Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
15Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendidikan Usia Dini sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi

Pendidikan Usia Dini sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi

Ratings: (0)|Views: 3,559|Likes:
Published by widyatn
Korupsi yang sudah mengakar dalam masyarakat hanya bisa diberantas dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada anak usia dini.
Korupsi yang sudah mengakar dalam masyarakat hanya bisa diberantas dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada anak usia dini.

More info:

Categories:Types, Research, Law
Published by: widyatn on Sep 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/08/2012

pdf

text

original

 
UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN NILAIPADA ANAK USIA DINI
Widyat NurcahyoUniversitas Tama Jagakarsa
Pendahuluan
Cari uang yang haram saja susah, apalagi yang halal.
Ungkapan bernada pragmatis ini populer sebagai pembenaran bagi sebagian masyarakatuntuk melakukan korupsi.Tapi, apakah korupsi itu? Istilah korupsi bisa dinyatakan sebagai perbuatantidak jujur atau penyelewengan yang dilakukan karena adanya suatu pemberian.Sedangkan dalam kamus
Webster 
diartikan sebagai perubahan kondisi dari yang baik menjadi tidak baik.Di Indonesia, masalah penanggulangan korupsi sudah lama diupayakan.Pada tahun 1957 dibuat Peraturan Penguasa Militer-Angkatan Darat dan Laut RI- Nomor: PRT/PM/06/1957 yang mencantumkan istilah korupsi secara yuridis.Pada masa itu, korupsi dianggap sebagai penyakit masyarakat yang menggerogotikesejahteraan dan menghambat pelaksanaan pembangunan, merugikan perekonomian, dan mengabaikan moral. Peraturan dibuat karena Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) saat itu tidak mampu menanggulangi meluasnyakorupsi. Peraturan tersebut dapat dikatakan sebagai upaya awal pemerintah dalammenanggulangi korupsi sebelum Undang-undang Nomor 3 tahun 1971 tentangPemberantasan Tindak Pidana Korupsi dikeluarkan. Namun, dalam perjalanannya,korupsi semakin bertambah parah dan berkembang luas.Berbagai kalangan dalam dan luar negeri sudah mengemukakan pendapatmereka tentang korupsi di Indonesia. Ada pendapat yang mengatakan bahwakorupsi di Indonesia sudah menjadi sistem yang menyatu dengan penyelenggaraan pemerintahan negara. Disebutkan bahwa daya tahan struktur pemerintahan sangat
 
 bergantung pada kelancaran penyaluran dana kepada unsur-unsur pemerintahanyang di dalamnya banyak mengandung unsur-unsur korupsi. Bila korupsidiberantas, maka akan merusak arus penyaluran dana itu dan pemerintahan akanhancur.Dibandingkan dengan kondisi di berbagai negara lainnya, Indonesiatergolong pada negara dengan tingkat korupsi yang sangat parah. Ini adalah hasilsurvei yang dilakukan oleh berbagai lembaga atau organisasi di luar negeri, baik swasta ataupun pemerintah. Terlepas dari berbagai parameter yang mungkin bisadiperdebatkan, hasil tersebut harus diakui sebagai kenyataan yang tidaterbantahkan.Lalu, mengapa fenomena korupsi di Indonesia menjadi semakin parah dan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menanggulanginya?
Tujuan Pembahasan
Makalah ini mencoba mengurai beragam jenis korupsi dan menelusuriakar penyebabnya, kemudian mencari dan memberikan solusi yang dapatmenuntaskan masalah korupsi di Indonesia.
Ruang Lingkup Pembahasan
Dalam makalah ini akan dibahas jenis-jenis korupsi menurut UU No. 31Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001, menelusuri akar penyebab korupsi berdasarkan etika dan wawasan berbudi luhur, dan memberikan alternatif  penyelesaian masalahnya.
Metode Penelitian
Dalam makalah ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaandan metode studi kasus.
 
Hipotesis
Korupsi hanya dapat diberantas dengan memberikan pendidikan nilaikepada generasi muda sejak dini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->