, orienteering danpuluhan lagi ragam kegiatan alam terbuka yang dikemas menjadi kegiatanpetualangan.Penggiat alam yang menikmati kegiatan petualang ini tidak terbatas pararemaja saja. Seorang anak seusia sekolah menengah pertama, mahasiswabahkan hingga para profesional pun akan sangat antusias jika terlibat dalamkegiatan ini. Maraknya petualang di Indonesia akan lebih terlihat dinamis danaktif jika bisa beraktifitas bersama membangun isu konservasi dan terlibatlangsung untuk keperdulian lingkungan dan kelestarian alam.Untuk itulah, Jejak Petualang Community mengelar sebuah acara daripetualang untuk petualang dengan nama Jambore Petualang Indonesia.
Nama KegiatanJambore Petualang Indonesia
atau yang selanjutnya di sebut
JPI.Waktu dan Tempat
Hari, Tanggal : Sabtu s.d. Minggu, 8 s.d. 9 Agustus 2009Pukul : 09.00 WIB selesaiTempat : Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey,Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Tujuan Kegiatan
1.
 
Ajang berkumpul dan menjalin persaudaraan antar petualang Indonesia.2.
 
Meningkatkan rasa cinta dan bangga pada kekayaan Indonesia.3.
 
Membangun jiwa konservasi.4.
 
Peduli hutan dengan melakukan adopsi pohon dan penghijauan.5.
 
Mempererat persatuan Bangsa Indonesia dengan memperingati HariKemerdekaan RI.
 
 
Bentuk Kegiatan1.
 
Perkemahan
Peserta (reguler) akan berkemah membentuk satu tatanan perkemahanyang kondusif, rapi dan selaras dengan alam. Total target kapling pesertasebanyak 360 tim atau kapling. Bumi perkemahan akan diatur dalambentuk perkemahan induk (MainCamp) yang terbagi menjadi 3 sub camp;a.
 
Subcamp Air.b.
 
Subcamp Tanah.c.
 
Subcamp Udara.
2.
 
Kemah Keluarga
(Family Camp)
 
Merupakan kegiatan khusus yang diperuntukkan kepada para keluargapetualang yang akan mengajak keluarganya mengikuti jamboree petualangIndonesia. Para peserta Kemah Keluarga ini akan mengikuti kegiatankhusus yang diperuntukan dengan format keluarga seperti mengunjungipenangkaran rusa, jelajah ringan, pengenalan alat alat kegiatan terbuka,mini outbound, permainan untuk anak anak, penghijauan dan sebagainya.
3.
 
Kegiatan Pilihan
Untuk peserta regular, akan disiapkan satu paket kegiatan pilihan.Kegiatan ini terdiri dari 8 kegiatan pokok yang dapat diikuti pesertadengan memilih dan berdasarkan quota. Setiap kegiatan akan menampungmaksimal sebanyak 150 orang atau sesuai dengan ketentuan selanjutnya.Peserta akan memilih kegiatan saat pendaftaran awal (online) sertakonfirmasi di saat daftar ulang. Jika satu kegiatan telah memenuhi targetpeserta, maka peserta diminta memilih kegiatan lain sehngga semuapeserta akan terbagi rata.Kegiatan Pilihan terdiri dari 8 kegiatan yaitu :
A.
 
Sepeda Gunung
Peserta akan bersepeda menyusuri jalur yang telah ada sejauh kuranglebih 6 km, pemandangan hutan disepanjang jalur akan menjadikenikmatan tersendiri. Dengan beragam medan, rasa capek perjalanansemua akan terbayarkan dengan sebuah pemandangan alam yang luarbiasa indah, serta pastinya membuat kita enggan beranjak dari sini.
B.
 
Fun Orienteering – Ranca Upas
Peserta akan dibekali peta dan kompas untuk menemukan titik-titik koordinat yang telah ditentukan sebelumnya. Menjadi menarik karenakegiatan ini dilakukan di daerah perbukitan, hutan dan rawa gunung.Jiwa kompetitif akan teruji saat peserta memulai kegiatan dari titik start melalui beberapa titik kontrol yang dihubungkan oleh garis dan

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
denysupr liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Iin Luph RedLyz liked this
Rido Ramanda liked this
Agusarya Krisna liked this
Ageng Pramono liked this
Didin Karsidin liked this
Bholenk Peace liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->