Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
86Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengantar Tata Guna Tanah

Pengantar Tata Guna Tanah

Ratings: (0)|Views: 15,474|Likes:

More info:

Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Aug 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
GUNA TANAHKEBIJAKAN DLM PENATAGUNAAN TANAH
1. Catur Tertib Pertanahan
 Tanah merupakan sarana untuk melaksanakanpembangunan. Kedudukan tanah yang penting ini kadangtidak diimbangi dengan usaha untuk mengatasi berbagaipermasalahan yang timgul dalam bidang pertanahan.Fakta memperlihatkan bahwa keresahan di bidangpertanahan mendatangkan dampak negatif di bidangsosial, politik dan ekonomi.Untuk itu berdasarkan Tap MPR No. IV/MPR/1978ditentukan agar pembangunan di bidang pertanahandiarahkan untuk menata kembali penggunaan,penguasaan, dan pemilikan tanah. Atas dasar Tap MPRNo. IV/MPR/1978, Presiden mengeluarkan kebijaksanaanbidang pertanahan yang dikenal dengan Catur TertibBidang Pertanahan sebagaimana dimuat dalam KeppresNo. 7 Tahun 1979, meliputi:
a. Tertib Hukum Pertanahan
Diarahkan pada program:1.Meningkatkan tingkat kesadaran hukummasyarakat.2.Melengkapi peraturan perundangan di bidangpertanahan.3.Menjatuhkan sanksi tegas terhadap pelanggaranyang terjadi.4.Meningkatkan pengawasan dan koordinasi dalampelaksanaan hukum agraria.
b. Tertib Administrasi Pertanahan
Diarahkan pada program:1.Mempercepat proses pelayanan yang menyangkuturusan pertanahan.2.Menyediakan peta dan data penggunaan tanah,keadaan sosial ekonomi masyarakat sebagai bahandalam penyusunan perencanaan penggunaan tanahbagi kegiatan-kegiatan pembangunan.
 
3.Penyusunan data dan daftar pemilik tanah, tanah-tanah kelebihan batas maksimum, tanah-tanahabsente dan tanah-tanah negara.4.Menyempurnakan daftar-daftar kegiatan baik diKantor Agraria maupun di kantor PPAT.5.Mengusahakan pengukuran tanah dalam rangkapensertifikatan hak atas tanah.c. Tertib Penggunaan TanahDiarahkan pada usaha untuk:1.Menumbuhkan pengertian mengenai arti pentingnyapenggunaan tanah secara berencana dan sesuaidengan kemampuan tanah.2.Menyusun rencana penggunaan tanah baik tingkatnasional maupun tingkat daerah.3.Menyusun petunjuk-petunjuk teknis tentangperuntukan dan penggunaan tanah.4.Melakukan survey sebagai bahan pembuatan petapenggunaan tanah, peta kemampuan dan petadaerah-daerah kritis.d. Tertib Pemeliharaan Tanah Dan Lingkungan HidupDiarahkan pada usaha:1.Menyadarkan masyarakat bahwa pemeliharaantanah merupakan kewajiban setiap pemegang hakatas tanah.2.Kewajiban memelihara tanah tidak saja dibebankankepada pemiliknya atau pemegang haknya yangbersangkutan, melainkan menjadi beban setiaporang, badan hukum, atau isntansi yang mempunyaisuatu hubungan dengan tanah.3.Memberikan fatwa tata guna tanah dalam setiappermohonan hak atas tanah dan perubahanpenggunaan tanah.
Pertimbangan dari segi tata guna tanah, antaralain menjawab
:
Apakah pemberian hak atas tanah kepada pemohonitu sesuai dengan rencana tata guna tanah yang sudahada ?
 
Apakah penggunaan tanah sebagai yang dimaksudpemohon sesuai dengan daya kesanggupan dankemampuan tanah yang bersangkutan ?
Apakah tidak perlu diadakan syarat-syarat khususmengenai pemeliharaan kesuburan dan pengawetantanah yang bersangkutan?
Melakukan analisa dampak lingkungan (ANDAL)sebelum suatu usaha industri/pabrik didirikan.
Melakukan pemantauan terhadap penggunaan tanah. Yang erat kaitannya dengan bidang tata guna tanahadalah tertib penggunaan tanah dan tertibpemeliharaan tanah & lingkungan hidup.
2. Gerakan Nasional Sadar Tertib Pertanahan
Berdasarkan Kep. Menteri Agraria/KBPN Nomor 5 Tahun1995 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Pertanahandicanangkanlah suatu gerakan nasional dengan namaGerakan Nasional Pemasangan Tanda Batas Pemilikan Tanah, yaitu gerakan kesadaran masyarakat untukmensukseskan Catur Tertib Pertanahan.Pemasangan tanda batas pemilikan tanah dilakukan olehpemilik tanah yang berdampingan secara bersama-samayang tergabung dalam wadah Kelompok MasyarakatSadar Tertib Pertanahan (POKMASDARTIBNAH)Gerakan Nasional Sadar Tertib Pertanahan:
a. Tujuan
Sebagai gerakan partisipasi masyarakat dalam rangkamempercepat Catur Tertib Pertanahan serta menigkatkanpelayanan kepada masyarakat.
b. Prinsip Dasar
1.Pemasangan tanda batas tanah dilakukan oleh pemiliktanah secara bersama-sama pemilik tanah yangberdampingan2.Diciptakan adanya kelompok masyarakat yangdibentuk oleh masyarakat untuk mensukseskankegiatan ini.3.Sasaran

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wibiseno Udiaji liked this
Danny Van Halen liked this
tarukallo liked this
arsitektur90 liked this
Nova Sriwahyuni liked this
Lenny Mawon Lah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->