Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Protap SARS

Protap SARS

Ratings: (0)|Views: 2,631|Likes:
Published by Yudha Perwira Putra
Semoga bisa membantu dan berguna...
Semoga bisa membantu dan berguna...

More info:

Published by: Yudha Perwira Putra on Sep 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
PROSEDUR TETAP PENANGANAN SARS
TUJUAN : Sebagai acuan penanganan Severe Acute Respiratory Syndrome( SARS ) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta.RUANG LINGKUP : Seluruh Petugas Medis dan Paramedis dan tenagapendukung lainnya dalam lingkungan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr.Sulianti Saroso Jakarta.URAIAN UMUM : Penanganan SARS adalah Pelayanan Tim SARS terhadapseluruh kasus SARS yang masuk melalui Triage Instalasi Rawat Darurat yangdilaksanakan secara berkesinambungan selama 24 jam terus menerus.DEFINISI :SUSPECT CASE :adalah Seseorang setelah 1 November 2002 menderita sakit dengan gejalademam tinggi (>38°C), dengan satu atau lebih gejala gangguan pernapasanyaitu batuk, napas pendek, kesulitan bernapas,dengan satu atau lebihkeadaan berikut; dalam 10 hari terakhir sebelum sakit mempunyai riwayatkontak erat dengan seseorang yang didiagnosis sebagai penderita SARSatau dalam 10 hari terakhir sebelum sakit melakukan perjalanan ke " AffectedAreas" lihat http://www.infeksi.com/penyakit/penyakit_sars.htmlKONTAK ERAT adalah orang yang merawat, tinggal serumah atauberhubungan langsung dengan cairan saluran pernapasan atau jaringantubuh penderita SARS.AFFECTED AREAS adalah Negara (daerah) yang mempunyai penderitayang menjadi sumber penularan langsung virus SARS.PROBABLE CASE adalah Suspect case dengan gambaran foto thoraksmenunjukkan tanda-tanda Pneumonia atau " Respiratory Distress Syndrome"(RDS) atau seseorang yang meninggal karena penyakit saluran pernapasanyang tidak jelas penyebabnya dan pada pemeriksaan autopsi ditemukantanda patologis berupa RDS yang tidak jelas penyebabnya.PNEUMONIA adalah peradangan pada jaringan paru yang disebabkan olehbakteri tipik atau atipik (Mis. virus, mycoplasma, legionella, chlamydia).Pneumonia dapat disebabkan juga oleh jamur, parasit dan tidak termasukyang mycobacterium tuberculosis.SARS adalah infeksi saluran napas akut berat disebabkan oleh coronavirus.Sars merupakan salah satu type pneumonia atipik. atau SARS adalahPneumonia yang didapat melalui penularan di masyarakat atau lazim disebutCommunity Acquired Pneumonia ( CAP ).
 
FORMULIS SARS adalah formulir yang telah disiapkan dalam rangkapencatatan dan pelaporan kasus SARS, terdiri dari Form Sars.01, Form Sars02, Form Sars.03,Form Sars.04 dan Form Sars. 05. Form.W1 ...PROSEDUR1. RUJUKAN : Penderita yang dirujuk ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof.Dr. Sulianti Saroso adalah penderita yang oleh Petugas Kesehatan dariRumah Sakit yang merujuk sudah dapat mengidentifikasi bahwa penderitatersebut adalah SUSPECT CASE SARS. Rumah Sakit yang melakukanrujukan sebaiknya menghubungi petugas Triage RSPI - SS untukmempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka penerimaan penderitatersebut termasuk pengiriman kendaraan ambulans khusus untukpenanganan kasus ini ke rumah sakit yang merujuk tersebut.2. AMBULANCE : ( EMERGENCY MEDICAL TRANSPORT / EMT )
o
Petugas EMT telah melakukan Standart Universal Precaution. sebelummelaksanakan tugas (menjemput / mengantar penderita SARS)
o
Jumlah petugas EMT seminimal mungkin (satu sopir, satu paramedis).
o
Didalam perjalanan penderita tidak diperkenankan makan dan minum.
o
Memperhatikan sistim ventilasi EMT.
o
Kelengkapan medis standar EMT.
o
Kendaraan EMT segera melakukan sterilisasi setelah mengantarpenderita sampai ke Triage Instalasi Rawat Darurat.
o
Petugas EMT segera melakukan kontrol kesehatan kepada dokteryang telah ditunjuk untuk pelaksanaan tugas tersebut.3. DATANG SENDIRI :Adalah masyarakat/penderita yang dengan kesadarannya sendiri datangmemeriksakan dirinya ke Triage Instalasi Rawat Darurat RSPI - SSsetelah mengetahui gejala-gejala SARS yang ada pada dirinya.Penderita yang telah menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan dugaanSARS, tetapi setelah kembali kerumah ternyata gejala-gejala SARStersebut baru timbul/nampak, penderita tersebut harus segera melakukankontrol ulang demi mencegah penularan lebih lanjut.4. TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN ( TPP ) :Adalah tempat yang disediakan oleh Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof.Dr. Sulianti Saroso untuk melakukan pendaftaran diri penderita dalamrangka pemeriksaan kesehatan oleh tim Medis Rumah Sakit.Pada TPP tersebut telah ditempatkan seorang petugas tambahan yangtelah dilatih untuk melakukan seleksi terhadap seluruh penderita yangmengalami keluhan/gejala sesuai gejala SARS.Petugas TPP tersebut akan mengarahkan penderita yang telah dicurigaimenderita gejala SARS tersebut untuk diperiksa di ruang Triage IRD.
 
