Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan PAL Dengan NTSC

Perbedaan PAL Dengan NTSC

Ratings: (0)|Views: 5,251 |Likes:
Published by ma kuning

More info:

Published by: ma kuning on Aug 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2013

pdf

text

original

 
Perbedaan Standar Televisi PALdengan NTSC
Ada beberapa standar televisi yang digunakan oleh beberapa Negara-negara didunia,tetapi standar televisi yang dibuat disini adalah standar televisi PAL sesuai denganstandar televisi yang digunakan oleh Indonesia. Berikut ini adalah aturan parameter-parameter yang harus diketahui dalam perealisasian pemancar televisi PAL sebagaiberikut :Untuk membedakan antara PAL denganstandar televisi NTSC adalah daripenggunaan baris di layar televisi. UntukPAL memiliki 625line/50Hz, karenafrekuensi PLN di Negara-negara Eropa yangdigunakan adalah 50Hz, sedangkan NTSCadalah standar televisi yang dipakai diAmerika yaitu menggunakan 525line/60Hz,karena frekuensi PLN yang dipakai diAmerika adalah 60Hz. Dari segi kecepatanframe per detik, PAL menggunakan kecepatan 30 fps, sedangkan untuk NTSCmenggunakan kecepatan 25 fps. Indonesia menggunakan PLN yang sama dengan Eropasehingga dalam perkembangannya televisi yang digunakan mengikuti standar Eropa yaituPAL. Dari segi kecepatan frame PAL lebih unggul dibandingkan dengan sistem NTSC.Berikut ini adalah bandwidth yang dipakai oleh standar televisi PAL untuk penempatangambar, suara, chroma, besarnya luminansi sistem PAL.
 
Sedangkan untuk NTSC lebarbandwidth yang dipakai adalah sebagai berikut : 
Gambar 2.6
Bandwidth standarNTSC ; P (pembawa gambar) ; S(pembawa suara) ; c (chroma) Dari segi bandwidth terlihat bahwaPAL lebih lebar dari standar NTSC, halinilah yang membedakan antara PALdengan NTSC. Selanjutnya modulasikroma PAL dan NTSC memilikikesamaan yaitu menggunakanmodulasi Amplitudo (AM), modulasi video-nya sama antara PAL dengan NTSC yaitumodulasi negatif.
 Modulasi Negatif  
Kesamaan modulasi video yang digunakan oleh PAL dan NTSC yaitu modulasi negatif.
 
Modulasi negatif adalah modulasi yang dihasilkan dengan polaritas negatif, polaritasnegatif terbentuk dari taraf terang atau yang disebut puncak putih dalam sinyal videoyang menghasilkan sinyal gambar AM paling rendah. Keuntungannya menggunakanmodulasi negatif yaitu derau yang dihasilkan oleh pembawa RF akan memperbesar taraf hitam dan putih pada amplitudo gambar, sehingga mempengaruhi daya pancar televisi.Disamping itu keuntungan menggunakan modulasi negatif yaitu dapat menggunakandaya rendah untuk mentransmisikan televisi PAL maupun NTSC. Dalam sinyal videokomposit yang digunakan sebagai sinyal modulasi, biasanya amplitudo relatif ditunjukkandalam skala IRE. Seperti diperlihatkan pada analisis sinyal video, sinyal video kompositbervariasi dari -40 unit IRE pada ujung penyelarasan sampai level pengosongan +100unit IRE untuk puncak putih. Amplitudo-amplitudo yang bersesuaian adalah 100 % levelpembawa untuk penyelarasan ujung. 75 % untuk level pengosongan dan 12,5 % untukpuncak putih. Rincian lebih lanjut dari perbandingan ini diberikan pada tabel 2.2. artinya40 unit IRE dari penyelarasan bersesuaian dengan puncak 25 % dari amplitudo pembawa.Ke-10 unit IRE untuk setiap hitam bersesuaian dengan 7,5 % sinyal pembawa. Level IREdari 100 menjadi 12,5 % dari amplitudo pembawa pada puncak putih. Sebenarnya 20 lagiunit IRE sampai 120 bersesuaian dengan 12,5 % amplitudo pembawa yang tidakdigunakan untuk modulasi. Persentase sinyal pembawa ini dihitung 0,125 atau 12,5 %. 
 JENIS – JENIS PAL
 
