Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
99Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Buku Paket TIK Kelas X

Rangkuman Buku Paket TIK Kelas X

Ratings: (0)|Views: 6,676 |Likes:
Published by tonny wicakshana

More info:

Published by: tonny wicakshana on Sep 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

 
Bab 1. Operasi Dasar Komputer Perangkat Lunak dalamSistemInformasi
Di dalam bidang teknologi informas, computer merupakan alat yang dapat menyajikaninformasi.Informasimerupakan hasil proses daridata-datayang diinput.Input yangdikenalkomputer adalah bilangan 0 dan 1 sebagai bilangan biner (
 Binary Code Decimal 
).Setelah data tersebut diinput,selanjutnya computer melakukan suatu proses dalam peranti prosesor.Di dalam prosesor,dilakukan pemrosesan data baik  penjumlahan,pengurangan,pembagian,perkalian,perpangkatan,dan sebagainya.Saat ini,computer sudah merupakan kebutuhan mutlak bagilembaga-lembaga pemerintah maupun swasta.Kehadiran computer diharapkan dapat membantu berbagaiaspek kehidupan dan pekerjaan.Pada awalnya,computer hanya berdiri sendiri tanpa terhubung satudengan lainnya (
 stand alone
).Namun saat ini,computer dapat saling berhubungan dan dapat berkomunikasi dengan perngkat teknologi informasi lainnya.Semuanya,memang terasa lebihmemudahkan.Akan tetapi,dari kemudahan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki,terdapat pula kelemahan seperti adanya serangan virus,hacker dan penyalahgunaanteknologi.Kebutuhan akan informasi dan komunikasi mudah dilakukan dengan computer dan perlatan teknologi lainnya.
1.1Mengaktifkan dan Mematikan Komputer sesuai dengan Prosedur 
A.Macam Port Sistem Unit (Consule)
Satu unit computer terdiri dari CPU,monitor,keyboard,dan mouse.CPU merupakan sitem unitatau consule yang memiliki beberapa port.Port pada computer berfungsi sebagaiantarmukaantara sebuah computer dengan computer atau dengan unit (
device
) lain.Portmemilikisatandar bentuk sendiri,misalnya port untukkeyboard berbentukbulat Pemasangankabelmonitor,keyboard dan mouse harussesuai dengan port-nya.Kesalahan pemasangan dapatmenyebabkan tidakberfungsinya computer.Oleh karena itu,pemasangan port harus sesuaidengan posisinya.Berikut inibeberapa jenis port.1.Port serial,port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untukmenghubungkanmouse,joystick,dan modem eksternal.2.Port pararel,portini digunakan untukmenghubungkan CPU dengan printer danmodemeksternalserta peripheral lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel.3.PS/2,port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkankeyboard dan mouse.4.USB (Universal Serial Bus),port ini merupakan port multifungsi yang dapatdigunakan pada beberapa perangkat,seperti mouse,keyboard,modem,cardwireless,dan lain sebagainya.
1
 
Untuk memasang port-port computer tersebut,sebaiknya computer dalam keadaanmati dan dipasang pada posisi yang tepat dan tidak terbalik.Hal ini bertujuan untuk menghidari kerusakan pada CPU maupun perngkat lainnya.
B.Peralatan Pendukung Komputer
Untuk menghidupkan dan mematikan computer,terdapat beberapa prosedur yang perludiperhatikan dan agar kita dapat bekerja dengan nyaman,ada beberapa perlatan-peralatantambahan yang dibutuhkan,yaitu:
Instalasi listrik yang baik Instalasi listrik yang baik akan memberika rasa aman dan nyaman bagi penggunacomputer. Hindari penggunaan sumber listrik bersama-sama dengan peralatanelektronika lainnya, hindari penggunaan kabelrol (gulung)Karena kabel-kabel tersebut biasanya tidak tahan terhadap panas dan menyebabkanterjadinya korsleting.
Stabilizer Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke
 power supply
computer.
Uninteruptible Power Supply (UPS)Alat ini sebagai cadangan power (
battery
) apabila lampu padam.UPS dapat menyimpan power sekitar 3-5 jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.
Air Conditioner (AC)Sebenarnya alat ini sebagai pendingin ruangan.Namun,AC juga sangat bermanfaatuntuk mengurangi panas yang berlebihan pada computer.Terutama laboratorium yangmemilikibeberapa computer,perlu menggunakan AC.
C.Prosedur Untuk Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Menghidupkan dan mematikan computer adalah hal yang sangat penting agar computer dapatselalu berfungsi dengan baik.Mengabaikan prosedur tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada computer tersebut,terutama pada perangkat lunak dan
backing storage
(harddisk).Berikut adalah prosedur menghidupka dan mematikan computer dengan systemoperasi Windows XP.
1. Menghidupkan Komputer
Periksa kabelpower apakah sudah tersambung pada UPS dan stabilizer sebelum UPSdan Stabilizer dihubungkan dengan listrik.
Periksa keyboard,mouse,dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnyamasing-masing.
Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A.Jika ada disket keluarkan terlebihdahulu.Halini dikarenakan computer pertma kali booting akan membaca disket padafloppy drive A.
Tekan pada UPS dan stabilizer,kemudian tekan power pada CPU dan monitor.Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
2
 
Setelah booting selesai akan tampil desktop berikut ini.
2. Mematikan Komputer
Untuk keamana file dan harddisk,computer perlu dimatikan dengan menggunakan prosedur yang benar.Berikut langkah-langkahnya.
Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup.
Klik Start pada Taskbar.
KlikTurn Off(untuk Windows XP)/shutdown untuk versi sebelumnya.
Klik Turn Off.
Tunggu sampai proses Logging off padacomputer selesai.
Kemudian,matikan computer denganmenekan tombol power yang ada pada
3

Activity (99)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Roy Lifriandi liked this
Izzi Chiko liked this
Puti Permata liked this
Indra Ilharullah liked this
Heri Istiawan liked this
Agri Marcharifa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->