Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
75Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pekerjaan pembesian

pekerjaan pembesian

Ratings: (0)|Views: 7,117 |Likes:
Published by Donz Sinatraz

More info:

Published by: Donz Sinatraz on Sep 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

 
 Pekerjaan Pembesian Hal 1 dari 10
PEKERJAAN PEMBESIAN
PASAL 1. UMUM1.1. Persyaratan Umum
 Kecuali ditentukan lain semua pekerjaan pada bab ini, seperti terlihat atauterperinci harus sesuai dengan persyaratan dari seluruh bagian dari dokumenkontrak.
1.2. Lingkup Kerja
A. Pekerjaan yang termasuk penyerahan laporan-laporan, gambar-gambarkerja dari pekerjaan pembesian, penyediaan dan penempatan tulanganbaja untuk semua pekerjaan beton yang langsung dicor di tempat, termasukpenyediaan dan penempatan batang-batang “
dowel 
” ditanamkan di dalambeton seperti terlihat dan disyaratkan di dalam gambar atau sepertipetunjuk “Pengawas yang ditunjuk” dan bila disyaratkan, penyediaanpenulangan untuk dinding blok beton.B. Catatan-catatan. Catatan-catatan pada gambar-gambar struktur adalahbagian dari Bab ini.C. Pekerjaan yang berhubungan :1 Pekerjaan beton2 Cetakan beton
1.3. Referensi-referensi
 Pekerjaan yang tercantum pada bab ini, kecuali ditentukan lain seperti catatanpada gambar-gambar atau seperti diperinci disini, harus disesuaikan denganedisi terakhir dari peraturan-peraturan, standar-standar atau spesifikasi-spesifikasi berikut :A. SKSNI T-15 Tata cara Penghitungan Struktur Beton untuk Bangunan1991-03 Gedung.
 
 Pekerjaan Pembesian Hal 2 dari 10
B. S.I.I. 0136 Standar Industri Indonesia, Baja Tulangan Beton(UDC.669.14)C. PBI-71 NI 2 Peraturan Beton IndonesiaD. A.C.I.301. Specification for Structural Concrete of Building.E. A.C.I.315. Manual of Standar Practice for Reinforced Concrete.F. A.C.I.318. Building Code Requirements for Reinforced ConcreteG. A.S.T.M.-A185. Standard Specification for welded steel wire fabric forconcrete reinforcement.H. A.S.T.M.–A165 Standard Specification for Deformed and Plain Bullet SteelBars for Concrete Reinforcement, grade 40, deformed, forreinforcing bars, grade 40, for stirrups and ties.I. A.W.S. 12.1. Reinforcing steel welding code.
1.4. Percobaan-percobaan dan Pemeriksaan (
Tests and Inspections 
)
A. Setiap Pengiriman harus berasal dari sumber yang telah disetujui dan harusdisertai surat keterangan percobaan dari pabrik (
manufacturer’s test certificate 
).B. Selain seperti yang disyaratkan pada SII-0136 setiap jumlah pengiriman 20ton baja tulangan harus diadakan pengujian periodik minimal 3 (tiga) contohyang terdiri dari 3 benda uji untuk uji tarik, dan 1 benda uji untuk ujilengkung untuk setiap diameter batang baja tulangan. Pengambilan contohbaja tulangan akan ditentukan oleh “Pengawas yang ditunjuk”.C. Semua pengujian tersebut diatas meliputi uji tarik dan lengkung, harusdilakukan di laboratorium Lembaga Uji Konstruksi / Laboratorium lainnyayang direkomendasi oleh “pengawas yang ditunjuk” dan minimal sesuaidengan SII-0136-84 salah satu standar uji yang dapat dipakai adalah ASTMA-615. Semua biaya pengujian tersebut ditanggung oleh Kontraktor.D. Segala macam kotoran, karat, cat, mimyak, atau bahan-bahan lain yangmerugikan terhadap kekuatan rekatan harus dibersihkan.E. Tulangan harus ditempatkan dan dipasang cermat dan tepat dan diikatdengan kawat dari baja lunak.
 
 Pekerjaan Pembesian Hal 3 dari 10
F. Sambungan mekanik harus diuji dengan percobaan tarik.G. Sebelum pengecoran beton, lakukan pekerjaan pemeriksaaan pembesian,termasuk jumlah, ukuran, jarak, selimut beton, lokasi dari sambungan danpanjang penjangkaran dari penulangan baja untuk mendapatkanpersetujuan dari “Pengawas yang ditunjuk”.
1.5. Penyerahan-penyerahan
Penyerahan-penyerahan berikut harus dilaksanakan oleh “Kontraktor” kepada“Pengawas yang ditunjuk” dengan segera sesuai dengan jadwal yang telahdisetujui untuk menyerahkan sehingga tidak menyebabkan kelambatan padapekerjaannya sendiri maupun daripada Kontraktor lain.
A. Gambar-Gambar Pelaksanaan
 Gambar-gambar pelaksanaan yang memperlihatkan semua ukuranpembesian dan lokasi untuk pemasangan tulangan serta tambahan-tambahan (
accessories 
) harus diserahkan untuk disetujui oleh “pengawasyang ditunjuk”. Penyerahan harus setidak-tidaknya empat minggu hari kerjasebelum pelaksanaan. Pemberian persetujuan/ ijin harus dilakukansebelum perakitan.
B. Mutu Baja.
Untuk mendapatkan jaminan atas kualitas atau mutu baja tulangan,kontraktor harus memberikan
copy 
laporan mill sertifikat yang mewakilipengiriman baja tulangan untuk proyek ini.
C. Hasil Test Mutu Baja
 Hasil test kualitas baja harus diserahkan kepada “Pengawas yang ditunjuk”sedikitnya 14 hari kerja setelah pengiriman ke lapangan.

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jihad Baraba liked this
Zabogar Qhalatz liked this
Ce Riyankbe Ny liked this
tri_03 liked this
Rollyn Granat liked this
D'dyNa Ou's liked this
Aufaa Rozaan liked this
Erwin Mangatas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->