Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
57Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rezim Orde Baru

Rezim Orde Baru

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 23,071|Likes:
Published by Nikko Adhitama
rezim orde baru, kelebihan dan kekurangannya
rezim orde baru, kelebihan dan kekurangannya

More info:

Published by: Nikko Adhitama on Sep 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See More
See less

06/19/2013

REZIM ORDE BARU
KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
Makalah
Disusun untuk
Memenuhi tugas Sejarah
Oleh

Niken Fitri P
Nikko Adhitama
Nurul Fajriah
Rizal Djunanda

SMA NEGERI 1 PATI
2009
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Peristiwa G30S/PKI menimbulkan instabilitas politik pemerintah Indonesia akibat tidak tegasnya kepemimpinan Presiden Soekarno atas peristiwa itu. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat yang kemudian diikuti dengan serangkaian demonstrasi menuntut pembubaran PKI beserta organisai-organisasi massanya serta para tokohnya diadili. Untuk itu, diangkatlah Panglima Kostrad atau Pangkopkantib Mayor Jendral Soeharto sebagai menteri/panglima Angkatan Darat pada tanggal 14 Oktober 1965, untuk mengisi kekosongan pimpinan Angkatan Darat. Mulai saat itu pula, segera dilakukan pembersihan terhadap unsur-unsur PKI dan ormasnya.

Masyarakat luas yang terdiri dari kalangan partai politik, organisasi massa, perorangan, pemuda, mahasiswa, dan kaum wanita secara serentak membentuk suatu kesatuan aksi dalam bentuk Front Pancasila untuk menumpas para pendukung Gerakan 30 September 1965/PKI ini. Pada tanggal 8 Januari 1966, front pancasila berdemonstrasi di Gedung Sekretariat Negara dengan mengajukan pernyataan bahwa kebijakan ekonomi pemerintah tidak bisa dibenarkan. Kemudian pada tanggal 12 Januari 1966, mereka berkumpul di depan gedung DPR-GR untuk mengajukan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura) yang berisi:

\ue000
Pembubaran PKI dan ormas-ormasnya
\ue000
Pembersihan Kabinet Dwikora
\ue000
Perbaikan ekonomi (penurunan harga-harga)

Menanggapi tuntutan-tuntutan tersebut, pada tanggal 15 Januari 1966 diadakan sidang paripuna Kabinet Dwikora di Istana Bogor. Setelah rapat usai, pada tanggal 21 Februari 1966, presiden Soekarno mengumumkan perubahan (reshuffle) kabinet. Namun, perubahan susnan kabinet itu belum meuaskan hati rakyat. Mereka masih menganggap bahwa kabinet baru bentukan presiden masih disusupi anggota PKI.

Akhirnya, pada 11 Maret 1966, Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) terbit. Surat ini berisi pengangkatan Soeharto sebagai pimpinan tertinggi menggantikan presiden untuk mengatasi keadaan hingga keadaan kembali normal. Namun pada akhirnya, surat ini mengantarkan Soeharto ke

pucuk pemerintahan menggantikan Soekarno yang sudah kehilangan
kepercayaan dari rakyat sejak peristiwa G30S/PKI Oktober silam.

Keluarnya Supersemar dinilai berhasil mengakhiri kemelut politik panjang pasca peristiwa G30S/PKI segaligus melahirkan rezim baru yang disebut Rezim Orde Baru. Bahkan sekalipun situasi konflik berhasil diatasi, namun masih banyak masalah-masalah lain yang harus diselesaikan. Untuk mencapai stabilitas nasional, misalnya, harus ada pembaruan di segala bidang kehidupan dengan mengeluarkan produk peraturan perundang-undangan.

Namun sayangnya, rezim yang berkuasa selama hampir 32 tahun itu disalahgunakan oleh para penguasanya untuk kepentingan pribadi. Pelanggaran HAM, pelanggaran konstitusi, pengekangan demokrasi juga dilakukan untuk melanggengkan kekuasaan.

Banyaknya penyimpangan ini akhirnya menurunkan kepercayaan
rakyat terhadap pemerintah Orde Baru.
B. Rumusan Masalah

Dalam penyusunan makalah ini, penulis akan membatasi pembahasan tentang dua hal saja, yaitu kelemahan serta kelebihan dalam rezim Orde Baru. Pertanyaan yang timbul dari masalah ini antara lain:

a. Apa saja keberhasilan-keberhasilan rezim Orde Baru dalam 32 tahun
masa kekuasaannya?
b. Apa saja kelemahan-kelemahan pemerintah Orde Baru hingga
memicu protes besar dari rakyat?
C. TujuanAdapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk
mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari Orde Baru itu sendiri
sebagai acuan dalam rezim pemerinthan yang akan datang.
D. Manfaat

Penulisan makalah ini diharapkan dapat mengurangi asumsi buruk masyarakat yang cenderung beranggapan Orde Baru sebagai rezim yang buruk, otoriter, dan penuh penyimpangan.

Activity (57)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nikko Adhitama liked this
Yofi Yoand liked this
aghvar liked this
Ari Anwari liked this
Mie-rha Ilha liked this
Suhendra Kosasih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->