Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
36Activity
P. 1
Makalah Pembuatan Program Rokok

Makalah Pembuatan Program Rokok

Ratings: (0)|Views: 2,093 |Likes:
Published by Hamdi Reza
Contoh Program Visual Basic
Contoh Program Visual Basic

More info:

Published by: Hamdi Reza on Aug 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
10
Bab I. Pendahuluan
1.Latar Belakang
Pola pikir dan cara kehidupan manusia berubah seiring berkembangnya IlmuPengetahuan dan Teknologi. Salah satunya adalah pembuatan program sesuai dengankebutuhan. Misalnya adalah program distribusi rokok yang diperlukan oleh Industri rokok,agen atau Toko rokok yang bersangkutan. Jika manusia belum mengenal adanya komputer,maka data transaksi industri tersebut mungkin akan disimpan secara manual dan bisa sulitdilakukan serta tingkat kesalahan relative besar.Program ini menyajikan beberapa menu yang dibutuhkan dalam melakukan transaksirokok, misalnya penyimpanan data rokok, data salesman yang akan mendistribusikan, sertalaporan laporan hasil distribusi tersebut dan daerah tujuannya. Pada informasi jugadiperhitungkan jumlah keuntungan serta kerugian dari distribusi sesuai harga pokok sertaharga penjualannya. Selain dalam softcopy, program ini juga dapat menghasilkan laporan persediaan rokok pada hari terakhir pengecekan ke dalam hardcopy.
2.Tujuan
1.Dengan adanya program distribusi rokok ini, diharapkan dapat mempermudah proses distribusi barang, khususnya bidang industri rokok.2.Untuk mengetahui proses kerja serta koneksi antara program Visual Basic 6 dengandatabase Acces.
 
10
BAB II. Persoalan
Program distribusi industri rokok PT Djarum ini adalah program yang dipakai oleh para distributor serta produsen yang khususnya bergerak di bidang industri rokok. Programini terdiri atas database sebagai tempat penyimpanan data, serta menu – menu yang terdapatdalam form. Persoalan program ini akan dibahas sebagai berikut.
DATABASE
Untuk melakukan penyimpanan pada program, diperlukan
 Database
. Pembuatandatabase pada skema dan langkah sebagai berikut :
Gambar 1.11 : Cara Pembuatan Database. Nama : PTDJARUM.mdbGambar : Kumpulan tabel yang diperlukan oleh program
 
10
Relationship database bisa dilihat pada gambar berikut ini.Pada database terdapat 3 tabel, yaitu tabel rokok, salesman dan data distribusi. Namundari ketiga tabel tersebut, ada dua tabel yang mendasari relationship program rokok ini, yaitutabel rokok dan salesman, hubungannya adalah n dan n. Maksudnya sebuah rokok bisadidistribusikan oleh satu orang atau lebih salesman, begitu juga sebaliknya, satu orangsalesman bisa mendistribusikan satu atau lebih jenis rokok. Sedangkan table distribusi hanya bertindak sebagai tempat penyedia informasi dari hasil distribusi.
Rokok 
Pada tabel Rokok dalam database PTDJARUM ini terdapat Kode, nama, harga serta jumlah persediaan rokok. Struktur serta implementasinya dapat dilihat pada gambar berikut.
Tabel 1.11 Struktur tabel rokok Nama FieldTipe
KD_RText NM_RTextHRG_RCurrencyJML_PSDNumbe

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Roseana Wardah liked this
Aris Goar Gaor liked this
Light Yagami liked this
Puput Cipruutt liked this
Ach Rofiqi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->