Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bunyi

Bunyi

Ratings: (0)|Views: 28,206|Likes:
Published by velajave
bunyi ( fisika )
bunyi ( fisika )

More info:

Published by: velajave on Sep 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2014

pdf

text

original

 
Bunyi
A.Pengertian Bunyi:
Gelombang yang di hasilkan oleh benda yang bergetar, benda ini disebutsumber bunyi.Kita dapat mendengar bunyi karena bunyi merambat.
Proses merambatnya bunyi : benda yg bergetar akan menggetarkanmolekul udara di sekitarnya lalu molekul yg bergetar akanmerambatkan ke molekul udara yg lain , dan begitu seterusnya sampaigetaran itu terdengar di telinga kita. Molekul udara membentukrapatan (R) dan renggangan (r) mirip seperi rapatan dan rengganganpada slinki.
Cara terjadinya rapatan dan renggangan pada molekul udara : getaran yang di hasilkan benda hanya berupa gerakan maju-mundur pada posisisetimbangnya , getaran ini menyebabkan molekul udara terdorongmendekat dan pada saat yg berbeda molekul udara terdorong menjauh.( rapatan & renggangan)
Gelombang bunyin tergolong gelombang longitudinal
Gelombang bunyi juga termasuk gelombang mekanik karenamembutuhkan medium untuk merambat
Syarat terjadi dan terdengarnya bunyi adalah
Ada benda bergetar ( sumber bunyi )
Ada medium yg merambatkan bunyi
Ada penerima yang berada di dalam jangkauan sumber bunyi
1.Cepat Rambat Bunyi
Bunyi mempunyai cepat rambat yang terbatas. Bunyi memerlukan waktu untukberpindah. Cepat rambat bunyi sebenarnya tidak terlampau besar. Cepatrambat bunyi jauh lebih kecil dibandingkan dengan cepat rambat cahaya.Karena bunyi termasuk gelombang, cepat rambat bunyi juga memenuhipersamaan cepat rambat gelombang. Jika bunyi menempuh jarak (s) selamaselang waktu (t) maka akan memenuhi hubunganV =
 s
 
dengan , s = jarak tempuh (m) , t = waktu ( s ) , dan v = cepat rambat bunyi(m/s).satu periode gelombang menempuh jarak sejauh satu panjang gelombang.Maka , jika t = T , maka s = lambda . maka bentuk lain ungkapan cepat rambatgelombang adalahv =
λ 
oleh karena f = 1/T , makav =
λ 
dengan lambda = panjang gelombang bunyi (m)T = periode gelombang bunyi (s)F = ferkuensi gelombang bunyi (Hz)
Suhu
makin tinggi suhu medium , makin cepat rambat bunyi dalam medium itu .karena makin tinggi suhu , maka semakin cepat getaran partikel-partikeldalam medium tersebut . akibatnya , proses perpindahan getaran makincepat .
Kekerasan
Makin keras medium umumnya semakin besar cepat rambat bunyi dalammedium tersebut . penyebabnya adalah makin keras medium maka makin kuatgaya kohesi antar-partikel . akibatnya pengaruh suatu bagian medium kepadabagian yg lain akan mengikuti getaran tersebut dengan segera . akibatnyaperpindahan getaran terjadi sangat cepat .
2.Batas Pendengaran Manusia
Manusia dapat mendengar bunyi karena mempunyai telinga . Kemampuantelinga manusia untuk mendengar bunyi sangat terbatas . telinga manusianormal umumnya hanya dapat mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 –20 000 Hz . Bunyi dalam jangkauan seperti itu di sebut
audiosonik .
GendangteLinga manusia hanya dapat menghasilkan elombang listrik syaraf yang dapatditerjemahkan otak jika bergetar dengan frekuensi audiosonik .
 
Bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz disebut
infrasonik
. Bunyi denganfrekuensi di atas 20 000 Hz disebut
ultrasonik
. manusia tidak bisamendengar bunyi infrasonik atau ultrasonik .Manfaat bunyi ultrasonik bagi manusia :
Melihat bagian dalam tubuh : penggunaan gelombang bunyi untukmelihat kondisi janin jauh lebih aman dari pada sinar X .
Membersihkan benda yg halus : banyak digunakan di pabrik untukmembersihkan partikel kecil pada benda dgn cara mengarahkan bunyiultrasonik pada benda-benda tersebut dan partikel kotoran akan lepas.
Kacamata tunanetra : sama seperti prinsip kerja kelelawar kacamataini memiliki alat yg dapat berfungsi menghasilkan bunyi ultrasonik danalat menangkap suara ultrasonik tersebut . 
3.Tingi Rendah Bunyi
Bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar . Frekuensi yang dihasilkan olehbenda tersebut berbeda-beda . makin tinggi frekuensi sumber bunyi makintinggi bunyi yg di hasilkan . bunyi yg sangat tinggi menyebabkan telinga sakithal tersebut karena ketika mencapai telinga bunyi yang tinggi menyebabkangendang telinga bergetar cepat , akibatnya telinga terasa nyeri .
4.Kuat Lemah Bunyi
Kuat lemah bunyi ditentukan oleh amplitudonya . makin besar amplitudo bunyimaka makin kuat bunyi tersebut begitu juga sebaliknya . saat kitamembesarkan suara televisi atau radio kita tidak memperbesar frekuensi nyaktia hanya memperbesar amplitudonya . semakin besar amplitudo semakinbesar getaran semakin besar gelombang bunyinya . sesampainya di telingagetaran tersebut mengetarkan gendang telinga . dengan demikiandihasilkanlah gelombang listrik syaraf pendengaran yang lebih besar pula .otak kemudian menerjemahkan gelombang tersebut sebagai bunyi yang keras. perlu di ingat bahwa bunyi yang keras dapat merusak gendang telinga .
5.Kualitas Bunyi
Karakter bunyi yang khas disebut kualitas bunyi . kualitas bunyi seringdisebut timbre atau warna bunyi . kualitas bunyi inilah yang membedakanbunyi yg dikeluarkan oleh berbagai jenis alat musik . kualitas bunyibergantung pada nada atas dan nada dasar .

Activity (81)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AszFilza liked this
Sudrajat Saputra liked this
Tyas Puella liked this
Ruhai Iza liked this
nkhyty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->