Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
228Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Wirausaha Warnet

Proposal Wirausaha Warnet

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 14,165 |Likes:
Published by dedih_rr

More info:

Published by: dedih_rr on Sep 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Pada bagian pendahuluan ini akan dijelaskan latar belakangmengapa memutuskan untuk menekuni bidang usaha WarungInternet sebagai suatu usaha yang diyakini sebagai sebuahbidang usaha yang menguntungkan (
Profit oriented 
) yangsignifikan. Dengan catatan dikelola secara serius dan profesional.Keputusan untuk mengambil bidang usaha ini tidak terlepas daribeberapa faktor yang sedang terjadi di sekitar lingkungan danmelihat peluang, apalagi sebagai seorang mahasiswa yangkesehariannya memang selalu bersinggungan dan berkutatdengan dunia Internet dan Komputer.Berikut beberapa faktor tersebut :
a)
Dengan membuka Warung Internet (yang selanjutnya akandisebut Warnet) di lokasi yang strategis seperti wilayahperkantoran dan perkuliahan, tentunya akan menghasilkankeuntungan yang besar karena Warnet yang akan dikelola iniakan selalu didatangi pengunjung seperti mahasiswa yangmembutuhkan informasi sebagai bahan acuan tugas merekaatau mereka yang membutuhkan rekreasi dengan carabermain game,mencari kenalan melalui chatting atauFriendster, menulis artikel/blog (telah menjadi fenomenatersendiri untuk menulis, bahkan suatu karya ilmiah di duniamaya yang bukan tidak mungkin menarik minat orang lainuntuk mengutip dan membukukannya)
 b)
Memperhatikan secara langsung bahwa kebutuhanmasyarakat perkotaan akan internet amatlah tinggi sehinggahampir dapat dipastikan beberapa orang tertentu akanmendatangi warnet setiap harinya untuk beberapa keperluanyang telah disebutkan di atas.
c)
Setelah memperhatikan beberapa warnet terkenal ternyatasetiap warnet memiliki kekurangan tersendiri yang apabila
1
 
dapat kita tutupi dengan fasilitas yang ada pada warnet kita,maka dapat dipastikan para pengunjung akan berpindahkepada warnet yang kita kelola.Kekurangan tersebut diantaranya yaitu :
Koneksi internet yang lambat tentunya akan membuatkesal para pelanggan (selaku penyewa yang membutuhkanefisiensi waktu karena harga sewa berdasarkan waktupemakaian), yang sering membutuhkan waktu yang cukuplama untuk membuka satu page saja. Berdasarkanpemantauan penulis, warnet yang sudah ada memilikikecepatan di atas rata-rata (256 kbps) .
Kondisi warnet yang tidak nyaman seperti tidak adanyasekat-sekat yang melindungi privasi pelanggan, asap rokokyang menimbulkan aroma tidak sedap,tidak tersedianya airconditioner (AC) dan rata-rata pengunjung lebih menyukaiwarnet dengan format lesehan daripada warnet yangmenggunakan kursi
Pelayanan/service harus dapat memuaskan pelanggandengan baik.Pengalaman telah membuktikan bahwapelayanan yang paling baik adalah keramah-tamahan dansenyuman dari operator dalam menjalankan tugas mereka.Seringkali terjadi operator/karyawan memasang mukayang dingin dan cenderung tidak bersahabat dan bersikapseolah-olah pelangganlah yang membutuhkan mereka danbukannya mereka yang membutuhkanpelanggan.Perlakuan seperti ini terkadang akan membuatbeberapa orang tersinggung atau merasa kecil hati karenakeluhan-keluhannya ditanggapi dengan sikap seperti itu.Hal seperti ini harus dihindari dalam membuka usahadalam bidang apapun juga karena apabila dihadapkandengan kondisi seperti ini bukan tidak mungkin pelanggan
2
 
akan “lari ke toko sebelah”. Sebagai wirausahawan kitaharus peka dan hati-hati dalam menyikapi pelanggan yangdatang karena sebesar apapun reaksi yang kita berikankepada pelanggan akan memberikan bekas kepada merekayang akan menentukan apakah mereka akan datang lagike warnet kita atau tidak. Ingat bahwa dalam membangunusaha berarti juga membangun reputasi karena usahayang kita jalankan akan dibicarakan dari mulut kemulutpelanggan yang tentunya membentuk penilaian orang-orang dan akan membawa dampak baik atau buruk(tergantung hal-hal yang pernah kita lakukan) bagikelangsungan usaha kita.
Harus ada kontrol yang ketat terhadap tingkat kelayakanpakai pada PC (Personal Computer) yang digunakan,karenakualitas internet yang disajikan juga dipengaruhikemampuan komputer yang notabene memiliki usiaproduktif yang terbatas (paling lama 3 tahun untuk usahawarnet). Sehingga dianggap perlu untuk memperhitungkanbiaya penyusutan perbulannya sehingga dapatmenyisihkan sebagian dana yang dialokasikan untukmengganti PC-PC yang kurang memadai dalam jangkawaktu yang akan datang.
Maraknya perampokan-perampokan terhadap Warnet yangsering terjadi akhir-akhir ini yang kondisi cukupmeresahkan bagi pengusah warnet. Jadi hal ini perlumenjadi perhatian utama dengan mengantisipasi masalahkeamanan tersebut. Hal ini bisa dilakukan denganmengintensifkan penjagaan terutama pada waktu malamhari yang sangat rentan akan terjadi perampokan. Selainitu pula perlu meningkatkan keamanan pada waktu sianghari.
3

Activity (228)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
yusupd liked this
selsai tugas qw
Dalena Ric liked this
Dalena Ric liked this
Aditya Putra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->