Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
59Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Virus Dalam Kehidupan

Peranan Virus Dalam Kehidupan

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 8,779 |Likes:
Published by 1031979

More info:

Published by: 1031979 on Aug 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2012

pdf

text

original

 
Peranan Virus dalam Kehidupan
Beberapa virus ada yang dapat dimanfaatkan dalam rekombinasi genetika. Melaluiterapi gen, gen jahat (penyebab infeksi) yang terdapat dalam virus diubah menjadi gen baik (penyembuh) disebut vaksin.
 
Contohnya pembuatan vaksin polio, rabies,hepatitis B, influenza, cacar, dan vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) untuk cacar gondong, dan campak.Pada umumnya virus bersifat rnerugikan. Virus sangat dikenal sebagai penyebab penyakit infeksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Sejauh ini tidak ada makhluk hidup yang tahan terhadap virus. Tiap virus secara khusus menyerang sel-sel tertentudari inangnya. Virus dapat menginfeksi tumbuhan, hewan, dan manusia sehinggamenimbulkan penyakit.
a. Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus
 1.Mosaik, penyakit yang menyebabkan bercak kuning pada daun tumbuhanseperti tembakau, kacang kedelai, tomat kentang dan beberapa jenis labu.Penyakit ini disebabkan oleh Tobacco Mozaic Virus (TMV). Mentimun(Cucumber Mozaic), buncis (Bean cane mozaic dan Bean mozaic), gandum(Wheat mozaic), tebu (Sugar cane mozaic). Virus TMV pada tanamanditularkan secara mekanis atau melalui benih. Virus ini belum diketahui dapatditularkan melalui vektor (serangga penular). Virus dapat bertahan dan bersifatinfektif selama beberapa tahun. Virus bersifat sangat stabil dan mudahditularkan dari benih ke pembibitan pada saat pengelolaan tanaman secaramekanis misalnya pada saat pemindahan bibit ke pertanaman. Gejala Serangandaun tanaman yang terserang menjadi berwarna belang hijau muda sampaihijau tua. Ukuran daun relatif lebih kecil dibandingkan dengan ukuran daunnormal. Jika menyerang tanaman muda, pertumbuhan tanaman terhambat danakhirnya kerdil.2.Yellows, penyakit yang menyerang tumbuhan aster.3.Daun menggulung, terjadi pada tembakau, kapas, dan lobak yang diserangvirus TYMV.4.Penyakit tungro (virus Tungro) pada tanaman padi. Tungro adalah penyakitvirus pada padi yang biasanya terjadi pada fase pertumbuhan vegetatif danmenyebabkan tanaman tumbuh kerdil dan berkurangnya jumlah anakan.Pelepah dan helaian daun memendek dan daun yang terserang berwarnakuning sampai kuning-oranye. Daun muda sering berlurik atau strip berwarnahijau pucat sampai putih dengan panjang berbeda sejajar dengan tulang daun.Gejala mulai dari ujung daun yang lebih tua. Daun menguning berkurang biladaun yang lebih tua terinfeksi. Dua spesies wereng hijau Nephotettixmalayanus dan N.virescens adalah serangga yang menyebarkan (vektor) virustungro.5.Penyakit degenerasi pembuluh tapis pada jeruk (virus citrus vein phloemdegeneration (CVPD). Virus ini dengan begitu cepat menyebar ditularkan
 
serangga vektor Diaphorina Citri Kuwayana (Homoptera Psyllidae) ataumasyarakat umum menyebutnya kutu loncat atau kutu putih.
b. Penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus
1. Penyakit tetelo, yakni jenis penyakit yang menyerang bangsa unggas, terutamaayam. Penyebabnya adalah new castle disease virus (NCDV). Ayam yangterjangkit penyakit ini harus dimusnahkan karena dapat bertindak sebagaisumber pencemaran dan penular.diikuti oleh gangguan syaraf serta diare.2. Penyakit kuku dan mulut, yakni jenis penyakit yang menyerang ternak sapi dankerbau. penyakit kuku dan mulut merupakan suatu penyakit yang disebabkanoleh virus yang mudah menyerang hewan ternak berkuku belah diantaranyasapi, kerbau, domba, kambing, dan babi. Penyebaran penyakit itu dapatdisebabkan oleh beberapa hal diantaranya virus yang terbawa oleh angin, persinggungan badan dengan hewan ternak yang sudah terinveksi, bercampurnya hewan ternak dalam angkutan truk, serta pakan ternak yangmengandung virus. Penyakit kuku dan mulut mengakibatkan sariawan yangmengganggu kuku dan mulut sehingga ternak tidak nafsu makan selamahampir dua minggu, hingga berangsur kurus dan akhirnya mati.3. Penyakit kanker pada ayam oleh rous sarcoma virus (RSV).4. Penyakit rabies, yakni jenis penyakit yang menyerang anjing, kucing, danmonyet. Penyebabnya adalah Rhabdovirus. Penyakit anjing gila (rabies)adalah suatu penyakit menular yang akut, menyerang susunan syaraf pusat,disebabkan oleh virus rabies jenis Rhabdho virus yang dapat menyerangsemua hewan berdarah panas dan manusia. Penyakit ini sangat ditakuti danmengganggu ketentraman hidup manusia, karena apabila sekali gejala klinis penyakit rabies timbul maka biasanya diakhiri dengan kematian.5. Polyoma, penyebab tumor pada hewan.6. Adenovirus, penyebab tumor pada hewan tertentu.
c. Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus
 
1.lnfluenza
2
 
Penyebab influenza adalah virus orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola. Virus influenza ditularkan lewat udara dan masuk ke tubuh manusiamelalui alat pernapasan. Virus influenza pada umumnya menyerang hanya pada sistem pernapasan. Terdapat tiga tipe serologi virus influenza, yaitu tipeA, B, dan C. Tipe A dapat menginfeksi manusia dan hewan, sedangkan B danC hanya menginfeksi manusia. Gejala influenza adalah demam, sakit kepala, pegal linu otot, dan kehilangan nafsu makan, Orang yang terserang influenza biasanya akan sembuh dalam 3 sampai 7 hari.Penanggulangan virus ini telah diusahakan oleh beberapa ahli dengan pembuatan vaksin. pendekatan terbaru adalah dengan pemakaian mutan virushidup vang dilemahkan untuk mendorong agar respon kekebalan tubuhmeningkat.Pencegahan terhadap penyakit influenza adalah dengan menjaga dayatahan tubuh dan menghindari kontak dengan penderita influenza.
2.Campa
Campak disebabkan oleh virus paramyxovirus yang tidak rnengandungenzim neurominidase.Gejala campak adalah demam tinggi, batuk, dan rasanyeri di seluruh tubuh.Di awal masa inkubasi, virus berlipat ganda di saluran pernapasan atas. Diakhir masa inkubasi, virus menuju darah dan beredar keseluruh bagian tubuh,terutama kulit.
3.Cacar air
3

Activity (59)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
good information..
Amalia Aininnur liked this
Alfiah Fifi Noor liked this
Dan Skim liked this
Ant Aja added this note
thanks atas beberapa infonya yang terkadang orang kurang memahami. trims
Mohammad Arief Wibowo added this note
Blognya rapihin dong mbak (from: Arif valladron)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->