Standar televisi PAL memiliki beberapa jenis yang dipakai diseluruh dunia. Berikut iniadalah tabel mengenai spesifikasi dan jenis standar televisi PAL. 
PAL B/G/D/K/I 
Standar televisi PALpada umumnyamenggunakan 625garis dan 25 fps.Negara yangmenggunakan PALB/G hampir EropaBarat, untuk PAL Idigunakan di negarainggris, Irlandia,Hongkong dll. UntukPAL D/K digunakandi negara-negaraEropa selatan, danuntuk standar PAL Dkhusus dipakai olehChina. PALB/GT/D/K/I untukinformasi suaranyamenggunakan modulasi frekuensi dan untuk modulasi videonya ditransmisikanmenggunakan modulasi negatif AM. Negara Indonesia menggunakan standar PALB,dengan ketentuan seperti tabel diatas. Perealisasian perangkat dalam buku inimenggunakan sistem PALN, perbedaannya terletak di bandwidth yang digunakan. Untuk
 
PAL-B mengalokasikannya dengan lebar bandwidth 7 MHz, sedangkan untuk PAL-Nmenggunakan alokasi bandwidth 6 MHz. 
PAL M (Standar televisi Brazil) 
PAL yang digunakan di negara Brazil menggunakan 525 garis dan 29.97 fps. Hampirsemua negara yang menggunakan PAL M sama halnya menggunakan NTSC. Dankebanyakan negara – negara yang menggunakan PAL M cenderung menggunakan NTSCkarena kalau dilihat dari PAL M dengan NTSC sama. PAL M untuk informasi suaranyamenggunakan modulasi frekuensi dan untuk modulasi videonya ditransmisikanmenggunakan modulasi negatif AM. 
PAL Nc (Standar televisi Argentina) 
PAL Nc (PAL combinasi N), untuk negara Argentina menggunakan 625 garis per 50 Hertz.PAL Nc untuk informasi suaranya menggunakan modulasi frekuensi dan untuk modulasivideonya ditransmisikan menggunakan modulasi negatif AM.
 PAL N (Standar televisi Uruguay)
 PAL N (PAL combinasi N), untuk negara Uruguay menggunakan 625 garis per 50 Hertz. Dinegara Uruguay biasanya menggunakan juga PAL DVD yaitu televise denganmenggunakan DVD langsung dalam siaranya. PAL N untuk informasi suaranyamenggunakan modulasi frekuensi dan untuk modulasi videonya ditransmisikanmenggunakan modulasi negatif AM. 
PAL L (Standar televisi SECAM) 
PAL L untuk informasi suaranya menggunakan modulasi frekuensi dan untuk modulasivideonya ditransmisikan menggunakan modulasi positif AM. Penggunaan PAL L samahalnya dengan menggunakan standar televisi SECAM yaitu menggunakan 625garis/50Hertz dan menggunakan 15.625 kHz kecepatan garisnya. Penggunaan televisi PALL ini tidak untuk televisi nasional tetapi digunakan untu televisi jaringan dihotelhotel. 
Perbedaan Standar Televisi PAL dengan SECAM 
Perbedaan yang terlihat jelas antara SECAM dengan PAL yaitu di bandwidth, untuk secambiasanya menggunakan alokasi bandwidth 8 MHz, sedangkan untuk PAL menggunakan 7MHz. dari segi modulasi kroma PAL menggunakan modulasi amplitudo sedangkan SECAMmenggunakan modulasi frekuensi. Dilihat dari modulasi gambar PAL menggunakanmodulasi negatif, sedangkan SECAM menggunakan modulasi positif.
 
Kelebihan dan Kekurangan Handycam NTSC vs PAL
Mungkin banyak di antara Anda yang sempat ditawari handycam ‘bawaan’ dari luarnegeri, baik barang baru maupun second, dimana negara produsennya menggunakanNTSC sebagai color system, sehingga otomatis handycam yang ditawarkan tersebut‘beraliran’ NTSC. Beberapa penjual bahkan tidak mengatakan bahwa handycam tersebutber-color system NTSC, padahal sedikit banyak akan ditemukan perbedaannya biladibandingkan dengan menggunakan handycam ber-color system PAL, yaitu color sytem

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Putri Danita liked this
Nova Triyanto liked this
Satria Nugraha liked this
Astri Mayasari liked this
dea_alberta liked this
vqey liked this
Adi Nurdiantoro liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->