5. GEJALA SARS :
o
Demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius
o
Salah satu atau lebih gangguan pernapasan.
o
Napas pendek
o
Kesulitan bernapas
o
Dapat diserta dengan sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun,bingung, kulit kemerahan dan diare.
o
Dan salah satu dari beberapa hal berikut :
o
Dalam 10 hari terakhir telah kontak erat dengan seseorang yang telahdidiagnostik SARS ( yang merawat, serumah dengan yang merawat,atau secara langsung telah terkontak dengan cairan pernapasan dancairan tubuh penderita SARS ).
o
Dalam 10 hari terakhir melakukan perjalanan ketempat yangdilaporkan sebagai fokus penularan ( Daerah Penularan ).TRIAGE INSTALASI RAWAT DARURAT :
o
Rawat Darurat (Emergency) adalah suatu keadaan dimana penderitamemerlukan pemeriksaan dan tindakan medis segera dan apabila tidaksegera dilakukan akan berakibat fatal bagi penderita.
o
Triage adalah ruangan yang yang mempunyai fungsi untuk melakukanseleksi terhadap penderita SUSPECT CASE / PROBABLE CASE SARS,dimana semua petugas telah melakukan Standart Universal Precaution.
o
Seleksi pertama dilakukan oleh Perawat yang telah dilatih denganberpedoman pada daftar pertanyaan (Form SARS.01) yang telahdisediakan untuk itu, sekaligus melakukan pemeriksaan awal sebelumDokter yang bertugas melakukan pemeriksaan lanjutan.
o
Tahapan kedua adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter Triagedengan tetap berpedoman pada FormSars.02 dan FormSars.03 yangdilanjutkan dengan pemeriksaan standar diagnostik medis.
o
Jika terindikasi untuk dilakukan pemeriksaan penunjang diagnostik, makatim dokter segera melakukan (oleh petugas Khusus) pemeriksaanlaboratorium dan Foto Toraks pada penderita tersebut.
o
Dari hasil pemeriksaan diagnostik fisik dan penunjang tersebut , dokterdapat memulangkan atau segera merawat penderita tersebut sesuaiindikasi.
o
Untuk penderita yang akan dirawat, maka dokter Triage segeramelaporkan hal rencana perawatan penderita tersebut pada dokterKonsulen jaga pada hari itu.RAWAT JALAN :Adalah semua jenis pelayanan kesehatan perorangan yang dilakukan olehdokter Triage Instalasi Rawat Darurat Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr.Sulianti Sarosa, tanpa menginap.Dokter yang memeriksa Penderita dengan "GEJALA SARS" yang masihmeragukan, dan secara medis masih dapat dilakukan rawat jalan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wiky Wijaksana liked this
Prima Aditama liked this
Annis Bachdim liked this
Ade Sry Wahyuni liked this
sitiDjawijah liked this
teuku01 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->