Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ramadhan Membangkitkan Motivasi Kuat

Ramadhan Membangkitkan Motivasi Kuat

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:

More info:

Categories:Types, Research
Published by: H Masoed Abidin bin Zainal Abidin Jabbar on Aug 30, 2009
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2012

pdf

text

original

 
Mutiara RamadhanII
MANMAN
MM
EMBANGKITKANEMBANGKITKAN
MM
OTIVASIOTIVASI
KK
UATUAT
Sebuah peradaban yang tinggi akan melahirkan suatu lingkungan yang sehatpolitik, ekonomi, budaya dan materil. Peradaban yang tinggi, semestinya mengikutperintah Allah dalam semua kegiatan manusia. Pembinaan akhlak umat melaluipendidikan agama atau pendidikan keyakinan itu, bertujuan agar umat tidakterjerumus kepada pola yang salah. Pengalaman individu seorang di tengahkeluarganya akan memengaruhi tindakannya di luar. Karena itu, satu kelompokmasyarakat akan tetap di anggap terbelakang, sepanjang ia gagal menciptakan satulingkungan yang tepat untuk menyembah Allah sesuai dengan syari’at-Nya.Maka tidak dapat di sangkal bahwa Islam dan Iman akan menjadi motivasiyang kuat dan unggul, terarah dan bertanggung jawab, untuk membinan kehidupanmasyarakat yang maju, baik secara moral maupun intelektual.Generasi umat Islam hari ini harus mampu membangkitkan kesadaranberagama yang pengaruhnya, semestinya tampak dalam tatanan kehidupan duniawiyang aman, damai dan tenteram. Sebab, Agama Islam dengan pedoman Alquranamat menganjurkan agar setiap keluarga menjaga diri dengan pola asuh yang baikdan tertaur.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamudari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganyamalaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadapapa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” 
(QS.Tahrim,ayat 6).Satu catatan perjalanan menuju redha Allah diraih dengan al-qalb al-salim,yakni hati yang salim, tenteram dan sejahtera. Ketenteraman hati adalah titik awalmencapai kebaikan jiwa dan jasad, langkah awal dari kegiatan menuntut ilmu danpengetahuan.
Sesungguhnya di dalam jasad terdapat segumpal mudhghah (bendadarah), jika ia sehat maka baiklah seluruh jasad, dan jika ia fasad maka rusaklahseluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati
(Hadith riwayat Bukhari).Kebaikan hati ini sebenarnya menjadi titik tolak kehidupan yang sempurnadalam pandangan Islam. Kebersihan hati manusia akan membuka peluang besaruntuk menerima semua perintah Allah dengan sempurna. Di sini dapat dipetikajaran puasa Ramadhan yang dilakukan sekarang di dalam membentuk watak sabar,penyantun, berdisiplin, dengan ilmu dan amal yang baik.Nilai ajaran Islam berintikan kewajiban belajar sepanjang hayat, sepanjangusia. Menambah ilmu pengetahuan tidak hanya terbatas pada batas wilayah negerisaja. Malah dianjurkan jika perlu dinegeri lain.
“ Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu'min itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuanmereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabilamereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
(QS.9,at Taubah :122).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->