Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
53Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Materi Kelas Viii Semester Ganjil

Rangkuman Materi Kelas Viii Semester Ganjil

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 8,039 |Likes:
Published by iwanksaribu

More info:

Published by: iwanksaribu on Aug 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
RANGKUMAN MATERI KELAS VIII SEMESTER GANJILMATA ELARAN GEOGRAFI DAN SOSIOLOGI
1.
Letak astronomis
adalah letak mutlak (absolut) suatu tempat yang ditentukanoleh jaring-jaring derajat lintang dan bujur.
Letak geografis
adalah letak nyatasuatu wilayah di bumi. Letak geografis ditentukan pula oleh letak astronomis danletak geologis.2.Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap bidang ekonomi, politik, dan sosialbudaya.
Wilayah Indonesia berada di antara dua benua yang dipisahkan olehkhatulistiwa. Akibatnya, Indonesia dipengaruhi oleh iklim musim. Daerahyang beriklim musim ini mengalami musim penghujan dan musim kemarau.
Secara ekonomi, posisi ini sebetulnya sangat strategis. Indonesia beradapada posisi silang di antara dua benua dan dua samudra. Posisi demikianmenyebabkan jalur pelayaran Indonesia ramai karena digunakan sebagai jalur perdagangan internasional.
Secara sosial budaya, posisi Indonesia memberikan keanekaragaman budayadan karakter bagi wilayah Indonesia karena terjadinya pencampuran sukubangsa dan budaya.3.Perbedaan antara flora kawasan Indonesia bagian barat dan Indonesia bagiantimur.
 Jenis FloraIndonesia Bagian BaratIndonesia Bagian Timur
 Jenis meranti-merantian sangatbanyak.
 Terdapat berbagai jenis rotan.
 Tidak terdapat hutan kayu putih.
 Jenis tumbuhan matoa (
 pometia pinnate
) sedikit.
 Jenis tumbuhan sagu sedikit.
 Terdapat berbagai jenis nangka.
 Jenis meranti-merantian hanyasedikit.
 Tidak terdapat jenis rotan.
 Terdapat hutan kayu putih.
 Terdapat berbagai jenis tumbuhanmatoa, khususnya di Papua.
Banyak terdapat tumbuhan sagu.
 Tidak terdapat jenis nangka.
4.Hewan endemis adalah jenis hewan yang hanya hidup di daerah tertentu saja.Hewan jenis ini tidak ditemukan di wilayah lainnya. Contoh hewan endemis diIndonesia antara lain komodo (di Pulau Komodo) dan anoa (Sulawesi).5.Pengaruh angin muson di Indonesia adalah menentukan pola iklim dan polaangin di Indonesia. Iklim yang dipengaruhinya dinamakan iklim musim. Anginmuson di Indonesia menimbulkan adanya dua musim, yaitu musim penghujanyang dipengaruhi oleh angin muson barat laut, dan musim kemarau yangdipengaruhi oleh angin muson tenggara.
 
