Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Proposal KKN

Proposal KKN

Ratings: (0)|Views: 3,753 |Likes:
Published by Bahauddin Amyasi

More info:

Published by: Bahauddin Amyasi on Sep 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Dari tahun ke tahun, Indonesia dihadapkan pada perubahan ekonomi dan politik yang tidak menentu. Pertumbuhan ekonomi akan berdampak pada perubahan angka kemiskinan, perubahan pendapatan, dan juga perubahan angkakematian penduduk terutama di daerah-daerah tertinggal. Dampak krisis ekonomiterhadap kesehatan masyarakat dapat dilihat secara tidak langsung, yaitu berdampak pada perubahan morbiditas dan mortalitas penduduk Kondisi masyarakat pedesaan khususnya di Madura merupakan bagianyang tak terpisahkan dari kehidupan yang berbasis pertanian dan perikanan. Olehkarena itu, diharapkan laporan ini dapat memberikan solusi alternative kepadamasyarakat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dapat mendoronglaju perkembangan ekonomi masyarakat, sehingga hasil pertanian, perikanan, dankerajinan serta kebutuhan komunikasi dan transportasi dapat memberikankontribusi positif terhadap kehidupan masyarakat.
1.2
Rumusan Masalah
Apakah potensi dan kelemahan Desa Branta Tinggi sebagai salah satuDesa Model, dan apakah TTG yang bisa diterapkan di Desa tersebut.
1.3Tujuan
Tujuan KKN BDMB ini dibagi menjadi 2 tujuan, yaitu :
1.3.1Tujuan Umum
a. Terbentuknya sarjana yang mampu menghayati masalah yang sangat komplek yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan dan belajar memecahakanmasalah - masalah tersebut secara pragmatis dan indisipliner.
1
Laporan KKN-BDMB Branta Tinggi 2009
 
 b. Mendeklatkan lembaga pendidikan tinggi pada masyarakat dan lebihmeningkatkan relevansi kurikulum pendidikan tinggi dengan tuntutankebutuhan masyarakat.c. Membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatdesa tertinggal.d. Mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar perguruan tinggi.
1.3.2
Tujuan Khusus
a.
Membantu pelaksanaan pembagunan dan mengawal percepatan perwujudankesejahteraan masyarakat desa daerah tertinggal di jawa timur yang telahditetapkan dalam strategi nasional pembagunan kementrian Negara pembagunan daerah tertinggal ( KPDT ), serta membantu merumuskanformula pengembangan model pembangunan daerah tertinggal, khususnya di provinsi jawa timur.
b.
Membantu dalam menformulasikan arah dan tujuan pembangunan berdasarkan potensi, permasalahan, dan keterbatasan daerah, serta ikut sertamengawal hasil – hasil pembagunan yang telah dilakukan pemerintah provinsi jawa timur.
1.4
Manfaat Kegiatan
1.Data dari kegiatan ini dijadikan dasar untuk perencanaan intervensi yangtepat.
2.
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan
 screening 
 permasalahan yang ada di masyarakat3.Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan program yangsesuai dengan permasalahan4.Sebagai dasar bagi Kementerian Daerah Tertinggal dalam penentuankebijakan
2
Laporan KKN-BDMB Branta Tinggi 2009
 
1.5Gambaran Umum Profil Desa1.5.1 PROFIL DESA
Desa Branta Tinggi berada pada ketinggian 1 – 9 m dpl dengan topografidaerah pesisir, dataran rendah sampai dengan dataran tinggi. Desa Branta Tinggimempunyai luas 149,75 ha dengan batas-batas wilayah adalah :Sebelah Utara:Desa PangleguSebelah Selatan:Selat MaduraSebelah Barat:Desa Gugul, Tlanakan, Branta PesisiSebelah Timur:Desa Larangan Tokol, TlesahDesa Branta tinggi terdiri dari 3 dusun yaitu : Gedongan, Tengah danPlanggaran. Dengan posisi orbitasi sebagai berikut :Jarak desa ke kecamatan: 1 kmWaktu tempuh ke kecamatan:10 menitJarak desa ke kabupaten:7 kmWaktu tempuh ke kota kabupaten: 15 menitLuas Wilayah:148,75 haPemukiman:24,75 haSawah:41,28 haLadang/ Tegalan:29,10 haHutan:-Perikanan (kolam, empang):-Jumlah penduduk Desa Branta Tinggi pada tahun 2006 sebesar 2.210 jiwaatau 712 Kepala Keluarga yang terdiri dari laki-laki 1.032 jiwa dan perempuan1.178 jiwa.
Berbagai potensi yang terdapat di Desa Branta Tinggi, yaitu :
Potensi Geografis.
Desa Branta Tinggi secara struktural merupakan bagian integral dari sistem perwilayahan Kecamatan Tlanakan. Posisi Desa Branta Tinggi secara makro berada pada jalur jalan kolektor primer, yaitu jaringan jalan yang menghubungkanantara kota Pamekasan dengan kota Sampang. Kondisi ini memberikan indikasi
3
Laporan KKN-BDMB Branta Tinggi 2009

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mnas liked this
Dwy Octaviany liked this
Nia Ruqia liked this
Diah Waryanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->