6.Tanah merupakan bagian paling atas dari lapisan permukaan bumi sebagaimedia tumbuhnya tanaman. Tanah terbentuk sebagai hasil pelapukan batuanyang banyak mengandung bahan organik dan anorganik.7.Dampak terjadinya ledakan penduduk, antara lain sebagai berikut.
Ledakan penduduk yang tidak diimbangi oleh kesiapan sarana dan prasaranaumum seperti perumahan yang memadai akan menyebabkan tumbuhnyapemukiman kumuh.
Ledakan penduduk yang tidak diimbangi oleh kesiapan pangan akanmenyebabkan bencana kelaparan dan kurang gizi..
Ledakan penduduk akan menyebabkan atau mendorong terjadinya kerusakanlingkungan.
Ledakan penduduk tanpa diimbangi oleh ketersediaan lapangan kerja akanmenimbulkan lonjakan angka pengangguran.8.Unsur-unsur dinamika penduduk antara lain adalah kelahiran, kematian, danmigrasi. Jika jumlah kelahiran bayi lebih besar daripada jumlah kematian, makapada kurun waktu tersebut jumlah penduduk akan bertambah. Sebaliknya, jika jumlah kelahiran bayi lebih sedikit dari jumlah kematian, maka jumlah pendudukpada kurun waktu tersebut akan berkurang. Jika jumlah imigrasi lebih besardaripada emigrasi pada suatu kurun waktu, maka jumlah penduduk negaratersebut akan bertambah. Demikian juga sebaliknya.9.Angka beban ketergantungan = {(2.702.003 + 3.072.001) : 28.000.000} x 100= { 5.774.004 : 28.000.000} x 100= 20,6 ≈ 21 Jadi, setiap 100 orang penduduk usia produktif menanggung sekitar 21 orangpenduduk usia tidak produktif.10.Penyelesaian:RNI = {(30.600 – 25.060) : 1.606.000} x 100%= {5540 : 1.606.000} x 100% = 0,35 % Jadi, pertumbuhan penduduk alami kota A pada tahun 2002 adalah 0,35 %. Halini berarti, angka pertumbuhan penduduk alami di kota A termasuk kategorirendah.11.Faktor-faktor yang memengaruhi kepadatan penduduk suatu wilayah
Angka kelahiran yang tinggi. Jika angka kelahiran tinggi, maka pendudukakan bertambah dengan cepat, sedangkan luas wilayah tetap. Akibatnya,
 
kepadatan penduduk semakin tinggi.
Daya tarik wilayah, berupa tanah yang subur, adanya pusat perdagangandan industri, terdapat fasilitas umum, misalnya fasilitas pendidikan, hiburan,kesehatan, dan sosial lainnya.12.Menurut UU No. 23 Tahun 1997, definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuanruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup.13.Bentuk kerusakan lingkungan akibat proses alam, antara lain sebagai berikut.a. Kerusakan akibat letusan gunung api antara lain sebagai berikut.
Material padat seperti batuan, kerikil, dan pasir yang terlempar ketikaletusan dapat menyebabkan kerusakan di wilayah yang terkena letusan.
Hujan abu vulkanik yang menyertai letusan dapat menyebabkangangguan pernapasan dan pandangan, serta dapat menutupi arealpertanian dan perkebunan. Akibatnya, produksi pertanian akan berkurang.
Lava panas yang meleleh akan merusak bahkan mematikan apa saja yangdilaluinya.
Awan panas yang berhembus dengan kecepatan tinggi dan tidak terlihatmata dapat menewaskan makhluk hidup yang dilaluinya.
Aliran lahar dapat menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga dapatmenimbulkan banjir.
Gas beracun dapat menyebabkan gangguan pernapasan bahkan kematianmakhluk hidup di sekitar gunung api.b. Kerusakan akibat gempa bumi antara lain sebagai berikut.
Retaknya tanah di permukaan dapat menyebabkan terputusnya jalanraya.
Guncangan yang hebat dapat menyebabkan tanah longsor.
Robohnya berbagai bangunan.
Memicu kebakaran akibat sambungan pendek aliran listrik.
Merusak tanggul air yang dapat menimbulkan bahaya banjir.
Dapat menyebabkan terjadinya gelombang besar yang disebut tsunami.c. Kerusakan akibat badai siklon antara lain sebagai berikut.
Siklon gelombang umumnya terjadi di daerah lintang sedang dan lintangtinggi, memiliki sifat merusak lingkungan yang dilaluinya.
Siklon tropik terjadi di permukaan laut.
 Tornado merupakan siklon yang hebat, terbentuk dari angin yang sangatkuat. Tornado dapat menimbukan kerusakan hebat terhadap lingkunganyang dilaluinya.

Activity (53)

You've already reviewed this. Edit your review.
Shabrina Anindita added this note
Ini mana bab 5 nya?
1 thousand reads
1 hundred reads
Singgih Wisnu liked this
jakak liked this
Rukin Firda liked this
Ichsan Ayah Alka liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->